x

Seringkali tanpa sengaja, data dan chat yang kita miliki terhapus, untuk itu diperlukan cara yang mudah dan cepat mengembalikan data dan chat tersebu

Iklan

Bachtiar R. Pudya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Mei 2023

Kamis, 8 Juni 2023 15:17 WIB

Cara Mengembalikan Chat WhatsApp Terhapus di Android dengan Mudah dan Cepat

Penggunaan WhatsApp di kalangan masyarakat sudah menjadi bagian dari aktivitas kesehariannya. Selain hanya dijadikan sarana komunikasi, juga dijadikan media promosi untuk bisnis.. Namun seringkali tanpa sengaja, data dan chat yang kita miliki terhapus, untuk itu diperlukan cara yang mudah dan cepat mengembalikan data dan chat tersebut

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebagai salah satu aplikasi berkomunikasi yang saat ini menjadi favorit di berbagai kalangan masyarakat kita tentunya WA yang banyak menyajikan beragam keunggulan. Selain dapat berkomunikasi suara, pengguna juga dapat mengirimkan pesan teks dan dokumen, hingga melakukan panggilan video. Juga didukung fitur cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus di Android, baik sengaja maupun tidak dengan mudah dan cepat

Mudah Dan Tanpa Hambatan

Sebelum kita membahas bagaimana cara membackup  atau  mengembalikan  data dan chat di WA yang hilang tersebut. Tentunya kita sebagai pengguna perlu memahami penyebab dari data dan chat yang ada di WA tersebut sampai hilang. Hal tersebut biasanya  disebabkan oleh:

  • ·         Lupa mengaktifkan fitur backup sebelum memindahkan akun WA
  • ·         Menghapus data dengan sengaja karena keterbatasan memori
  • ·         File WA yang mengalami Corrupt
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebagai langkah awal untuk mengatasi kehilangan data maupun chat tersebut, dimulai dengan kita tidak perlu panik atau khawatir berlebihan dulu. Sebab kita sebagai pengguna masih dapat mengembalikan data-data chat tersebut  Tentunya dengan syarat serta ketentuan yang berlaku. Nah beberapa cara meng-kembalikan chat WhatsApp yang terhapus di Android dengan cepat dan mudah, antara lain:

1.Gunakan Recent Back-Up

Cara kembalikan chat WhatsApp yang terhapus di Android yang pertama adalah dengan memanfaatkan fitur recent back-up. Sebaik terlebih dahulu kita lakukan uninstal dari aplikasi WA lama lalu  instal kembali dengan versi terbarunya.

Selanjutnya lakukan restore untuk mendapatkan kembali data percakapan chat sebelumnya. Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai, maka kta akan mendapatkan kembali data percakapan di chat sebelumnya.

2.Manfaatkan Folder Back-Up

Cara kedua untuk kembalikan chat WhatsApp yang terhapus di Android adalah dengan menggunakan folder untuk  backupnya.  Caranya dimulai dengan kita masuk ke dalam menu Pengaturan, lalu klik pesan dan panggil, kemudian lanjutkan ke Backup-Chat. Sehingga backup-nya akan berbentuk msgstore.db.crypt8 dan tersimpan di dalam sdcard-WA-Databases.

Langkah berikutnya, dengan meng-uninstall aplikasi WA, kemudian pilihlah  back-up dari folder yang ada di sdcard-WA-Databases. Lalu dari folder msgstore-YYYY-MM-DD-1.db.crypt8, jangan lupa untuk ubah nama dan bentuknya jadi msgstore.db.crypt8. Selanjutnya mulai meng-instal ulang aplikasi WA-nya dan pilihlah restore untuk meminta kembali data chatnya.

3.Gunakan Google Drive

Seperti kita ketahui Google drive  banyak dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai data  dan dokumen penting para penggunannya. Langkah ini juga  bisa diaplikasikan oleh kita sebagai pengguna smartphone Android. Tentunya terlebih dulu kita sudah pernah membackup data-chat  sebelumnya di google drive-nya. Dimulai dengan meng-uninstall aplikasi WA-nya terlebih dulu.

Setelah proses uninstall selesai, kita  lanjutkan dengan menginstal kembali aplikasi WA ke versi terbarunya. Kemudian pilihlah restore data chat dari Google Drive. Tunggu beberapa waktu hingga proses inisiasinya selesai.

4.Manfaatkan Aplikasi Dari Dr. Fone

Aplikasi Dari Dr. Fone  dapat juga dijadikan alternatif pilihan untuk  mengembalikan data chat WA kita yang terhapus sebelumnya. Diawali dengan mengunduh aplikasi dari Dr. Fone lalu meng-installnya ke laptop atau perangkat pc yang hendak  digunakan.

Kemudian kita hubungkan perangkat pc atau laptop tersebut dengan smartphone. Lanjutkan dengan kita buka aplikasi dari Dr. Fone lalu pilihlah menu untuk Transfer data chat WA. Tunggu beberapa saat hingga proses pengunduhan data chat tersebut selesai dan berhasil.

5.Penting Untuk Kita Mem-backup Data  Chat

Untuk mengantisipasi agar kita tidak kehilangan data chat  WA, maka diperlukan langkah penting dengan melakukan back-up. Sebaiknya dalam mem-backup tersebut kita lakukan secara rutin, misalkan 1 minggu sekali atau 1 bulan sekali. Sehingga sewaktu-waktu data chat tersebut hilang atau terhapus tanpa sengaja, kita tidak kerepotan atau kebingungan

 

Nah, demikian mudahnya cara untuk kembalikan chat WhatsApp yang terhapus di Android dan cepat. Sehingga pengguna tidak perlu panik atau bingung saat mengalami kehilangan data chat pentingnya.  Namun akan lebih  baik lagi jika pengguna secara rutin mem-backup data chat-nya di google drive, Semoga menginspirasi dan bermanfaat

Ikuti tulisan menarik Bachtiar R. Pudya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler