x

Komik Pembelajaran

Iklan

Fidelia Simamora

Seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi UPJ yang mencoba berbagi sedikit cerita.
Bergabung Sejak: 16 Desember 2022

Rabu, 5 April 2023 06:22 WIB

Komik Media Pembelajaran Sejarah Seru

Coba siapa yang dari kecil sampai sekarang masih suka baca komik ? Komik dengan cerita apa yang kalian pernah baca ? Tapi kalian pernah ga baca komik tapi membahas soal sejarah Indonesia ?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Komik adalah buku yang didominasi dengan gambar sebagai penjelasan pesan. Komik yang kaya visual tetap disertai dengan teks pesan sebagai pelengkap konteks. Komik seringkali ditambah warna-warna cerah namun ada beberapa komik tanpa warna. Jika membahas komik, salah satu merek komik penuh dengan insight yaitu "Why." Seiring dengan berjalannya waktu banyak komik yang diterbitkan dengan genre yang bervariasi. 

Komik Munasprok

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Komik bernuansa pelajaran menjadi alternatif pemikat minat belajar belajar siswa dan siswi. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Eka Rama Mahendra,  Gigih Siantoro, dan Made Pramono yang dipublikasikan dengan judul Penganbangan Komik Pendidikan Sebagai Media Pembelajaran dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa menyatakan komik  yang  akurat  secara  ilmiah  adalah  cara inovatif untuk mempromosikan keterampilan berpikir  tingkat  tinggi  dengan  menghadirkan pengetahuan ilmiah dalam bentuk populer yang dinikmati  oleh  sebagian  besar  siswa.

Mempertimbangkan komik salah satu media pembelajaran yang mengasikkan, Museum Perumusan Naskah Proklamasi (Munasprok) tanggap melihat potensi tersebut. Munasprok pun  ikut meluncurkan komik dengan tema sejarah. Komik yang diluncurkan oleh Museum Naskah Proklamasi seringkali berupa tokoh-tokoh yang berjasa memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. 

Komik yang diluncurkan oleh Munasprok biasanya berukuran A4 tentunya dengan kualitas kertas yang tebal. Jumlah halaman dalam satu komik sangat beragam, namun jika dirata-ratakan secara kasar sekitaran 25-37 halaman. Bukan hanya dibagikan dalam bentuk fisik tetapi bisa juga dibaca secara online melalui laman https://munasprok.go.id/Web/komik.

Penyebaran melalui website diharapkan dengan kemajuan teknologi dan kemudahan dalam mencari informasi sehingga semakin banyak yang bisa membacanya. Buat kalian yang tertarik dengan komik tersebut bisa langsung cek di website Munasprok ! 

Daftar Referensi : 

  1. Mahendra, G. Siantoro, and M. Pramono, “PENGEMBANGAN KOMIK PENDIDIKAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 1, p. 279, Jan. 2021.

 

Ikuti tulisan menarik Fidelia Simamora lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Biomorfik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terpopuler

Biomorfik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu