x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Jumat, 9 Juni 2023 12:17 WIB

Literasi Jumat, Sandarkan Semua kepada-Nya dengan Sabar dan Syukur

Sandarkan semuanya kepada Allah SWT, apapun urusannya. Balut hari dengan sabar dan syukur

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Suatu kali, kawan saya bercerita. Dia mendapat teror dari “orang misterius” yang sering gonta-ganti nomor. Lalu kalimatnya, mencaci maki, menghujat, menghina, bahkan mem-bully secara fisik. Persis seperti manusia yang penuh kebencian sedang berjuang untuk ambisi dan kefrustrasiannya sendiri. Jangan ilmu, akhlak dan adab pun sudah lama diabaikan. Lalu kawan saya bertanya, apa yang harus dilakukan?

 

Saya pun sedikit merenung, lalu bertutur kepada kawan. Bahwa hidup di dunia yang sementara ini adalah perjalanan yang digariskan Allah SWT.  Selalu ada dua rasa: manis dan getir, lapang dan sesak, suka dan duka, nikmat dan musibah; serta sabar dan syukur. Tidak seorangpun bisa lepas dari dua rasa itu, pun untuk mereka yang dicintai-Nya. Karena sejatinya, makin tinggi anugerah dan karunia yang diberikan-Nya, maka semakin besar pula cobaannya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Jadi atas apapun teror dan perlakuan buruk orang lain. Cukup bersabar dan bersyukur saja. Adalah hak orang lain untuk membenci dan tidak suka pada kita. Karena kita tidak pernah bisa mengontrol pikiran dan perbuatan orang lain. Kita hanya bisa mengendalikan sikap, pikiran dan perilaku kita sendiri. Bila apa yang dikatakan benar saja itu jadi gibah. Apalagi bila tidak benar maka menjadi fitnah. Untuk itu, sandarkan semua kepada-Nya. Biarkan Allah SWT yang bekerja untuk kita, utuk orang-orang zolim kepada orang lain.

 

Apapun yang terjadi dalam hidup, berjuanglah untuk tetap baik. Perbaiki niat, baguskan ikhtiar, dan perbanyak doa kepada-Nya. Sambil tetap sabar dan syukur sebagai “perahu” yang akan membawa seorang hamba berselancar dalam kehidupan “dua rasa” dengan bekal iman di dada. Atas sebab hadirnya sabar dan syukur itulah, Nabi Muhammad SAW menyatakan betapa menakjubkan hidup dan ihwal orang beriman. Karena semua urusannya adalah kebaikan.

 

Sabar dalam cobaan, musibah, dan gangguan orang lain itu baik. Selain mendapat  pahala tanpa batas, selalu dicintai-Nya, dan dibersamai Allah SWT dalam keadaan apapun. Sementara syukur, selalu membuat anugerah dan nikmat tetap melekat, kian berganda berlipat, serta menenggelamkan pemilikknya dalam Rahmat Allah SWT.

 

Apapun yang terjadi, hadapi dengan sabar dan syukur. Karena keduanya bukan hanya akhlak mulia. Tapi menjadi ungkapan iman yang mendatangkan ridho Allah SWT. Selain lebih sehat dan tercerahkan, sabar dan syukur mmbuktikan pemiliknya selalu mendapatkan kebaikan dan keberkahan, apapun bentuknya.

 

Dalam banyak hal, sabar juga sebentuk syukur; dalam menyambut karunia-Nya yang berbentuk cobaan, duka, nestapa, dan musibah. Begitu pula, syukur pun sebentuk sabar dalam menyambut cobaan-Nya yang berupa kesenangan, kelapangan, kelimpahan, dan canda tawa.

 

Maka esok, sungguh tiada ada kata henti untuk bersabar dan bersyukur. Sebab keduanya menjadi tali yang menghubungkan kita dengan-Nya. Seperti kata Umar bin Khattab, “Jika sabar dan syukur itu dua kendaraan, aku tak peduli naik yang mana. Keduanya berlintasan ridho-Nya; berjurusan surga”. Maka di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor pun selalu berpegang pada sabar dan syukur. Asal yang dikerjakan baik maka teruskanlah. Tanpa peduli ada orang-orang yang tidak suka atau membenci taman bacaan. Karena semuanya sudah dalam kehendak-Nya.

 

Untuk kawan yang bercerita atau kawan-kawan lain yang mengalami serupa. Jika hati pernah terluka dan dizolimi orang lain, maka bersabar dan bersyukurlah. Karena itu pertanda, Allah SWT akan menunjukkan hal-hal yang indah di kemudian hari.

 

Sebadai apapun, angin mengobrak-abrik rangkaian cerita, pada akhirnya akan menciptakan suasana baru yang lebih membahagiakan. Karena setiap benih yang ditanam, pasti akan pecah dan berubah menjadi tanaman yang menakjubkan. Berkaht sabar dan syukur kepada-Nya.

 

Jangan pernah sesali yang telah berlalu. Cukup jadikan kenanagn untuk terus memperbaiki diri, membaguskan ikhtiar, dan memperbanyak doa. Siapa yang menabur (baik atau buruk), pasti akan diayang akan menuainya esok? Sandarkan semua kepada Allah SWT. Karena semua orang akan kembali kepada Allah SWT setelah matinya. Salam literasi!

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler