x

Iklan

Ismiatul Aprilia

Mahasiswa/IAIN Palangka Raya
Bergabung Sejak: 15 Maret 2023

Kamis, 23 Maret 2023 14:14 WIB

Pasar Modal Indonesia


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Defenisi itu sendiri pasar modal ialah merupakan pasar modal yang bertindak sebagai penghubung antara investor dengan perusahaan maupun instansi pemerintah lain melalui perdagangan instrument melalui jangka panjang seperti obligasi (surat utang), saham dan lainnya.

Nah pasar modal itu apa sih? Pasar modal bisa menjadi satu alternatif berinvestasi dengan pilihan yang sangat beragam. Namun alternatif  investasi tersebut masih asing untuk masyarakat itu sendiri dan tidak banyak yang mengetahui tentang pilihan melalui pasar modal. Adapun fungsi dari pasar modal itu sendiri yaitu pasar modal sebagai sarana penambah modal bagi usaha investor atau perusahaan dapat memeproleh dana dengan cara menjual saham ke pasar modal.

Saham saham ini akan dibeli oleh masyarakat umum, perusahaan-perusahaan lainnya dan lembaga atau oleh pemerintah. Pasar modal juga sebagai sarana penciptaan tenaga kerja  yang dapat mendorong muncul dan berkembangnya industri atau terciptanya lapangan kerja baru. Fungsi lain yaitu pasar modal sebagai sarana pemerataan pendapatan yaitu dimana setelah jangka waktu tertentu, saham-saham yang telah dibeli akan memberikan deviden atau bagian dari keuntungan perusahaan kepada para pembelinya atau pemiliknya. Oleh karena itu, penjualan saham melalui pasar modal dapat dianggap sebagai sarana pemerataan pendapatan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Untuk sejarah pasar modal Indonesia dilansir dari Otoritas Jasa Keuangan (ojk) pasar modal tersebut telah hadir jauh sebelum Indonesia merdeka. Jadi pasar modal atau bursa efek telah hadir sejak jaman Kolonial Belanda tepatnya pada tahun 1912 di Batavia. Pasar modal ketika itu didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda untuk kepentingan pemerintah belanda.

 

 

Ikuti tulisan menarik Ismiatul Aprilia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terkini