x

Iklan

Sitinur Halimah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 Juni 2023

Kamis, 22 Juni 2023 12:50 WIB

Pemanfaatan Teknologi dalam Dunia Bisnis

pemanfaatan teknologi, penggunaan teknologi dalam bisnis.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sistem informasi adalah sebuah system yang berproses dan terorganisasi. Yang bertujuan mengumpulkan, memproses, menyimpan , mengelola sebuah data menjadi informasi yang bermanfaat bagi penggunanya. Adapun komponen dalam sebuah system informasi ialah, Hadware, software, data, proses dan orang. System informasi yang umum digunakan adalah manajemen, akutansi dan ekonomi.

Sistem informasi (SI) sangat penting dalam dunia perkerjaan karena dapat membantu meningkatkan efisiensi  dan efektivitas oprasional perusahaan, denagn menggunakan system informasi yang tepat, sebuah perusahaan akan dapat mengumpulkan dan mengelola data dengan baik agar dapat menghasilkan informasi yang lebih akurat dalam mengambil sebuah keputusan.

System informasi yang umum dipakai dalam dunia perkerjaan ialah manajemen (SIM) dapat membantu manajemen dan mengumpulkan data yang akan diproses dalam sebuah perusahaan untuk menyajiakan informasi secara keseluruhan, Sistem Informasi Keungan (SIK) digunakan untuk membantu dan mengelola keuangan sebuah perusahaan, termasuk manajeman dan akutansi asset, Sistem Informasi Pemasaran (SIP) dapat membatu perusahaan dalam mengumpulkan dan menganalisis  data pasar dan konsumen, serta merancang strategi dalam sebuah pemasaran yang efektif, Sistem Informasi Sumber daya manusia (SISDM) untuk mengelola data karyawan, memanajeman kinerja dan pengembangan kakir, Sistem Informasi Produksi (SIP) membatu perusahaan dalam mengelola rantai pasokan dan produksi, termasuk dalam sebuah investasi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Penggunaan system informasi dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan pada pelanggan, karena dapat mempercepat waktu respons dan memudahkan akses informasi bagi pelanggan. Selain itu dapat juga meninggkatkan keamaan dan privasi pada pelanggan dalam penggunaan system informasi.

System Informasi juga dapat digunkan dalam beberapa jenis perusahaan dari mulai yang kecil hingga besar sampai multinasional, ada juga beberapa manfaat dari penggunaan Sistem informasi yaitu, meningkatkan efisiensi dan produktivitas agar dapat membantu mengotomatiskan tugas-tugas dan mempercepat proses dalam berbisnis, meningkatkan akurasi dan keakuratan untuk mengurangi kesalahan manusia dalam mengambil sebuah keputusan dan mengolah data, meningaktakan koordinasi dan kolabirasi untuk mempermudah karyawan  berkomunikasi dan berkerja sama dalam menjalankan tugas mereka, memungkinkan mengambil keputusan yang lebih baik dan dapat memberikan informasi yang real-time dan akurat tentang kondisi bisnis agar tepat waktu, meningkatkan layanan pelanggan dengan memberikan akses yang lebih cepat dan mudah kepada informasi yang diperlukan pelanggan, mengurangi biaya dan waktu yang diperlukan dalam menjalankan proses bisnis.

Meskipun sistem informasi banyak manfaatnya dalam dunia kerja dan bisnis, namun ada beberapa kekurangan yang dapat terjadi yaitu biaya, implementasi sistem informasi bisa sangat maha, terutama jika sebuah perusahaan harus membeli perangkat lunak, perangkat keras dan infrastuktur jaringan baru untuk dapat mendukungnya, biaya ini sangat sulit dikelola oleh perusahaan kecil yang memiliki anggran. Pelatihan, perusahaan harus menghabiskan waktu dan biaya untuk melatih karyawan dalam penggunaan sistem informasi yang baru, dan jika karyawan tidak berlatih dengan baik  dalam penggunaan sistem informasi mungkin tidak berfungsi secara efektif. Masalah keamanan dalam sebuah sistem informasidapat menghadapi resiko keamanan seperti serangan virus komputer, hacker, dan pencurian data, jika dalam sebuah perusahaan tidak memiliki kebijakan yang kuat, maka informasi bisnis akan terancam. Masalah integritas, mungkin sistem informasi yang baru  tidak kompatibel dengan sistem yang suadah ada dalam perusahaan,  ini bisa jadi masalah jika data dapat diintegrasikan dengan baik, yang dapat menyebabkan  kesalahan dalam mengambil keputusan yang baik. Ketergantunagn pada teknologi, jika perusahaan terlalu bergantung pada sistem informasi, maka tidak akan stabil sistem atau kegagalan dapat menyebabkan masalah serius dalam opraasi bisnis. Meskipun sistem informasi banyak manfaat dan kelebihannya dalam dunia kerja dan bisnis, namum perusahaan-perusahaan harus pempertimbakan kekurangan ini dan memperhatikan solusi untuk mengatasi malasah tersebut.

Ikuti tulisan menarik Sitinur Halimah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB

Terkini

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB