x

foto ini diambil saat penyerahan sistem informasi perpustakaan berbasis web kepada SMA Islam Al-Wasatiyah

Iklan

Qorry Miftah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Juli 2023

Selasa, 11 Juli 2023 07:56 WIB

Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web oleh Mahasiswa Universitas Pamulang di SMA Islam Al-Wasatiyah

Mahasiswa Universitas Pamulang ikut membantu membangun sistem informasi perpustakaan berbasis web menggunakan PHP Bootstrap di SMA Islam Al-Wasatiyah. Para mahasiswa tersebut adalah: Fajar Hardiansyah, Hizkia Bayu Wijaya dan Qorry Miftahul Hudda.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dalam kegiatan kerja praktek kami membuat website tentang sistem informasi perpustakaan berbasis web yang akan digunakan untuk sekolah SMA Islam Al-Wasatiyah. 

Adapun beberapa fitur yang akan dibangun dalam sistem informasi perpustakaan berbasis web ini antara lain: pencarian buku berdasarkan judul, pengarang, dan kategori buku, informasi detail mengenai buku, daftar peminjaman buku, serta informasi pengembalian buku. Dengan adanya fitur-fitur tersebut, diharapkan pengguna dapat dengan mudah mengakses informasi dan melakukan peminjaman buku.

Saat ini system informasi perpustakaan yang berjalan di SMA Islam Al-Wasatiyah masih belum memiliki system penataan buku yang baik. Selain itu belum adanya pencarian buku, peminjaman buku, dan pengembalian buku masih menggunakan manual dengan pendataan penulisan tangan. Di sekolah ini juga sering kali buku yang di pinjam oleh siswa tidak dapat di peroleh walaupun buku tersebut ada di perpustakaan ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dengan adanya perkembangan teknologi ini seharusnya dapat membawa dampak positif terhadap pengelolaan perpustakaan. Tujuan utama memanfaatkan teknologi dalam pengelolaan perpustakaanan adalah meningkatkan kecepatan dan efektivitas pengelolaan, ketepatan dan konsistensi penyajian data, pengelolaan informasi lebih cepat. Pada masa kini, penggunaan website dilingkungan masyarakat sudah menjadi kebutuhan sehari-hari.

Foto sesi wawancara dan persetujuan dengan kepala sekolah SMA Islam Al-Wasatiyah

Ruang Perpustakaan SMA Islam Al-Wasatiyah

Ikuti tulisan menarik Qorry Miftah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

13 jam lalu

Terpopuler