Apa Itu Discord? Pengertian dan Fungsinya

Senin, 22 Mei 2023 14:39 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pembahasan seputar aplikasi discord yang lagi viral.

Discord adalah platform komunikasi terpadu yang dirancang untuk memungkinkan pengguna berinteraksi dalam komunitas online.

Awalnya dirilis pada tahun 2015, Discord telah menjadi populer di kalangan para gamer, tetapi sekarang juga digunakan oleh berbagai kelompok dan komunitas dengan minat yang beragam.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Discord menawarkan berbagai fitur yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi melalui obrolan teks, suara, dan video.

Pada dasarnya, Discord dapat dianggap sebagai kombinasi antara aplikasi pesan instan (instant messaging) dan platform suara (voice platform).

Pengguna dapat membuat "server" yang merupakan ruang virtual di mana anggota komunitas dapat berkumpul.

Setiap server dapat dibagi menjadi beberapa "saluran" yang merupakan subkelompok dalam server untuk diskusi yang lebih terfokus.

Misalnya, dalam server game, terdapat saluran khusus untuk obrolan umum, saluran untuk diskusi tentang pembaruan game, saluran untuk mencari teman bermain, dan lain sebagainya.

Salah satu fitur utama Discord adalah obrolan suara berkualitas tinggi yang memungkinkan pengguna untuk berbicara satu sama lain dalam waktu nyata.

Ini sangat berguna dalam konteks permainan online yang membutuhkan koordinasi tim yang baik.

Selain itu, Discord juga menyediakan fitur obrolan teks yang memungkinkan pengguna berbagi pesan, gambar, video, dan tautan dengan anggota komunitas lainnya.

Keunggulan lain dari Discord adalah kemampuannya untuk diintegrasikan dengan platform lain.

Misalnya, pengguna dapat menghubungkan akun Discord mereka dengan akun Twitch atau YouTube untuk mendapatkan manfaat tertentu, seperti pengaturan peran khusus atau akses ke saluran tertentu.

Hal ini memungkinkan komunitas yang ada di platform lain untuk dengan mudah memperluas kehadirannya ke Discord.

Selain itu, Discord juga menyediakan fitur pengaturan peran dan izin yang canggih.

Pemilik server dapat mengatur peran dan izin untuk anggota komunitas mereka, seperti memberikan akses khusus kepada administrator, moderator, atau anggota lainnya.

Ini membantu dalam menjaga keamanan dan keteraturan dalam komunitas online.

Discord tersedia secara gratis untuk pengguna dengan sejumlah fitur dasar, tetapi juga menawarkan langganan premium yang disebut "Discord Nitro" dengan beberapa manfaat tambahan, seperti avatar animasi, pilihan emoji yang lebih banyak, dan kemampuan untuk mengunggah file yang lebih besar.

Secara keseluruhan, Discord telah menjadi platform yang populer untuk berkomunikasi dan berinteraksi dalam komunitas online.

Dengan fitur-fiturnya yang lengkap dan kemampuan untuk disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, Discord terus mengembangkan diri dan menjadi sarana penting bagi banyak orang dalam menjalin hubungan, bermain game, berdiskusi, dan berkolaborasi secara online.

Sumber: Cerdikpedia

Bagikan Artikel Ini
img-content
Latahzan Net

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

img-content

Cara Hapus Akun Telegram di HP dan PC

Kamis, 25 Mei 2023 14:14 WIB
img-content

Apa Itu Discord? Pengertian dan Fungsinya

Senin, 22 Mei 2023 14:39 WIB

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
img-content
Lihat semua