x

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji ketika melakukan pemeriksaan kateterisasi jantung pada pasien/Foto : DOkpri

Iklan

Ruang Dakwah Medis Indonesia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Maret 2023

Selasa, 20 Juni 2023 08:16 WIB

Apa Saja Prospek Pekerjaan Profesi Penata Anestesi

Apa Saja Prospek Pekerjaan Profesi Penata Anestesi

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Solo – Didunia pekerjaan kali ini setelah pandemi Covid-19 telah usai, lowongan tenaga medis yang paling banyak dibutuhkan. Bahkan ketika dibuka lowongan CPNS pusat alokasi pendidikan dan kesehatan memiliki prosi yang paling banyak. Bahkan disaat lowongan pekerjaan yang lain seperti tekhnik, ilmu sosial tidak dibuka alokasi. Bahkan meski dibuka lowongan pekerjaan tenaga kesehatan dan pendidikan pada CPNS pada bulan September 2023 tetapi juga dibuka juga alokasi P3K.

Pemerintah menurut rencana dalam berita pada Bulan September 2023 akan dibuka lowongan pekerjaan CPNS dan P3K secara serentak. Bahkan menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Abdullah Azwar Anas pemerintah akan membuka lowongan pekerjaan sebanyak 1 juta formasi yang dimana alokasi pada pendidikan dan kesehatan memiliki porsi yang paling banyak.

Dalam dunia tenaga kesehatan terdiri dari berbagai jenis pekerjaan dari Dokter, Dokter Spesialis, Perawat, Perawat Spesialis, Bidan, Fisioterapi, Ahli Gizi, penata anestesi, rekam medik dll. Dari berbagai jenis pekerjaan yang baru didirikan dibeberapa Institusi, profesi Penata Anestesi yang merupakan profesi tenaga kesehatan yang masih langka dan yang masih banyak dibutuhkan dilapangan pekerjaan. Bahkan mahasiswa Penata Anestesi yang baru menyelesaikan ujian skripsi belum menjalani wisuda sudah banyak dipesan banyak Rumah Sakit untuk bekerja.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Banyak orang yang ketika akan mendaftar masuk menjadi mahasiswa Keperawatan Anestesiologi dibeberapa kampus kebanyakan takut dikarenakan belum tahu besok akan bekerja dimana dan kemana. Sebenarnya prospek lulusan Keperawatan Anestesiologi sangat banyak dan luas. Kebanyakan orang melihat kalau Penata Anestesi hanya bisa bekerja didalam kamar operasi saja.

Tetapi sebenarnya prospek profesi Penata Anestesi bekerja dalam lingkup luas, dari di IGD, ICCU, ICU, Poliklinik, Bangsal dan dibeberapa klinik bedah. Bahkan profesi Penata anestesi juga bisa mendirikan Ijin praktek dirumah yang melayani pasien yang datang. Selain itu profesi Penata Anestesi juga bisa sekolah kembali dan bekerja sebagai dosen di kampus.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan Prospek pekerjaan bagi Penata anestesi sangatlah luas, hanya saja banyak yang mengira bahwa profesi anestesi hanya pada satu bidang saja didalam kamar operasi. Tenaga Anestesi bisa bekerja di Rumah Sakit pada setiap rumah sakit atau klinik yang menyediakan layanan bedah dan operasi tentu membutuhkan seseorang yang memiliki kemampuan melakukan anestesi juga. Kemudian penata anestesu juga bisa bekerja di klinik kecantikan dan di klinik gigi. *Red

Ikuti tulisan menarik Ruang Dakwah Medis Indonesia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu