x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Minggu, 14 Mei 2023 13:03 WIB

Tentang Orang-orang yang Datang dan Pergi?

Tentang orang-orang yang datang dan pergi dari taman bacaan? Untuk apa mau dan berani ke taman bacaan? Ini soal hati bukan logika

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ini soal orang-orang yang datang ke taman bacaan. Untuk apa dan mau apa ke taman bacaan di zaman serba instan begini? Berkiprah di taman bacaan yang kian terpinggirkan. Sebuah “jalan terjal” pengabdian yang tidak lagi dilirik banyak orang. Taman bacaan yang hanya bergiat menegakkan kegemaran membaca dan budaya literasi masyarakat. Orang yang mau dan berani datang ke taman bacaan, untuk apa?

 

Orang-orang yang datang ke taman bacaan. Seperti yang terjadi di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor. Sejak lebaran tahun 2023, selalu saja ada orang-orang yang datang ke taman bacaan yang dikenal komprehensif ini. Mulai dari donatur buku, Pendiri Pustaka Bergerak Indonesia, hingga mahasiswa yang mau mengabdi di taman bacaan. Bahkan orang-orang yang datang kian bergiliran ke TBM Lentera Pustaka, seperti 1) Kepala Dinas Perpustakaan Kab. Badung Bali bersama 6 orang timnya (11 Mei 2023) untuk studi tiru taman literasi, 2) CR Community Manulife Indonesia untuk aksi sosial dan berdonasi (12 Mei 2023), 3) Komunitas Anak Muda Depok untuk bermain games dan membacakan buku (14 Mei 2023), 4) MNC Peduli menggelar Hari Buku Nasional (17 Mei 2023), dan 5) Peluncuran Motor Pustaka hibah PBI, Dirjen Kebudayaan RI, Dana Indonesiana, LPDP (21 Mei 2023), belum lagi BEM Faperta IPB yang sepanjang tahun 2023 ini menjadikan TBM Lentera Pustaka sebagai mitra pengabdian masyarakat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Orang-orang yang datang ke taman bacaan. Sama sekali bukan perkara mudah. Kata seorang kawan yang pernah berkunjung ke TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor, setidaknya membutuhkan biaya Rp. 110.000 untuk ongkos. Bila naik motor, paling minim meneguk 5 liter bensin. Sementara bi;a naik mobil pribadi paling tidak menghabiskan bensin Rp. 100.000 bila tidak macet. Biaya dan ongkos wajib keluar dari kantong , belum termasuk makan di jalan atau ngaso di kafe. Orang-orang yang datang ke taman bacaan, sekali lagi tidak mudah. Apalagi harus bertanya, untuk apa di taman bacaan?

 

Tapi ketahuilah, orang-orang yang datang ke taman bacaan memang digerakkan oleh hati. Bukan cuma "logika" semata. Soal sosial bukan material. Ibarat kata, hitung-hitungannya bukan bertumpu pada dunia tapi buat nanti, di akhirat. Sebuah kepedulian dan pengabdian atas nama kemanusiaan. Peduli kepada anak-anak yang membaca, anak-anak yang terancam putus sekolah. Mengabdi untuk kaum ibu yang masih dibelenggu buta aksara, dihantu praktik rentenir. Orang-orang yang datang ke taman bacaan memang langka. Karenam menoreh pengabdian di jalan yang sepi, sekalipun tidak bertepi.

 

Orang-orang yang mau dan berani datang ke taman bacaan. Bisa jadi, mereka itulah orang-orang baik di dekat kita. Selalu menyediakan waktu dan tenaga untuk berada di taman bacaan. Walau hanya menemani anak-anak membaca buku. Sekalipun di bawah sengatan terik matahari dan di bawah terpaan hujan tetap mau datang ke  taman bacaan. Sementara di luar sana, tidak sedikit orang "lari tunggang langgang" menjauh dari taman bacaan dan tempat. Maka orang-orang yang datang ke taman bacaan, selalu menempatkan akhlak dan adab di atas ilmu. Hati di atas logika.

 

Memang sudah biasa di taman bacaan, selalu ada yang datang dan pergi. Tapi sangat luar biasa orang-orang yang mengabdi di taman bacaan. Maka di taman bacaan, kian terbukti. Hanya "orang yang tepat" yang akan tetap tinggal bersama taman bacaan. Hanya orang yang punya hati mau dan berani mengabdi di taman bacaan.

 

Sampai suatu saat nanti, kita bertanya. Di mana kita selama ini? Salam literasi #TamanBacaan #TBMLenteraPustaka #PegiatLiterasi

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler