x

Iklan

Winda Lina

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Februari 2023

Sabtu, 24 Juni 2023 06:44 WIB

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Pontianak Gelar Kegiatan Outbond


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di tengah keadaan polusi tidak menyurutkan semangat menjaga lingkungan dan pengenalan alam sekaligus semangat untuk sehat. Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi (HIMADIBIO) Universitas MUhammadiyah, Pontianak, mengadakan kegiatan outbound bersama mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2020-2022

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) yang diketuai oleh Tasya Putriani. Kegiatan dilaksanakan di Galeri Hasil Hutan Kalimantan Barat yang diikuti kurang lebih 55 mahasiswa dengan penerapan menjaga lingkungan. Sebelum pelaksanaan kegiatan ini berlangsung, baik panitia maupun peserta dipersilahkan melakukan pengecekan tata tertib dan aturan terlebih dahulu sebagai bentuk mendukung usaha pemerintah mengurangi kerusakan lingkungan. Kegiatan kecil ini disosialisasikan sebelum acara agar perlaksanaan berjalan dengan baik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

outbond


Selain sebagai kegiatan menjaga lingkungan, outbound ini dilaksanakan khususnya sebagai upaya pembentukan karakter mahasiswa yang dilaksanakan agar peserta tidak merasa jenuh dengan kondisi pembelajaran yang ada. Outbound ini pula sebagai alternatif agar peserta dapat bermain dan berinteraksi dengan teman sebayanya sekaligus dengan lingkungan.

Pelaksanaan outbound dilaksanakan tepat pada pukul 07.00 WIB yang diawali dengan melakukan pemanasan dan senam bersama terlebih dahulu sebelum melanjutkan kegiatan lainnya. Kegiatan pertama diawali oleh pemberian arahan dari ketua panitia yaitu Meli Maria yang selanjutnya dialihkan kepada panitia outbound untuk pembagian kelompok. Beberapa kegiatan dilakukan dalam rangkaian outbound ini, seperti pertandingan yeal-yeal, pengetahuan umum, permainan estafet air, tebak gambar, dan halang lintang yaitu melewati rintangan yang terbuat dari tali rapia dengan cara merangkap.

Meskipun dalam pelaksanaanya diterapkan peraturan tidak boleh merusak lingkungan, kegiatan dapat berjalan dengan baik. Dan di akhir kegiatan baik panitia maupun peserta melakukan kegiatan Operasi Semut yang mana kegiatan ini sebagai salah satu bentuk pengabdian dengan cara memungut sampah yang ada di lingkungan galeri hasil hutan untuk menjaga lingkungan agar terjaga kebersihannya.


Salah satu peserta (Takwa Iman) menuturkan jika mereka antusias dengan mengikuti semua permainan di kegiatan ini. Pada akhir kegiatan, peserta yang berhasil memenangkan permainan mendapatkan bingkisan sebagai hadiah. Pengurusan Pengelolaan Galeri Hasil Hutan Kalbar menyampaikan apresiasinya kepada Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi UM Pontianak dikarenakan telah melaksanakan kegiatan outbound dan berharap kegiatan sejenis dapat dilakukan dengan bersama-sama tetap menjaga lingkungan.

Diharapkan kegiatan outbound ini dapat bermanfaat bagi para peserta baik dari segi kesehatan, kerjasama tim maupun pembentukan karakter peserta.

Ikuti tulisan menarik Winda Lina lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler