x

Mirna Amirya, Ketua Tim PkM FEB UB, membuka acara bertajuk \x22Pelatihan Keuangan dan Kewirausaan\x22

Iklan

Hidsal Jamil

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Juli 2023

Jumat, 14 Juli 2023 19:10 WIB

Tim PKM FEB UB Dorong Minat Wirausaha Mahasiswa UNARS Situbondo

Pelatihan ini bertujuan untuk memperkuat minat wirausaha, dengan penekanan pada pengetahuan dan keterampilan praktis.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Malang (13/7) - Tantangan menghadang mahasiswa Indonesia yang bersemangat mengejar mimpi wirausaha. Walaupun program pendidikan yang menekankan pentingnya kewirausahaan semakin meluas, namun ada beberapa hambatan yang menghalangi mahasiswa untuk mewujudkan impian mereka sebagai pengusaha.

Kekurangan pengetahuan dan keterampilan praktis menjadi salah satu permasalahan utama. Mahasiswa seringkali belum siap dalam aspek-aspek seperti manajemen keuangan, pemasaran, dan strategi bisnis yang efektif. Ditambah lagi, akses terbatas terhadap modal dan mentorship juga menjadi kendala dalam mewujudkan minat wirausaha mereka. Banyak di antara mereka yang kesulitan mendapatkan modal awal yang cukup dan mencari mentor atau pendamping yang dapat memberikan panduan berharga dalam perjalanan mereka sebagai wirausaha.

Dalam upaya untuk memperkuat minat dan kesiapan wirausaha mahasiswa, Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (PkM FEB UB) bekerja sama dengan Universitas Abdurachman Saleh Situbondo (UNARS) menyelenggarakan pelatihan keuangan dan kewirausahaan UMKM. Pelatihan ini dilaksanakan melalui Zoom Meeting pada Sabtu, 6 Mei 2023, dan sukses dihadiri oleh 159 peserta mahasiswa UNARS Situbondo.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Dalam pelatihan ini, kami berupaya memberikan pemahaman yang komprehensif kepada mahasiswa mengenai kewirausahaan UMKM," ungkap Mirna Amirya, SE., MSA., Ph.D., Ak., CA., AAP, ketua Tim PkM FEB UB. "Kami ingin memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan praktis yang dibutuhkan oleh mahasiswa dalam menjalankan usaha mereka. Dengan pelatihan ini, kami berharap mereka dapat menjadi pengusaha yang sukses dan berdaya saing di dunia bisnis."

Dalam pelatihan ini, para dosen dan praktisi berbagi pengetahuan mereka dalam bidang keuangan dan kewirausahaan UMKM. Materi disajikan dengan cara yang mudah dipahami oleh mahasiswa, sehingga mereka dapat memadukan pengetahuan tersebut dalam mengembangkan usaha mereka. M. Abdi Dzil Ikhram W. SE., MM., CHRNLP membahas Business Model Canvas, Andry Yunanto SE., MSA membahas tips sukses memasarkan produk, membangun kelembagaan yang baik, dan legalitas bisnis, sementara Dr. Randika Fandiyanto. SE., MM membahas Financial Technology UMKM.

Diharapkan melalui pelatihan ini, mahasiswa UNARS Situbondo dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam berwirausaha serta memperoleh sumberdaya yang diperlukan untuk mengembangkan usaha UMKM mereka dengan sukses. Tim PkM FEB UB dan UNARS berkomitmen untuk terus mendukung mahasiswa dalam meraih kesuksesan sebagai wirausaha yang berdaya saing.

Ikuti tulisan menarik Hidsal Jamil lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler