x

Iklan

Ones Balqis

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Juli 2023

Senin, 24 Juli 2023 18:42 WIB

Penampilan Menjadi Tolak Ukur dalam Mencari Pekerjaan di Era Sekarang

Penampilan merupakan salah satu hal terpenting dalam memikat ketertarikan seseorang pada diri kita sendiri, salah satunya ketertarikan perusahaan dalam mencari karyawan barunya untuk tetap mengharumkan nama baik perusahaannya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ada beberapa hal yang menjadi tolok ukur dalam mencari pekerjaan, mulai dari tingkat pendidikan, kemampuan atau keahlian yang dimiliki, pengalaman kerja, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, hingga mulai dari penampilan pencari pekerjaan itu sendiri serta masih banyak lagi yang sesuai dengan jenis posisi yang dibutuhkan suatu perusahaan untuk menerima para pencari kerja. Tidak bisa dipungkiri lagi di era sekarang ini banyak perusahaan atau lowongan pekerjaan yang mengutamakan penampilan menjadi tolok ukur bahwa menjadi salah satu hal terpenting dalam suatu pekerjaan.

Tidak terdengar asing lagi jika kita mendengar kalimat “Berpenampilan Menarik” dalam suatu lowongan pekerjaan. Bukan hanya pendidikan yang tinggi saja yang dibutuhkan dalam suatu pekerjaan, tetapi penampilan yang menarik pun menjadi hal yang bisa dikatakan penting dalam suatu pekerjaan.

Salah satunya yaitu pekerjaan menjadi seorang Salesman atau Sales Promotion Girl (SPG), pekerjaan ini tentu saja diharuskan untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik serta yang terpenting yaitu memiliki penampilan yang menarik dan rapih. Karena untuk menarik seorang pelanggan atau konsumen yang dibutuhkan bukan saja dari tingkat pendidikan seorang Salesman atau SPG tersebut. Melainkan dari cara bernegosiasi dan dilihat dari segi penampilannya yang membuat seorang konsumen tersebut nyaman berada di sampingnya dan tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan kepada konsumen tersebut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Untuk memiliki penampilan yang menarik itu di era sekarang sangat di minati oleh orang-orang, mulai dari kalangan muda hingga kalangan yang tua baik itu wanita maupun pria. Karena kita menyadari bahwa penampilan menarik di era sekarang yang sudah terkenal amat modern ini penampilan menjadi hal yang harus di jaga oleh semua kalangan, terlebih lagi saat kita mencari pekerjaan yang bisa di katakan cukup layak untuk di tempati.

Dalam suatu pekerjaan sebenarnya seorang pekerja itu tidak diharuskan memiliki penampilan yang menarik saja. Melainkan yang terpenting seorang pekerja tersebut harus bisa menguasai pekerjaan dalam bidangnya masing-masing dan harus bisa memberikan hasil yang terbaik untuk perusahaan tempatnya bekerja, bukan hanya itu saja seorang pekerja itu seharusnya mampu melakukan tugas-tugas pekerjaannya yang sudah seharusnya menjadi tanggung jawab seorang pekerja tersebut. Percuma saja memiliki penampilan yang bisa di katakan sempurna atau menarik tetapi tidak bisa melakukan kewajibannya sebagai seorang pekerja dengan baik terlebih lagi jika seorang pekerja tersebut diterima karena ada kerabat dalam bidang pekerjaannya.

Penampilan yang menarik sebenarnya hanya sebagai pemanis atau pelengkap seorang pekerja dalam pekerjaannya. Tetapi lain halnya dengan di era sekarang ini justru penampilan merupakan faktor yang utama dilihat dalam suatu pekerjaan, bukan hanya dalam suatu pekerjaan tetapi dalam lingkungan di sekitar pun penampilan menjadi sasaran terpenting yang harus di utamakan.

Penilaian tolak ukur penerimaan para pencari kerja tentu saja memiliki kriteria yang baik dan berkualitas. Salah satu faktornya masih banyak para pencari kerja di Indonesia ini yang belum berkesempatan untuk bekerja, banyak perusahaan atau tempat-tempat pekerjaan yang menjadikan penampilan yang menarik menjadi syarat untuk diterima dalam suatu pekerjaan, sedangkan di Indonesia ini tidak semua orang memiliki kriteria seperti itu. Seharusnya dalam dunia kerja tidak harus mengutamakan penampilan yang menarik menjadi syarat kriteria suatu perusahaan. Melainkan harus mengutamakan kualitas dari calon pekerja yang baik untuk membuat suatu perusahaan berkembang dengan baik dari hasil atau pencapaian calon pekerja itu sendiri.

Ikuti tulisan menarik Ones Balqis lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu