x

Iklan

Ruqyah Cirebon

Jurnalistik
Bergabung Sejak: 12 Juli 2021

Selasa, 13 Juni 2023 15:23 WIB

Cara Verifikasi Akun JKN Mobile Termudah

Bagi Anda pengguna atau calon pengguna BPJS Kesehatan, JKN Mobile menjadi aplikasi penting bagi Anda untuk bisa mendapatkan layanan online.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bagi Anda pengguna atau calon pengguna BPJS Kesehatan, JKN Mobile menjadi aplikasi penting bagi Anda untuk bisa mendapatkan layanan online. Hanya saja, masih ada pengguna yang belum mengetahui Cara Verifikasi Akun JKN Mobile untuk pengguna lama dan baru. 

Bahkan, Anda perlu melakukan verifikasi akun terlebih dahulu agar bisa mengakses JKN Mobile dan menikmati semua fitur yang tersedia di sana. Oleh karena itu, berikut cara verifikasi akun JKN mobile yang sudah terdaftar maupun yang masih belum.

Apa Itu JKN Mobile?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

JKN Mobile adalah aplikasi resmi BPJS Kesehatan yang dapat digunakan peserta untuk memantau tagihan dan tunjangan kesehatannya. Fungsi utama JKN Mobile ini agar peserta BPJS Kesehatan dapat memantau tagihan dan tunjangan kesehatannya, termasuk melihat riwayat kunjungan ke dokter dan rumah sakit.

Syarat Dan Ketentuan Verifikasi Akun JKN Mobile

Sebelum melakukan proses verifikasi akun seluler JKN, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu. Karena untuk itu, JKN Mobile memberikan syarat untuk verifikasi. Syarat yang kami maksud disini cukup mudah, Anda hanya perlu memberikan email atau nomor handphone yang aktif. 

Dan memasukkan kode OTP yang diberikan oleh BPJS Kesehatan untuk tahap verifikasi akun. Karena untuk proses pendaftaran akun BPJS Kesehatan melalui JKN Mobile pengguna membutuhkan akun login untuk mengakses dan memanfaatkan fitur yang ada di aplikasi asuransi kesehatan ini.

Cara Verifikasi Akun JKN Mobile

Sebenarnya cara daftar akun JKN Mobile dan cara login ke aplikasi bisa dilakukan dengan sangat mudah. Anda dapat mendaftar dan login ke aplikasi JKN Mobile menggunakan nomor ponsel atau alamat email aktif Anda. Selain itu Anda juga bisa melakukan verifikasi akun JKN dengan memasukkan kode OTP. Oleh karena itu, berikut cara verifikasi akun JKN Mobile untuk pengguna lama dan baru.

Cara Verifikasi Akun JKN Mobile Untuk Pengguna Lama

Bagi kamu yang sudah memiliki BPJS Kesehatan, kamu bisa langsung login ke JKN Mobile dengan mudah, dengan cara berikut ini! Pertama-tama, pastikan Anda sudah mengunduh dan menginstal aplikasi JKN Mobile, kemudian buka aplikasi tersebut dari ponsel Anda. 

Kemudian, Anda dapat memilih opsi "Registrasi Pengguna Seluler" dan mengisi formulir di sana dengan data yang benar. Setelah itu, JKN Mobile akan mengirimkan kode OTP melalui email atau SMS kepada anda, lalu masukkan kode OTP tersebut untuk verifikasi akun.

Cara Verifikasi Akun JKN Mobile Untuk Pengguna Baru

Selain pengguna lama BPJS Kesehatan, kamu juga bisa melakukan verifikasi akun sebagai pengguna baru, dengan cara berikut! Pertama-tama, pastikan Anda sudah mengunduh dan menginstal aplikasi JKN Mobile, kemudian buka aplikasi tersebut dari ponsel Anda. 

Kemudian, Anda dapat memilih opsi "Pendaftaran Peserta Baru" dan klik "Setuju", lalu lengkapi formulir di sana dengan data yang benar. Setelah itu, pilih fasilitas kesehatan yang Anda inginkan, dan masukkan alamat email Anda untuk verifikasi akun JKN Mobile Anda. Terakhir, masukkan kode OTP yang telah dikirimkan JKN Mobile kepada Anda, dan lakukan pembayaran premi pertama Anda.

Manfaat Aplikasi JKN Mobile

Setelah mengetahui ada cara verifikasi email JKN Mobile, kini Anda wajib mengetahui informasi penting seputar aplikasi tersebut. Dimana aplikasi tersebut memiliki beberapa manfaat yang memang dapat membantu setiap penggunanya dengan mudah. Seperti halnya :

Mudah Membantu Pengguna Lain Mendaftar Jkn Mobile

Kehadiran aplikasi JKN tentunya membuat Anda tidak perlu lagi repot datang langsung ke kantor BPJS untuk nomor antrian. Pendaftaran dapat dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi. Nah, aplikasi tersebut resmi ditujukan untuk penerima upah, maupun bukan penerima upah. Selain itu, bisa juga untuk seseorang yang sudah pernah mendaftarkan kartu BPJS sebelumnya.

Tanpa Harus Mengantri, Anda Tetap Bisa Mengambil Nomor Antrian

Sebagai pengguna tentunya Anda mendapatkan kesempatan untuk bisa mendapatkan antrian secara online. Jika nanti ingin berobat ke rumah sakit yang sudah terdaftar di BPJS. Jadi, Anda bisa mendapatkan antrian pasien secara online. 

Manfaat ini sejalan dengan ketentuan pemerintah. Dimana pemerintah selalu menghimbau kepada seluruh masyarakat, agar tidak berkerumun di rumah sakit. Kemungkinan melihat resiko yang ada, dimana banyak orang yang sakit. Jadi sebisa mungkin jangan terlalu lama mengantri dan menghalangi orang-orang di sekitar sana nantinya.

Atasi Segala Keluhan Atau Masalah Via Online

Karena via online, ke depannya mungkin akan menemui kendala berupa kesalahan teknis dari program JKN Mobile. Jika masalah yang diterima mengenai pelayanan yang mengecewakan untuk fasilitas kesehatan. Jadi, Anda bisa mengadu secara online. Sehingga nantinya fasilitas kesehatan ini akan segera merespon keluhan yang ada. 

Dengan mengadakan layanan seperti itu, tentunya akan lebih memudahkan Anda untuk menyampaikan segala keluhan yang ada. Bayangkan saja jika ini terjadi secara manual. Tentunya Anda sangat repot karena harus datang ke kantor BPJS terlebih dahulu. Jika dekat, tidak apa-apa bagi Anda, tetapi jika jauh, cukup memakan waktu dan biaya.

Demikian ulasan tentang Cara Verifikasi Akun JKN Mobile Termudah, semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Ruqyah Cirebon lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB