x

Iklan

Tara Pramudita

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 Juni 2023

Sabtu, 24 Juni 2023 07:00 WIB

Sistem Pengendalian Manajemen Internal yang Efektif di PT Frisian Flag Indonesia

PT Frisian Flag Indonesia adalah salah satu perusahaan terkemuka dalam industri susu di Indonesia. Untuk memastikan operasional yang lancar dan efisiensi yang tinggi, perusahaan ini mengandalkan sistem pengendalian manajemen internal yang efektif. Artikel ini akan membahas tentang sistem pengendalian manajemen internal yang digunakan oleh PT Frisian Flag Indonesia dan bagaimana sistem tersebut berkontribusi dalam menjaga kualitas, keberlanjutan, dan pertumbuhan perusahaan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

PT Frisian Flag Indonesia adalah perusahaan susu ternama di Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1922 dan memiliki pusat operasional di Cikarang, Jawa Barat. PT Frisian Flag Indonesia memproduksi berbagai jenis susu dan produk olahannya, termasuk susu bubuk, susu kental manis, yogurt, dan makanan bayi.

Perusahaan ini terkenal dengan merek Frisian Flag yang telah dikenal luas di Indonesia. Produk-produknya memiliki standar kualitas yang tinggi dan terbuat dari bahan-bahan berkualitas. PT Frisian Flag Indonesia juga berkomitmen untuk mendukung gizi seimbang dan gaya hidup sehat melalui produk-produknya.

Selain itu, PT Frisian Flag Indonesia juga terlibat dalam berbagai program keberlanjutan dan tanggung jawab sosial perusahaan. Mereka berupaya untuk membangun kemitraan dengan peternak susu lokal, memberikan pelatihan dan bantuan teknis, serta berkontribusi pada pengembangan masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dengan sejarah yang panjang dan komitmennya terhadap kualitas dan tanggung jawab sosial, PT Frisian Flag Indonesia terus menjadi salah satu perusahaan susu terkemuka di Indonesia.

Pengertian Sistem Pengendalian Manajemen Internal
Sistem pengendalian manajemen internal adalah serangkaian prosedur dan kebijakan yang dirancang untuk mengawasi dan mengendalikan aktivitas perusahaan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan dari sistem ini adalah untuk memberikan keyakinan bahwa aktivitas perusahaan berjalan sesuai dengan kebijakan, prosedur, dan standar yang telah ditetapkan.

Komponen Sistem Pengendalian Manajemen Internal di PT Frisian Flag Indonesia

  1. Pengendalian Keuangan : PT Frisian Flag Indonesia memiliki prosedur yang ketat untuk mengelola keuangan perusahaan. Ini termasuk pembuatan laporan keuangan yang akurat, audit internal, serta pengawasan dan pemisahan tugas yang jelas dalam departemen keuangan. Hal ini membantu perusahaan dalam mengendalikan pengeluaran, mengurangi risiko keuangan, dan memastikan kepatuhan terhadap regulasi yang berlaku.
  2. Pengendalian Operasional : Dalam rangka menjaga efisiensi operasional, PT Frisian Flag Indonesia menggunakan berbagai pengendalian operasional. Ini meliputi pengaturan prosedur produksi yang standar, pengawasan kualitas bahan baku dan produk jadi, pemantauan rantai pasok, serta implementasi sistem manajemen risiko yang komprehensif. Dengan demikian, perusahaan dapat memastikan produk berkualitas tinggi dan memenuhi standar yang ditetapkan.
  3. Pengendalian Persediaan : PT Frisian Flag Indonesia memiliki sistem pengendalian persediaan yang canggih untuk mengelola stok bahan baku dan produk jadi. Melalui pemantauan yang teratur, perusahaan dapat mengendalikan persediaan, mencegah kekurangan atau kelebihan stok, serta mengoptimalkan aliran produksi. Sistem ini juga membantu dalam mengidentifikasi dan mengurangi risiko kerugian akibat kerusakan atau kehilangan barang.
  4. Pengendalian Personalia : PT Frisian Flag Indonesia memberikan perhatian khusus terhadap pengendalian personalia. Ini termasuk kebijakan perekrutan yang ketat, pelatihan dan pengembangan karyawan, serta sistem penggajian dan penilaian kinerja yang transparan. Dengan mengelola sumber daya manusia dengan baik, perusahaan dapat memastikan kehadiran dan kompetensi yang tepat untuk mencapai tujuan perusahaan.

Keuntungan Sistem Pengendalian Manajemen Internal yang Efektif

a. Meningkatkan Keandalan Informasi

Sistem pengendalian manajemen internal yang efektif membantu meningkatkan keandalan informasi yang digunakan dalam pengambilan keputusan. Laporan keuangan yang akurat, data operasional yang dapat dipercaya, dan informasi persediaan yang tepat membantu manajemen dalam membuat keputusan yang tepat waktu dan tepat sasaran.

b. Mengurangi Risiko

Sistem pengendalian manajemen internal yang baik membantu perusahaan dalam mengidentifikasi, mengukur, dan mengurangi risiko yang mungkin terjadi. Dengan adanya pengawasan yang ketat, perusahaan dapat mengurangi risiko penipuan, kesalahan operasional, dan kehilangan barang yang berdampak pada keuangan dan reputasi perusahaan.

c. Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas

Dengan adanya prosedur dan kebijakan yang jelas, PT Frisian Flag Indonesia dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas operasional. Pemantauan yang teratur terhadap proses produksi, manajemen persediaan yang baik, dan pengendalian biaya yang efektif membantu perusahaan mencapai target produktivitas dan efisiensi yang ditetapkan.

d. Kepatuhan Terhadap Regulasi

Sistem pengendalian manajemen internal yang efektif membantu PT Frisian Flag Indonesia mematuhi regulasi yang berlaku. Dalam industri makanan dan minuman, kepatuhan terhadap standar keamanan pangan, regulasi lingkungan, serta peraturan ketenagakerjaan sangat penting. Dengan adanya pengendalian yang baik, perusahaan dapat memastikan kepatuhan terhadap semua regulasi tersebut.

Kesimpulan

PT Frisian Flag Indonesia telah berhasil menerapkan sistem pengendalian manajemen internal yang efektif dalam operasionalnya. Dengan pengendalian keuangan, operasional, persediaan, dan personalia yang baik, perusahaan dapat menjaga kualitas produk, efisiensi operasional, keberlanjutan, dan pertumbuhan yang berkelanjutan. Penting bagi perusahaan lain untuk mengambil contoh dari PT Frisian Flag Indonesia dalam mengembangkan sistem pengendalian manajemen internal yang efektif untuk mencapai kesuksesan yang serupa.

Penulis : Tara Pramudita Liani 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Prodi Sarjana Akuntansi

Universitas Pamulang

Ikuti tulisan menarik Tara Pramudita lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu