x

Menteri Perekraf hadiri Grebeg Suro 2023 di Ponorogo

Iklan

dedisetiawan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 Juli 2023

Senin, 17 Juli 2023 14:10 WIB

Menteri Sandiaga Uno Mendorong agar Reog Ponorogo Masuk dalam Warisan Budaya Unesco

Menteri Sandiaga Uno optimistis bahwa pengakuan Unesco terhadap Reog Ponorogo akan memberikan dampak positif yang besar.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ponorogo - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, tiba di acara Grebeg Suro 2023 yang digelar Sabtu (15/7/23) malam. Dalam kunjungannya, Menteri Sandiaga berkomitmen untuk mendukung perjuangan Reog Ponorogo agar dapat masuk dalam daftar Intangible Cultural Heritage (ICH) UNESCO pada tahun 2024 mendatang.

Kepada wartawan, Menteri Sandiaga Uno berbicara tentang dampak positif yang dihasilkan oleh seni tradisional Reog Ponorogo. Ia menyatakan, "Kalau kita lihat Reog ini banyak sekali dampaknya dari lapangan kerja dari perias, penari, musik, sampai MC. Kostum, kaki lima, UMKM, souvenir semua terbuka. Dan tadi permintaan langsung" terangnya

Selain itu, Mas Menteri ini juga menyinggung upaya untuk mengikutsertakan Reog Ponorogo dalam daftar Representatif Warisan Budaya Takbenda Manusia (UCCN) Unesco. Ia menjelaskan, "UCCN kita susul. UCCN nilai sangat tinggi ada perlu dorongan tahun depan. Sehingga berturut-turut ICH masuk, UCCN masuk."

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menteri Sandiaga Uno optimistis bahwa pengakuan Unesco terhadap Reog Ponorogo akan memberikan dampak positif yang besar.

Ia menambahkan, "Kalau ini menjadi jejaring dunia, akan otomatis menjadi event kalender khusus tidak hanya di Indonesia saja dan tiba-tiba semua produk, baju, sampai ke sabuk, jadi barang-barang internasional menjadi kekuatan folk and art, seni kebudayaan jejaring kreativitas kota dan kabupaten sendiri." Ungkapnya

Menteri Sandiaga Uno juga menyatakan bahwa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan memberikan dukungan penuh dalam mengembangkan potensi ekonomi dan pelestarian budaya melalui pendampingan yang intensif.

"Kami akan perkuat dengan pendampingan Kemenparekraf, UCCN bisa dihadirkan melengkapi ICH yang sudah dilisting" ungkap Menteri Sandiaga.

Dengan komitmen Menteri Sandiaga Uno, diharapkan Reog Ponorogo dapat meraih pengakuan sebagai Intangible Cultural Heritage (ICH) Unesco pada 2024.

Selain itu, upaya pengembangan ekonomi dan pelestarian warisan budaya di Ponorogo akan terus ditingkatkan melalui dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
 
 

Ikuti tulisan menarik dedisetiawan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu