x

Iklan

Bambang Udoyono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Maret 2022

Senin, 17 Juli 2023 19:14 WIB

Kegiatan Literasi Muhammad Saufi Ginting Memenangi SATU Indonesia Awards

Muhammad Saufi Ginting adalah sosok inspiratif yang mengembangkan pendidikan literasi di masyarakat Sumatra Utara. Bagaimana kiprahnya? Ikuti terus.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Oleh: Bambang Udoyono

Indonesia masih membutuhkan banyak orang yang memiliki kegiatan yang berdampak positif untuk masyarakat.  Salah satu bidang yang masih membutuhkan pengembangan adalah literasi karena skor Indonesia masih sangat rendah dibandingkan negara negara lain.  Salah satu orang yang memiliki kegiatan positif dalam bidang literasi adalah Muhammad Saufi Ginting.

Apa saja kiprahnya untuk masyarakat?  Untuk mengenal lebih jauh kegiatannya saya sudah mewawancarai Muhammad Saufi Ginting.  Saya mengontaknya melalui aplikasi Whattsapp dan mengajukan pertanyaan pertanyaan berikut.  BU adalah inisial nama saya, sedangkan MSG adalah insial nama Muhammad Saufi Ginting.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

BU    : Apakah profesi mas Saufi ?

MSG  : Pengelola di percetakan buku Azka Gemilang.

 

Bu     : Apa kegiatan kemasyarakatan mas Saufi yang berjalan baik saat ini?

MSG : Alhamdulilah masih.

 

Bu     : Apa keunikan kegiatan mas Saufi sehingga bisa memenangi SATU Indonesia Awards?

MSG  : Bergelut di bidang pendidikan tidak formal, melalui taman baca, kelas menulis, pelatihan kewirausahaan, dan pendampingan penulisan buku. Semua terangkum dalam satu wadah Azka Gemilang.

 

BU    : Di mana saja kegiatan tersebut berlangsung?

MSG  : Menginisiasi berdirinya TBM di Kabupaten Asahan Sumut (Siumbut-umbut, Air Batu, Kisaran, Silau Laut, Meranti, Sijabut, TBM di Medan, TBM di Belitung Barat). Kegiatan utama berada di Kecamatan Kisaran Timur Kelurahan Siumbut-Umbut.

 

BU    : Apa saja kendala yang dihadapi?

MSG  : Alhamdulillah, sepanjang pelaksanaan belum tampak kendala yang berarti, terkait buku ada banyak bantuan, baik secara individu, maupun dari instansi, baik yang baru ataupun yang bekas, terkait relawan, banyak yang datang untuk menawarkan diri menjadi relawan. Paling manajemen waktu saja dalam pengelolaan, karena sifatnya non biaya, otomatis yang perlu didahulukan adalah pemenuhan hajat hidup atau literasi finansial keluarga terlebih dahulu.

 

BU    : Apakah mas Saufi mengharapkan dukungan dari pemerintah dan masyarakat?

MSG  : Awal berdiri tanpa dukungan, hanya istri tercinta Halimah yang menjadi pendukung utama, ditemani anak-anak, serta isi dari dompet pribadi. Alhamdulillah, Dukungan sekarang ini sangat banyak, baik dari instansi negara, swasta, masyarakat, hingga terkecil kepala lingkungan pun menjadi pendukung kegiatan.

 

BU    : Apa dukungan yang mas Saufi harapkan?

Doa yang tulus ikhlas agar diri ini jauh dari siksa kubur.

 

BU    : Apakah rencana mas Saufi ke depan untuk mengembangkan kegiatan ini?

MSG  : Melaksanakan program kerja yang sudah dirintis, digagas, dan dikembangkan seoptimalnya, sedaya upaya. Hingga anak cucu terinspirasi dan mampu bergerak pula dalam dunia relawan. Tanpa berharap kembalian.

 

BU    : Berapa orang tim inti yang membantu mas Saufi?

MSG  : Pengelola Utama, saya, istri, dan anak-anak, ditambah relawan, sahabat-sahabat kecil,  jadi sepuluh, kadang lebih. Tergantung situasi dan waktu relawan.

 

BU    : Mengapa Mas Saufi tertarik ikut SATU Indonesia Awards?

MSG  : Sejak 2019, di kontak panitia dari Tempo, untuk ikut. Rezekinya di 2021.

 

Demikianlah kegiatan Muhammad Saufi Ginting. Dia mengelola kegiatan taman bacaan, mengadakan pelatihan menulis dan melakukan pendampingan penulisan dan penerbitan buku.  Karena jasanya dia memenangi penghargaan SATU Indonesia Awards pada tahun 2021.  Kalau kalian punya kegiatan positif segera daftarkan ke  https://www.satu-indonesia.com/satu/satuindonesiaawards/

 

Ikuti tulisan menarik Bambang Udoyono lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu