x

Pertandingan Persahabatan Futsal Lapas Kelas I Malang dengan PN Kepanjen

Iklan

Supartono JW

Pengamat
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 16 Februari 2023 13:58 WIB

Fair Play dalam Kehidupan, di Sepak Bola dan lainnya, Pasti Fair Play

Saya ulang lagi, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), menyebut sportif adalah bersifat kesatria, jujur. Sementara, arti fair play dalam Kamus Bahasa Indonesia-Inggris, artinya perlakuan wajar, permainan yang adil.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bila cerdas intelegensi-personality-kuat iman, maka setiap individu tentu akan mampu mempraktikkan nilai-nilai fair play dalam kehidupan nyata, termasuk dalam permainan sepak bola. (Supartono JW.14022023)

Soal Jersey tanding

Untuk mendukung Liga Fair Play (LFP) IJSL U-14, yang baru pertama kali ada di Indonesia. Keberadaannya sangat strategis dalam membentuk jiwa dan karakter kesatria, jujur, wajar, dan adil bagi semua yang terlibat di dalamnya, sebagai kosultan pendidikan; pengamat-praktisi pendidikan nasional dan sosial, serta pengamat sepak bola nasional, saya akan terus mengawal LFP ini dengan catatan-catatan bernas.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Semoga LFP akan berjalan sesuai tujuan dan menjadi bagian dari Republik ini, dalam andil membentuk manusia yang berjiwa dan berkarakter fair play. Jangan sampai, LFP hanya sebagai judul kompetisi, namun pelaksanaan dan hasilnya, jauh panggang dari api.

Semua yang terlibat pahami fair play

Saya ulang lagi, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), menyebut sportif adalah bersifat kesatria, jujur. Sementara, arti fair play dalam Kamus Bahasa Indonesia-Inggris, artinya perlakuan wajar, permainan yang adil.

Dengan begitu, orang yang memiliki karakter kesatria dan jujur, maka tergolong sebagai orang yang berjiwa fair play. Kesatria yang dapat diartikan sebagai berani dan pemberani sementara jujur maknannya lurus hati tidak curang, maka sebagai orang yang memiliki jiwa fair play sudah pasti dalam pikiran dan hatinya akan selalu berani dalam hal lurus hati, menjauhkan diri dari berbuat curang.

Curang artinya tidak jujur, tidak lurus hati, dan tidak adil. Lalu, sewajarnya dimaknai sebagai biasa sebagaimana adanya tanpa tambahan apa pun, menurut keadaan yang ada, sebagaimana mestinya. Dan, adil adala sama berat, tidak berat sebelah, tidak memihak, berpihak kepada yang benar, berpegang pada kebenaran, sepatutnya, tidak sewenang-wenang.

Dengan demikian, untuk siapa saja akan sangat mudah menjalankan sikap dan perbuatan fair play dalam kehidupan sehari-hari yang di dalamnya sudah pasti termaktub sikap sportif dengan syarat utama, adanya kecerdasan intelegensi (otak), personality (kepribadian), plus kuatnya keimanan, maka bertindak dan melakukan apa pun dengan dasar/pondasi fair play tidak akan sulit.

Sesuai makna fair play yang di dalamnya ada sportif, maka dapat diidentifikasi, orang yang fair play sudah pasti berani dan pemberani dalam hal kejujuran yang sebagai mana adanya (wajar), tidak berat sebelah, tidak memihak, berpihak kepada yang benar, berpegang pada kebenaran, sepatutnya, tidak sewenang-wenang.

Terkait dengan Liga Fair Play (LFP) U-14, kompetisi usia muda yang digagas oleh Indonesia Junior Soccer League (IJSL) diikuti oleh 16 tim yang terpilih dan dipilih oleh panitia sesuai standar LFP. Digulirkan perdana pada Minggu, 5 Februari 2023 di Lapangan Mewah Sintetis, Ayo Arena, Sentul City, Bogor.

Dengan salah satu tujuannya adalah membekali pesepak bola usai muda dan para orangtuanya, serta seluruh pembina, ofisial, wasit, dan para penonton untuk benar-benar memahami arti fair play (di dalamnya ada sportivitas), sebagai pondasi untuk membentuk karakter manusia Indonesia yang cerdas intelegensi, personality, plus kuat iman.

Bila cerdas intelegensi, personality, kuat iman, maka setiap individu tentu akan mampu mempraktikkan nilai-nilai fair play dalam kehidupan nyata di berbagai bidang  yang digelutinya.

Sebab ada wadah LFP IJSL U-14, maka semua yang terkait dapat mengaplikasikan sikap dan perbuatan fair play dalam kompetisi LFP ini.

Pada ujungnya, LFP U-14 mencoba ambil bagian untuk membantu mencerdaskan masyarakat/manusia  Indonesia agar memiliki pondasi kuat, tertancap dalam pikiran, hati tentang fair play, menularkan sikap dan karakter fair play ke semua lini kehidupan umumnya. Khususnya membentuk pesepak bola yang handal, cerdas, berkarakter, sebab tertanam kuat pemahaman dan nilai-nilai fair play dalam nafas kehidupannya.

Kesepakatan jersey tanding

Dalam artikel ini, saya awali dengan mengulas tentang kesepakatan jersey tanding. Seperti dalam berbagai kompetisi resmi lainnya, penggunaan jersey tanding dalam LFP ini juga ada regulasinya.

Semisal jersey pemain dan kiper (kaos, celana, kaos kaki, rompi) dari kedua tim tidak boleh ada yang sama.

Sebagai contoh, pada laga pekan ke-3, Minggu, 19 Februari 2023, akan bertanding dalam partai ke-8, mempertemukan Batalyon FA versus Sukmajaya.

Begitu jadwal laga ke-3 dirilis oleh panitia di Grup LFP, sebagai pihak away, Sukmajaya pun menjapri 2 panitia, untuk meminta nomor kontak penanggungjawab Batalyon FA. Ringkas cerita, setelah ada kontak, terjadilah kesepakatan

Jersey partai ke-8, LFP U-14 Minggu, 19 Februari 2023 di Lapangan Ayo Arena:

BATALYON FA (Home) jersey pemain Kaos : Hijau Celana : Hijau Kaos kaki : Putih Kiper Kaos : Pink Celana : Pink Kaos kaki : Hijau Rompi : Merah Marun@ SUKMAJAYA (Away) Jersey pemain Koas Putih Celana Hitam Kaos kaki Hitam Kiper Koas Kuning Celana Kuning Kaos kaki Kuning Rompi Orange

Sebagai catatan, kesepakatan jersey tersebut, dapat terjadi, karena ada jiwa dan karakter fair play, yaitu kesatria, jujur, wajar, dan adil.

Sebelum laga di dalam lapangan, sikap dan perbuatan fair play pun sudah dirintis di luar lapangan.

Saat terjadi kontak dalam membuat kesepakatan, juga akan nampak siapa pribadi.yang langsung fair play dan siapa pribadi yang belum fair play.

Jadi, hanya menyoal kesepakatan jersey di situ sudah terdeskripsi sikap dan perbuatan fair play.

Adanya kesepakatan jersey, sesuai fair play, juga tidak harus selalu didahului oleh pihak away. Pihak home pun dapat mendahului karena manajemennya memang sudah terprogram tertib dan memiliki pengalaman segudang dalam hal jersey dalam kompetisi. Atau sekadar mendidik dan menggurui.pihak away yang tidak cekatan/lambat dalam bersikap dan melangkah.

Bila jersey sudah ada kesepakatan, maka baik pihak tim home atau tim away langsung melaporkan kepada penanggungjawab jersey di panitia LFP, bahwa laga partai ke-8 jerseynya aman. Tidak perlu membuat saling koordinasi jersey dalam Grup. Sebab, panitia sudah menginformasikan bahwa untuk urusan jersey, kalau sudah ada kesepakatan, wajib lapor kepada koordintor di panitia LFP.

Ayo, kita arungi LFP yang terwujud dan baru pertama di Indonesia ini, dengan seluruh detilnya bernafas fair play. Mulai dari diri sendiri.

 

Ikuti tulisan menarik Supartono JW lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler