x

Iklan

Bachtiar R. Pudya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Mei 2023

Rabu, 5 Juli 2023 21:26 WIB

Mengenal Varietas Kopi Gayo, Kualitas Cita Rasanya Mendunia

Bagi anda penikmat kopi, tentunya sangat ciri khas kopi Gayo yang terkenal hingga belahan dunia. Kopi asal Aceh yang berjenis Arabica ini sudah berkembang menjadi dan sudah teruji kualitas cita rasanya

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dari banyak jenis kopi yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, yang tentunya masing-masing dengan cita rasa yang khas. Salah satunya dari Aceh dengan varietas kopi Gayo yang terkenal hingga luar negeri. Tanaman ini  banyak tumbuh di dataran tinggi di wilayah Bener Meriah, Gayo Lues dan kabupaten Aceh Tengah. 

 

Kopi asal Aceh yang menjadi unggulan ini berjenis Arabica yang saat ini sudah berkembang menjadi lebih 60 varietas, Oleh  kementrian Pertanian varietas kopi gayo yang dijadikan unggulan ada dua. Yang masing-masing sudah teruji dari kemampuan produksi dan kualitas cita rasanya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

1.Pengembangan Varietas Unggulan

Varietas kopi Gayo ini diduga merupakan pengemabangan kopi jenis Arabusta dari Timor Timur, sekarang Timor Leste. Komoditas yang satu ini sangat cocok dibudidayakan di ketinggian antara seribu hingga seribu enam ratus di atas permukaan laut.  Hasil persilangan alami antara kopi jenis Arabika dan Robusta tersebut yang kemudian dikembangkan menjadi kopi gayo pertama dan kedua.

 

2.Pertumbuhan Habitus

Pertumbuhan habitus varietas kopi Gayo yang pertama dan kedua cukup  tinggi dan melebar dengan perdunya yang kokoh dengan tajuk mencapai kurang lebih 2,87 meter. Untuk varietas yang pertama lebih cocok dibudidayakan di antara ketinggian 1 km hingga 1,6 km dpl. Sedangkan yang kedua lebih cocok di lingkungan yang ketinggian kurang dari seribu dua ratus meter di atas permukaan laut.

 

3.Percabangan Dan Daun Kopi

Kedua varietas kopi ini memiliki percabangan sekunder cukup aktif, namun tumbuh tidak beraturan ke segala arah. Sementara percabagan primer rata-rata mencapai panjang 6 hingga 7 cm. sementara untuk kopi Gayo 1 memiliki ciri warna daun hijau muda dengan pupusnya berwarna coklat muda, beberapa diantaranya coklat kemerahan. Sedangkan kopi Gayo 2 warna daunnya hijau tua dengan pupusnya berwarna coklat kemerahan.

 

4.Bentuk Buah Dan Bunga

Kopi Gayo 1 memiliki bentuk buah memanjang dengan ujung tumpul, saat muda berwarna hijau dan merah setelah masak Sementara kopi Gayo 2 buahnya berbentuk lonjong, agak bulat, saat muda berwarna merah muda. Sedangkan bentuk bunga kedua varietas kopi ini standar seperti umumnya kopi Arabika dengan masa pembungaan berlangsung terus menerus, hanya berhenti pada saat puncak kemarau saja

 

5.Ketahanan Dan Kualitas kopi

Kopi Gayo  varietas 1 dan 2 mempunyai ketahanan dan mampu atau lebih toleran terhadap penyakit karat daun dan hama penggerek buah. Kualitas yang dimiliki kopi Gayo termasuk flavor sugar browning dengan viskositasnya salah satu  terbaik dunia. Sehingga banyak diburu dan diminati para penggemar kopi.

 

Nah demikianlah cerita tentang Kopi Gayo yang begitu istimewa ini menjadi favorit para penikmat kopi. Cita rasanya yang khas menjadikan pilihan utama anda.. Selamat mencoba.

Ikuti tulisan menarik Bachtiar R. Pudya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu