x

Iklan

Nicholea Billy

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Juni 2022

Senin, 8 Mei 2023 08:25 WIB

Perubahan dalam Visa Mitra: Perincian Hubungan dan Pilihan Anda

Anda harus segera memberi tahu Departemen Dalam Negeri tentang perubahan hubungan Anda, bahkan jika itu terkait dengan putusnya hubungan visa pasangan. Ini merupakan langkah penting bagi Anda karena jika mereka meminta Anda untuk menarik aplikasi Anda; mereka akan membutuhkan penjelasan Anda.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Perubahan dalam Visa Mitra: Perincian Hubungan dan Pilihan Anda

Hal-hal mungkin berubah ketika Anda memegang Visa Mitra atau mengajukan Visa Mitra, misalnya, Anda mungkin menghadapi kasus seperti putusnya hubungan visa Mitra. Ada berbagai keadaan yang dapat menyebabkan putusnya hubungan saat Anda memegang visa pasangan atau saat aplikasi Anda masih dalam proses.

Jika Anda berada dalam kasus ini sekarang dan bertanya-tanya apa yang terjadi selanjutnya atau opsi apa yang tersisa, kami telah menyusun daftar semua opsi yang tersedia jika hubungan Anda berakhir selama pemrosesan aplikasi visa pasangan Anda atau setelah pemberian visa pasangan.

Apa yang terjadi jika hubungan saya berakhir setelah visa pasangan saya diberikan?

Jawabannya tergantung pada subkelas visa yang Anda miliki, Visa Mitra sementara atau visa Mitra permanen:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1. Jika Anda memiliki visa pasangan permanen
Ini misalkan Anda telah diberikan visa permanen. Dalam hal ini, Anda tidak perlu mengambil tindakan lebih lanjut. Visa akan tetap berlaku dan tidak akan terpengaruh oleh perubahan keadaan Anda.

Tetapi bisakah visa pasangan permanen dibatalkan di Australia?

Itu mungkin, tetapi hanya dalam keadaan tertentu, misalnya, jika Departemen Dalam Negeri menemukan bahwa Anda memberikan informasi palsu atau menyesatkan dalam aplikasi Anda, maka visa 801 Anda dapat dibatalkan.

2. Jika Anda memiliki visa sementara
Situasinya akan berbeda dengan kasus di atas, dan Anda mungkin diminta untuk memberikan informasi dan dokumen khusus, misalnya:

  • Pemerintah akan meminta bukti fisik bahwa hubungan Anda berakhir
  • Pemerintah akan meminta pernyataan tertulis dari Anda dan mantan pasangan Anda untuk menjelaskan apa yang terjadi dalam hubungan Anda.
  • Dalam kasus perceraian untuk pasangan dengan anak-anak di bawah visa pasangan, merupakan tanggung jawab pemerintah untuk memastikan orang tua mana yang memenuhi syarat untuk mengasuh anak tersebut dan membawa mereka pulang. Keputusan ini akan didasarkan pada kriteria khusus untuk memastikan kesejahteraan dan perlindungan anak.

Bagaimana jika hubungan saya berakhir saat lamaran saya masih dalam proses?

Secara umum, Departemen Dalam Negeri akan memberi Anda dan mantan pasangan Anda kesempatan untuk menjelaskan apa yang terjadi dalam hubungan Anda. Anda dipersilakan untuk memberikan informasi yang paling tulus dan jujur tentang hubungan Anda dengan mantan pasangan Anda.

Namun, bersiaplah bahwa keputusan untuk aplikasi Anda mungkin tidak menguntungkan karena Anda akan dianggap tidak memenuhi persyaratan utama, yaitu Anda harus menjalin hubungan yang tulus dan berkelanjutan dengan mitra sponsor Anda.

Lihat hal-hal di bawah ini:

Anda mengajukan visa sementara
Dalam hal ini Anda akan diberikan bridging visa selama 28 hari bersama dengan periode pemberitahuan mulai dari tanggal keputusan ditolak. Selama masa berlaku Bridging Visa Anda, Anda harus segera mengatur keberangkatan Anda. Jika Anda membutuhkan lebih banyak waktu untuk mempersiapkannya, Anda dapat mengajukan Bridging Visa E dengan tujuan mempersiapkan cuti Anda ke negara asal Anda.

 

Anda mengajukan visa permanen
Ini berarti Anda telah diberikan visa sementara dan masih menunggu keputusan tentang visa pasangan permanen Anda.

Dalam hal ini, visa Mitra sementara Anda akan dihentikan secara otomatis dan Anda akan mendapatkan bridging visa dengan masa berlaku 28 hari. Anda harus mengatur keberangkatan Anda dalam masa berlaku Bridging Visa Anda.

Perubahan lain dalam hubungan Anda yang harus Anda waspadai

Terkadang hubungan berakhir karena alasan di luar kendali seseorang. Meskipun faktor pribadi sering memengaruhi hubungan, perubahan spesifik dapat memengaruhi status visa pasangan Anda untuk tinggal, belajar, dan bekerja di negara tersebut.

Berikut adalah beberapa situasi dengan peluang lain, kami telah mengidentifikasi yang dapat memengaruhi status visa Anda:

1. Pasangan atau pasangan Anda meninggal dunia
Jika ini terjadi, Anda harus segera memberi tahu Departemen Dalam Negeri dan memberikan dokumen asli pemakaman pasangan Anda dan penyebab kematian pasangan atau pasangan Anda.

Anda mungkin masih memiliki kesempatan untuk diberikan visa, jika Anda:

  • Dapat membuktikan bahwa hubungan Anda akan terus berlanjut jika pasangan Anda masih hidup,
  • Menikah dengan pasangan Anda sebelum mereka meninggal
  • Memiliki hubungan bisnis, budaya atau pribadi yang erat di Australia

2. Kekerasan keluarga
Kekerasan keluarga mengacu pada perilaku apa pun, dan tidak seorang pun diharuskan untuk tetap berada dalam situasi yang penuh kekerasan. Apakah itu terjadi atau hanya diancam, yang menyebabkan korban merasa takut akan keselamatannya atau khawatir bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi pada mereka.

Departemen Dalam Negeri masih akan mempertimbangkan aplikasi Anda, dan Anda mungkin masih memiliki kesempatan untuk mendapatkan izin tinggal tetap. Namun, Anda diharuskan melakukan langkah-langkah berikut:

  • Beritahu Departemen Dalam Negeri
    Anda harus melakukan ini secepatnya. Setelah memberi tahu mereka, mereka akan mentransfer aplikasi Anda ke Akun Immi baru Anda untuk keamanan dan privasi Anda
  • Kumpulkan bukti hubungan Anda
    Meskipun hubungan Anda berakhir, tunjukkan kepada Departemen Dalam Negeri bahwa hubungan Anda tulus.
  • Kumpulkan bukti fisik kekerasan dalam rumah tangga
    Ini bisa berupa bukti yudisial atau non-yudisial. Temukan informasi lebih lanjut tentang bukti di sini

3. Anak / anak-anak dalam suatu hubungan
Jika Anda memiliki anak dari hubungan Anda dengan pasangan Anda, dan Anda berdua setuju untuk bercerai, Anda perlu menetapkan hak asuh bersama atau berbagi akses ke anak/anak-anak tersebut.

Anak atau anak-anak Anda dapat disertakan dalam permohonan visa Anda jika mereka berusia di bawah 18 tahun, belum menikah, bertunangan, atau dalam hubungan de-facto. Jika anak tersebut berusia 18 tahun atau lebih dan sepenuhnya atau sebagian bergantung pada Anda untuk kebutuhan dasar, mereka dapat disertakan dalam aplikasi Anda selama maksimal 12 bulan.

Yang Harus Anda Lakukan jika Visa Mitra Anda Dibatalkan:

  1. Waspadai hak-hak Anda sebagai orang yang memegang visa Australia.
  2. Mantan pasangan Anda tidak dapat membatalkan visa pasangan Anda, mereka tidak memiliki wewenang untuk menilai visa pasangan Anda. Sponsor Anda hanya dapat meminta untuk membatalkan sponsor mereka.
  3. Mantan pasangan Anda dapat memberi tahu DHA tentang perubahan hubungan Anda, ini berarti Anda dapat mengharapkan surat resmi dari pemerintah.
  4. Setelah Anda menerima surat tersebut, Anda memiliki waktu 28 hari untuk menarik aplikasi visa Anda yang lain dan menanggapinya.

Jika Anda membalas dalam 28 hari, permohonan visa atau visa pasangan Anda akan dihentikan segera setelah menerima tanggapan Anda. Namun, jika Anda gagal memenuhi persyaratan ini, visa Anda akan dibatalkan tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Saya sudah mengetahui persyaratannya, apa yang harus saya lakukan selanjutnya jika hubungan saya berakhir?

Anda harus segera memberi tahu Departemen Dalam Negeri tentang perubahan hubungan Anda, bahkan jika itu terkait dengan putusnya hubungan visa pasangan. Ini merupakan langkah penting bagi Anda karena jika mereka meminta Anda untuk menarik aplikasi Anda; mereka akan membutuhkan penjelasan Anda.

Untuk memberi tahu pemerintah mungkin kemajuan yang lebih kompleks untuk Anda, itu adalah tanda Anda untuk menemukan agen migrasi terdaftar Anda.

Ikuti tulisan menarik Nicholea Billy lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler