x

Sumber ilustrasi: stylebyemilyhenderson.com

Iklan

Komang Darsana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 April 2023

Minggu, 23 April 2023 06:46 WIB

Bagian-Bagian Housekeeping dan Tugasnya di Hotel

Artikel ini menjelaskan apa itu housekeeping, bagian-bagian housekeeping dan tugasnya di hotel, serta pentingnya housekeeping untuk kenyamanan tamu.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Housekeeping adalah salah satu departemen penting di hotel yang bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan, kerapian, kenyamanan, dan keindahan seluruh area dan fasilitas hotel, baik itu area umum maupun area kamar tamu. Housekeeping juga berperan dalam menciptakan kesan positif bagi tamu yang menginap di hotel, serta meningkatkan loyalitas dan kepuasan tamu.

Untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan efektif dan efisien, housekeeping dibagi menjadi beberapa bagian atau seksi yang memiliki spesialisasi masing-masing. Artikel ini akan membahas apa saja bagian-bagian housekeeping dan tugasnya di hotel, serta mengapa housekeeping sangat penting untuk kualitas pelayanan hotel.

 

Bagian-Bagian Housekeeping dan Tugasnya

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Secara umum, housekeeping terdiri dari lima bagian utama, yaitu room section, public area section, linen section, laundry section, dan order taker. Namun, terkadang ada juga bagian tambahan seperti florist dan garden section. Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang masing-masing bagian housekeeping dan tugasnya:

1. Room Section

Room section adalah bagian housekeeping yang bertugas untuk membersihkan dan merapikan kamar-kamar tamu sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh hotel. Room section juga bertanggung jawab untuk mengganti linen, handuk, amenities, dan perlengkapan lainnya yang ada di kamar tamu. Room section terdiri dari beberapa posisi, antara lain:

- Room division manager: bertugas untuk mengawasi seluruh operasional housekeeping yang berhubungan dengan kamar-kamar hotel.

- Executive housekeeper: bertugas untuk merencanakan, mengorganisir, mengkoordinir, dan mengendalikan seluruh kegiatan housekeeping.

- Assistant executive housekeeper: bertugas untuk membantu executive housekeeper dalam menjalankan tugasnya, serta menggantikannya jika berhalangan¹.

- Floor supervisor: bertugas untuk mengawasi pekerjaan room attendant dan public area attendant yang bertanggung jawab untuk membersihkan kamar-kamar tamu dan area umum di lantai tertentu.

- Room attendant: bertugas untuk membersihkan dan merapikan kamar-kamar tamu sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh hotel.

- Houseman: bertugas untuk membantu room attendant dalam membersihkan kamar-kamar tamu, serta membawa linen, handuk, amenities, dan perlengkapan lainnya dari linen room ke floor pantry atau sebaliknya.

Public Area Section

Public area section adalah bagian housekeeping yang bertugas untuk membersihkan dan merawat area umum hotel seperti lobby, koridor, lift, tangga, toilet umum, restoran, bar, ruang rapat, ruang serbaguna, kolam renang, taman,dan lain-lain. Public area section juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa area umum hotel selalu dalam kondisi bersih, rapi,nyaman, dan indah. Public area section terdiri dari beberapa posisi,antara lain:

- Public area supervisor: bertugas untuk mengawasi pekerjaan public area attendant yang bertanggung jawab untuk membersihkan area umum hotel.

- Public area attendant: bertugas untuk membersihkan dan merawat area umum hotel sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh hotel.

Linen Section

Linen section adalah bagian housekeeping yang bertugas untuk mengelola linen atau kain-kain yang digunakan di hotel, seperti sprei, selimut, handuk, serbet, taplak meja, seragam karyawan, dan lain-lain. Linen section juga bertanggung jawab untuk menyimpan, mendistribusikan, dan menghitung linen yang ada di hotel. Linen section terdiri dari beberapa posisi, antara lain:

- Linen supervisor: bertugas untuk mengawasi pekerjaan linen attendant yang bertanggung jawab untuk mengelola linen di hotel.

- Linen attendant: bertugas untuk menyimpan, mendistribusikan, dan menghitung linen yang ada di hotel.

- Tailor: bertugas untuk menjahit atau memperbaiki linen atau seragam yang rusak atau sobek.

Laundry Section

Laundry section adalah bagian housekeeping yang bertugas untuk mencuci dan menyetrika linen atau kain-kain yang kotor atau bekas pakai dari kamar tamu atau area umum hotel. Laundry section juga bertanggung jawab untuk mengembalikan linen yang bersih ke linen section atau langsung ke kamar tamu jika diminta. Laundry section terdiri dari beberapa posisi, antara lain:

- Laundry supervisor: bertugas untuk mengawasi pekerjaan laundry attendant yang bertanggung jawab untuk mencuci dan menyetrika linen di hotel.

- Laundry attendant: bertugas untuk mencuci dan menyetrika linen di hotel sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh hotel.

- Valet: bertugas untuk mengambil dan mengantarkan linen atau pakaian tamu yang ingin dicuci atau disetrika oleh laundry section.

Order Taker

Order taker adalah bagian housekeeping yang bertugas untuk menerima telepon atau pesan dari tamu atau departemen lain yang berkaitan dengan kebutuhan housekeeping. Order taker juga bertanggung jawab untuk mencatat dan meneruskan pesan tersebut ke bagian housekeeping yang bersangkutan. Order taker terdiri dari satu posisi, yaitu:

- Order taker: bertugas untuk menerima telepon atau pesan dari tamu atau departemen lain yang berkaitan dengan kebutuhan housekeeping.

Florist

Florist adalah bagian housekeeping yang bertugas untuk mengelola bunga-bunga yang digunakan sebagai dekorasi di hotel, seperti di lobby, restoran, ruang rapat, ruang serbaguna, kamar tamu, dan lain-lain. Florist juga bertanggung jawab untuk merancang, membuat, dan merawat rangkaian bunga sesuai dengan tema atau acara yang ada di hotel. Florist terdiri dari satu posisi, yaitu:

- Florist: bertugas untuk mengelola bunga-bunga yang digunakan sebagai dekorasi di hotel.

Garden Section

Garden section adalah bagian housekeeping yang bertugas untuk mengelola taman-taman yang ada di hotel, seperti di halaman depan, kolam renang,

teras kamar tamu, dan lain-lain. Garden section juga bertanggung jawab untuk merancang, menanam, dan merawat tanaman-tanaman sesuai dengan konsep atau gaya taman yang ada di hotel. Garden section terdiri dari beberapa posisi,antara lain:

- Garden supervisor: bertugas untuk mengawasi pekerjaan gardener yang bertanggung jawab untuk mengelola taman-taman di hotel.

- Gardener: bertugas untuk merancang, menanam,dan merawat tanaman-tanaman di taman-taman hotel.

Pentingnya Housekeeping untuk Kenyamanan Tamu

Housekeeping memiliki peranan penting dalam menciptakan kenyamanan tamu yang menginap di hotel. Housekeeping berkontribusi dalam memberikan kesan pertama bagi tamu saat mereka memasuki hotel. Jika area umum hotel bersih,rapi,nyaman,dan indah,tamu akan merasa senang dan puas dengan pelayanan hotel. Jika kamar tamu hotel bersih, rapi, nyaman, dan lengkap dengan fasilitasnya, tamu akan merasa betah dan tenang saat beristirahat di hotel. Jika linen atau kain-kain hotel bersih, wangi, dan halus, tamu akan merasa nyaman dan sehat saat menggunakannya. Jika bunga-bunga dan taman-taman hotel indah dan segar, tamu akan merasa senang dan segar saat melihatnya.

Housekeeping juga berperan dalam menjaga kesehatan dan keamanan tamu yang menginap di hotel. Housekeeping bertanggung jawab untuk membersihkan dan mendisinfeksi area dan fasilitas hotel yang dapat menjadi sumber penularan penyakit atau kuman. Housekeeping juga bertanggung jawab untuk memeriksa dan memastikan bahwa tidak ada kerusakan atau bahaya yang dapat membahayakan tamu di area atau fasilitas hotel.

Housekeeping juga berperan dalam meningkatkan loyalitas dan kepuasan tamu yang menginap di hotel. Housekeeping dapat memberikan pelayanan yang ramah, cepat, dan profesional kepada tamu yang membutuhkan bantuan atau layanan housekeeping. Housekeeping juga dapat memberikan sentuhan-sentuhan personal yang dapat membuat tamu merasa dihargai dan diperhatikan oleh hotel. Housekeeping juga dapat memberikan layanan tambahan yang dapat membuat tamu merasa terkesan dan bahagia dengan pengalaman menginap mereka di hotel.

Kesimpulan

Housekeeping adalah salah satu departemen penting di hotel yang bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan, kerapian, kenyamanan, dan keindahan seluruh area dan fasilitas hotel. Housekeeping dibagi menjadi beberapa bagian atau seksi yang memiliki spesialisasi masing-masing, yaitu room section, public area section, linen section, laundry section, order taker, florist, dan garden section. Masing-masing bagian housekeeping memiliki tugas dan tanggung jawabnya sendiri-sendiri.

Housekeeping memiliki peranan penting dalam menciptakan kenyamanan tamu yang menginap di hotel. Housekeeping berkontribusi dalam memberikan kesan pertama, menjaga kesehatan dan keamanan, serta meningkatkan loyalitas dan kepuasan tamu. Housekeeping dapat memberikan pelayanan yang ramah,cepat, dan profesional, serta memberikan sentuhan-sentuhan personal dan layanan tambahan yang dapat membuat tamu merasa senang dan puas dengan pengalaman menginap mereka di hotel.

Ikuti tulisan menarik Komang Darsana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan