x

sdfs

Iklan

Nanda Singgih Maulana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 Juli 2023

Selasa, 11 Juli 2023 10:21 WIB

KKN Untag 1945 Surabaya; Pelatihan Pembuatan Alat Pakan Ikan dari Bahan Bekas

Kuliah Kerja Nyata Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang bertujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diketahui dan meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa. Menerapkan IPTEKS secara team work dan interdispliner. Menanamkan nilai kepribadian, keuletan, etos kerja dan tanggung jawab,

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mojokerto – Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya sedang melakukan program kuliah kerja nyata pada 03/07/2023 dengan di bimbing oleh Bapak Novan Andrianto, S.I.Kom., M.I.Kom. sebagai dosen pembimbing dilapangan. Kegiatan ini bertemakan “ Pelatihan pembuatan alat pakan ikan dari bahan bekasdengan tujuan menambah wawasan terhadap masyarakat mengenai pemanfaatan barang bekas. Dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini, Kampus Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Tujuan dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini sebagai pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan para mahasiswa dalam rangka mengaplikasikan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diketahui dan meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa. Dengan ini penulis sebagai pelaku Kuliah Kerja Nyata ( KKN ). Penulis mengusung materi tentang bagaimana cara pembuatan alat pakan ikan dari bahan bekas dan mempunyai peranan sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangbiakan budidaya ikan dan menerapkan konsep auto fedeer sederhana.

Pakan adalah makanan/asupan yang diberikan kepada hewan ternak (peliharaan). Istilah ini diadopsi dari bahasa Jawa. Pakan merupakan sumber energi dan materi bagi pertumbuhan dan dan kehidupan makhluk hidup. Zat yang terpenting dalam pakan adalah protein. Oleh karena itu, sangat penting bagi peternak ikan untuk memastikan bahwa ikan Anda mendapatkan makanan yang mereka butuhkan, baik secara kualitas maupun kuantitas.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Budidaya ikan merupakan salah satu upaya penopang perekonomian yang akhir-akhir ini menjadi kegiatan yang digemari oleh masyarakat. Beragam aktifitas membuat pembudidaya ikan sulit untuk memberi pakan ikan. Pemberian pakan ikan ke area budidaya sulit untuk dilakukan karena aktifitas yang padat. Untuk permasalahan tersebut maka dikembangkan alat berbasis Auto Fedeer yang mana dihubungkan dengan batang besi atau paralon yang berfungsi sebagai sistem pembuka dan penutup wadah pakan ikan, sehingga pembudidaya ikan dapat mengontrol keadaan ikan  dan dapat memberi pakan ikan tanpa harus menaburkan pakan ke dalam tambak maupun sejenisnya secara manual.

Auto Fedeer yang digunakan merupakan auto fedeer sederhana yang memanfaatkan barang-barang yang tidak terpakai dan memiliki keuntungan biaya yang cukup murah bilamana digunakan oleh pembudidaya ikan atau udang.

Tujuan dari adanya program kerja ini adalah memberikan pelatihan kepada masyarakat Kelurahan Pesanggrahan Mojokerto mengenai pembuatan alat pakan ikan dari bahan bekas untuk dimanfaatkan sebagai inovasi tempat pakan ikan sehingga dapat mencegah berbagai penyakit dan pencemaran lingkungan.

 

Pada program kerja pembuatan Alat Pakan Ikan Dari Bahan Bekas memiliki manfaat terhadap pembudidaya ikan yaitu :

  • Menghemat pakan ikan
  • Mempermudah kegiatan pemberian makan ikan saat pemilik meninggalkan area budidaya
  • Memperpanjang waktu pembersihan area budidaya

Dari manfaat yang diatas, pembudidaya ikan dapat menghemat waktu dalam pemberian makan ikan untuk mengerjakan kegiatan yang lainnya.

 

#UntagSurabaya #KitaUntagSurabaya #UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoCampus #KampusKompeten

Ikuti tulisan menarik Nanda Singgih Maulana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu