6 Tempat Wisata di Kabanjahe yang Wajib Dikunjungi

Selasa, 7 Maret 2023 08:57 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kabanjahe merupakan sebuah wilayah yang terletak di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, yang terkenal akan keindahan dan pesona alamnya yang menakjubkan.

Kabanjahe merupakan sebuah wilayah yang terletak di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, yang terkenal akan keindahan dan pesona alamnya yang menakjubkan. Tak hanya itu, kawasan ini juga menawarkan berbagai tempat bersejarah yang patut dikunjungi. Berikut adalah daftar enam rekomendasi tempat wisata yang populer dan menarik di Kabanjahe.

1. Puncak 2000 Siosar

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Puncak 2000 Siosar merupakan destinasi yang sangat direkomendasikan bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Kabanjah. Sesuai dengan namanya, tempat ini merupakan satu-satunya objek wisata yang menawarkan pemandangan puncak dengan panorama alam yang luas. Dari Puncak Siosar 2000, para pengunjung dapat menikmati dengan langsung keindahan Gunung Sinabung yang memukau.

Sebelumnya, Puncak 2000 Siosar digunakan sebagai tempat perlindungan selama erupsi Gunung Sinabung. Seiring berjalannya waktu, Puncak 2000 Siosar telah diubah menjadi tempat tujuan wisata yang indah. Saat ini, puncak ini kerap menjadi pilihan destinasi liburan para wisatawan yang berasal dari berbagai daerah.

Selain menawarkan pemandangan yang indah, Puncak 2000 Siosar juga menyediakan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh para pengunjung, antara lain gazebo atau area duduk yang dapat digunakan untuk bersantai sambil menikmati kesejukan dan angin segar. Selain itu, Puncak 2000 Siosar juga memiliki banyak tempat menarik yang cocok bagi penggemar fotografi untuk mengabadikan momen mereka di Instagram.

Untuk dapat memasuki dan mengeksplorasi kawasan wisata Puncak 2000 Syosar, setiap pengunjung dikenai biaya masuk sebesar sekitar Rp15.000 per orang. Lokasi Puncak Siosar 2000 terletak di Nagara, Merk, Kabupaten Karo, Sumatera Utara dan dapat dikunjungi oleh para wisatawan.

2. Agrowisata Kabanjahe

Ketika sedang berlibur di kawasan Kabanjahe, disarankan untuk mempertimbangkan kunjungan ke salah satu dari berbagai destinasi wisata yang tersedia. Salah satu pilihan yang populer dan menarik adalah Agrowisata Kabanjah. Seperti namanya, tempat wisata ini menawarkan pengalaman agrowisata yang memanjakan pengunjung dengan pemandangan langsung tanaman buah-buahan seperti jeruk dan stroberi.

Agrowisata Kabanjahe juga merupakan tempat yang sangat cocok untuk kunjungan keluarga dan anak-anak. Selain menjadi tujuan wisata, Agrowisata Kabanjahe juga sering dijadikan sebagai tempat untuk pendidikan yang tidak boleh dilewatkan. Selain bisa melihat berbagai macam tanaman, pengunjung juga dapat merasakan langsung pengalaman memetik buah-buahan segar.

Pengunjung juga dapat memperoleh berbagai informasi tentang cara menanam dan memanen tanaman di tempat ini. Salah satu daya tarik utamanya adalah pengunjung tidak hanya dapat memetik buah-buahan, tetapi juga bisa mencicipi langsung hasil panennya. Ini tentu merupakan pengalaman yang sangat menarik, bukan?

Pengunjung tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menikmati kawasan wisata ini. Biaya masuk ke Agrowisata Kabanjahe hanya sekitar Rp10.000 per orang. Lokasinya juga sangat strategis dan mudah dijangkau, yakni terletak di Monte, Kawasan Kakaribu, Kabanjahe, Kabupaten Karo.

3. Desa Pecheren

Tak kalah menarik dari pilihan tempat wisata lainnya di Kabanyakh, Anda juga dapat mengunjungi Desa Pecheren. Desa wisata ini merupakan kawasan adat suku Karo. Sebelumnya, Desa Pecheren dikenal oleh masyarakat setempat sebagai Desa Sempai. Dengan mengunjungi desa ini, pengunjung dapat melihat banyak rumah tradisional yang masih dijaga dengan baik.

Keunikan dari rumah adat di Desa Pecheren adalah usianya yang diperkirakan sudah lebih dari 100 tahun. Desain bangunan yang masih sangat kuno dan otentik menjadi ciri khas yang tak boleh dilewatkan. Destinasi wisata ini juga sering dipilih sebagai media pembelajaran karena tempat ini telah menyediakan berbagai informasi menarik. Selain dapat merasakan pengalaman tinggal di rumah adat yang unik, pengunjung akan disambut oleh masyarakat setempat yang ramah.

Untuk melakukan perjalanan wisata ke daerah desa ini, tidak ada biaya masuk yang dikenakan kepada para pengunjung. Desa ini dikenal dengan nama desa wisata, dan dapat dikunjungi di wilayah Kecamatan Pecheren, Sempayaya, dan Kecamatan Berastagi, yang berada di Kabupaten Karo.

4. Kebun Madu Efi

Tak perlu merasa kebingungan dalam menentukan destinasi wisata di Kabandzhakh. Kebun madu Efi dapat menjadi pilihan yang tepat. Destinasi wisata ini sangat sesuai bagi para penggemar fotografi karena terdapat banyak tempat menarik yang dapat diabadikan dalam sebuah foto. Selain itu, para pengunjung juga akan dimanjakan dengan keindahan replika rumah yang penuh warna serta taman bunga yang menakjubkan.

Kebun Madu Efi, sesuai dengan namanya, memiliki fasilitas peternakan lebah yang tersedia bagi para pengunjung. Tidak jarang, para pengunjung membawa perlengkapan piknik untuk menikmati waktu bersantai di taman ini. Jika tidak membawa perlengkapan piknik, pengunjung dapat menyewa tenda yang dilengkapi dengan listrik dan tampilan estetik yang pastinya membuat pengunjung betah dan enggan untuk pulang. Tenda-tenda tersebut dapat dinikmati bersama teman dan keluarga.

Meskipun menawarkan suasana yang sangat menyenangkan, Kebun Madu Efi tidak memerlukan biaya masuk yang mahal untuk menikmati berbagai fasilitas di dalamnya. Biaya masuk ke Kebun Madu Efi hanya sekitar Rp 10.000 per orang. Destinasi wisata ini terletak di Jalan Kabanjah - Syosar KM 13, Kecamatan Tigapanah, Kabupaten Karo.

5. Museum Pusaka Karo

Selama berada di Karo, tidak hanya tempat wisata alam yang dapat dikunjungi, tetapi juga tempat wisata sejarah. Museum Pusaka Karo menjadi salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi bagi para wisatawan yang mencari destinasi wisata di Kabanjah. Destinasi wisata yang satu ini memiliki berbagai macam koleksi yang menarik. Para pengunjung dapat menemukan banyak informasi dan hal baru ketika mengunjungi Museum Pusaka Karo.

Beberapa koleksi yang dapat dilihat oleh para pengunjung adalah Pepper Puree, Bundle Pack, dan Strands. Bagi para wisatawan yang berencana untuk mengunjungi Museum Pusaka Karo, disarankan untuk mematuhi semua peraturan yang berlaku.

Untuk dapat masuk dan menikmati berbagai koleksi museum, terdapat opsi untuk membayar biaya masuk atau memasuki museum tanpa dipungut biaya.

6. Bukit Gundaling

Salah satu rekomendasi destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Kabanjah adalah Bukit Gundaling. Bukit ini terletak pada ketinggian 1575 meter di atas permukaan laut, sehingga tidak heran apabila pengunjung akan dimanjakan dengan udara yang sangat sejuk dan segar. Bukit Gundaling menawarkan panorama alam yang sangat memukau dan menghijau yang memanjakan mata pengunjung. Selain itu, pengunjung dapat bersantai dan melepas lelah di tempat ini.

Bukit Gundaling menyajikan panorama alam yang menakjubkan dan pemandangan yang indah, serta menyediakan fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Di antara fasilitas yang tersedia adalah persewaan kuda di gazebo sebagai tempat bersantai. Bagi pengunjung yang gemar berfoto, tempat ini menawarkan banyak tempat menarik untuk keperluan Instagram. Biaya masuk Bukit Gundaling tergolong terjangkau, yakni hanya sebesar Rp 7.500 per orang.

 

Sumber : https://moccaapedia.com/

Bagikan Artikel Ini
img-content
Ruqyah Cirebon

Jurnalistik

0 Pengikut

img-content

Budaya dan Pesona Pulau Seribu Masjid, Lombok

Kamis, 8 Februari 2024 19:11 WIB
img-content

Strategi Sukses Mengimpor Barang ke Hongkong

Senin, 5 Februari 2024 16:05 WIB

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
Lihat semua