x

Iklan

Media Cirebon Co

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Juli 2023

Rabu, 5 Juli 2023 13:46 WIB

Bahayanya Bermain Game Online

Kecanduan bermain game online menyebabkan kegiatan yang seharusnya dilakukan menjadi terlewatkan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seperti yang dilansir dari situs top up domino Game ini berpengaruh negatif apabila dimainkan terus menerus sehingga kegiatan yang seharusnya dilakukan menjadi terlewatkan. Hal ini tentu saja harus menjadi perhatian penting karena dampaknya juga sangat buruk yang dapat mempengaruhi perilaku seseorang. 

Ketahui Bahaya Bermain Game Online

Nah berikut ini mengenai Bahayanya Bermain Game Online yang harus anda perhatikan.

Menyebabkan Sakit Kepala

Saat bermain game online, seseorang sering merasakan sakit kepala. Hal ini disebabkan kinerja otak yang digunakan secara berlebihan dan dipaksa berada pada posisi tertentu dalam waktu lama tanpa istirahat.

Memicu Adiktif

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Adiktif akan muncul ketika seseorang bermain game online secara berlebihan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini disebabkan karena kinerja tubuh yang sudah terbiasa digunakan seperti itu dalam waktu yang lama sehingga memicu kecanduan pada seseorang.

Penglihatan Berkurang

Mata adalah panca indera yang harus anda miliki untuk melihat suatu benda hidup atau mati. Jika terlalu sering main game maka bisa mempengaruhi penglihatan anda yang sebelumnya dapat melihat dengan jelas dari jarak jauh, akan tetapi saat ini tidak bisa karena mata lama kelamaan akan berkurang dan penglihatan menjadi buram.

Bahaya bermain game juga akan berdampak negatif pada penglihatan anda. Mata akan memburuk dalam jangka panjang. Oleh karena itu, Anda harus menghindari kontak langsung dengan bahaya bermain game ini agar kondisi mata anda tetap terjaga.

Jika tingkat ketajaman mata menurun berarti anda sudah terlalu sering bermain game secara berlebihan bahkan tidak bisa mengingat waktu. Maka dari itu, Anda sebagai orang tua harus bisa melindungi buah hati Anda agar tidak sering terpapar sinar biru gadget.

Kecerdasan Akan Menurun

Lah, katanya game bikin pintar? Itu pandangan yang salah. Main game bisa enak kalau dibarengi dengan rajin belajar juga. Jadi mulai sekarang, buanglah cara pandangmu terhadap kecerdasan saat bermain game.

Jika game bisa membuat Anda bahagia, mengapa belajar menurun? Belajar harus menjadi hal yang sangat penting, terutama bagi anak-anak yang masih bersekolah. Mungkin dengan bermain game online menyenangkan, namun harus sesuai porsi bermainnya yang diimbangi dengan belajar supaya kecerdasan otak semakin terasah.

Aktivitas Malas

Saat bermain game, kita sering lupa bahwa Anda membawa sebungkus makanan ringan untuk menemani Anda bermain game. Nah, sampah-sampah itu pasti lupa dibuang karena sibuk memainkan game seru ini. Kemalasan ini akan berdampak negatif pada aktivitas sehari-hari, contoh sederhananya adalah malas mengerjakan saat diminta orang tua, malas bergerak dan kemalasan lainnya.

Tidur Telat Karena Game

Bermain game online memang membuat anda masuk ke dalam dunia game. Dengan naluri anda memasuki permainan, anda akan lupa apa yang disebut waktu tidur malam. Oleh karena itu, anda pasti akan tidur larut malam hanya untuk menyelesaikan tantangan yang disediakan di game online ini.

Memicu Insomnia

Seseorang seringkali lupa akan waktu bahkan rela menghabiskan waktu istirahatnya untuk bermain game online. Waktu yang seharusnya menjadi jam istirahat malah digunakan untuk bermain game, sehingga memicu insomnia akibat adrenalin yang terus menerus dipacu di malam hari.

Bangun Kesiangan

Setelah tidur larut malam, efek buruk lain dari bermain game adalah bangun kesiangan. Bangun siang adalah hal terburuk saat anak masih sekolah. Yang harus dia bangun adalah jam 6, karena dia bermain game larut malam sehingga dia tidak akan bisa bangun lebih awal karena matanya masih mengantuk.

Kecanduan Game Online

Banyak orang yang memiliki tingkat kecanduan tinggi mengenai game online ini. Misalnya anda sedang bermain game, ternyata misi di level pertama itu tantangannya gampang, oleh karena itu anda akan melanjutkannya ke level terakhir agar bisa mendapatkan banyak record.

Penyebab Mag

Makan yang terlambat akan berdampak buruk bagi kesehatan kita. Penyakit lambung atau maag akan timbul bila kita terlambat makan. Jangan biarkan makan Anda terganggu karena bermain game di Android. Bahkan berakibat fatal bagi kesehatan sang anak.

Demikian penjelasan dari saya tentang perlu di ketahui tentang Bahayanya Bermain Game Online semoga bermanfaat, terimakasih.

Ikuti tulisan menarik Media Cirebon Co lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu