x

Iklan

Pantan Cigowong

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Juli 2023

Kamis, 27 Juli 2023 10:10 WIB

Bagaimana Cara Mendapatkan Foto Lenskap yang Menakjubkan?

Di sisi baiknya, genre ini memberi fotografer kemampuan untuk menjelajahi tempat-tempat baru, menemukan tempat-tempat yang tidak akan pernah mereka temukan tanpa tujuan pemotretan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di sisi baiknya, genre ini memberi fotografer kemampuan untuk menjelajahi tempat-tempat baru, menemukan tempat-tempat yang tidak akan pernah mereka temukan tanpa tujuan pemotretan.

Dan memungkinkan kita semua keluar dari zona nyaman kita dan dapat merasakan apa yang alam miliki. Sementara fotografi Landscape adalah salah satu genre pertama yang digunakan oleh fotografer pemula atau amatir, ini sebenarnya adalah salah satu yang paling sulit untuk dikuasai. 

Dengan begitu banyak tantangan teknis dan kreatif yang harus diatasi, termasuk pemilihan waktu yang tepat dengan pencahayaan dan cuaca, tidak heran jika hanya sedikit yang menjadi fotografer Landscape profesional. Namun demikian, jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih memukau dengan cepat, ikuti cara di bawah ini untuk fotografi Landscape yang lebih baik.

Apa Itu Foto Lenskap?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Fotografi lenskap (landscape) adalah fotografi yang objek utamanya adalah alam. Bagi setiap fotografer, berfoto dengan tema pemandangan alam akan memberikan kepuasan tersendiri. Meski objek yang tersedia banyak dan tidak terbatas, Anda tetap bisa memberikan kesan kesejukan. Tidak sedikit tempat yang memberikan kesan unik untuk ditampilkan. 

Maka tak heran jika banyak fotografer yang rela berburu objek-objek unik dari alam sekitar. Pada dasarnya memotret pemandangan alam itu mudah. Seseorang hanya perlu menyiapkan kamera dan kemudian mencari pemandangan alam yang bagus. Setelah itu baru diabadikan dalam bentuk foto.

Cara Mendapatkan Foto Lenskap yang Menakjubkan

Berikut 5 cara mendapatkan foto lenskap menakjubkan yang perlu Anda ketahui:

Stabilkan Kamera Dengan Tripod

Hal pertama yang harus diperhatikan oleh calon fotografer Landscape adalah bahwa bahkan di hari yang cerah, Anda tetap ingin membawa tripod. Semakin besar dan kokoh tripodnya, semakin baik. Penyebabnya adalah kemungkinan Anda memerlukan kecepatan rana yang sedikit lebih lama. Ini mungkin terjadi jika Anda menurunkan angka aperture atau menggunakan filter yang berat.

Anda mungkin tidak ingin membawa barang yang besar dan berat, jadi tripod yang sempurna untuk bepergian lebih baik daripada tidak sama sekali. Kelemahan dari tripod ini adalah seringkali sedikit tipis dan ringan. Namun, membawa beban yang lebih ringan akan sangat menguntungkan perjalanan Anda di alam luar, meski cuaca sedang tidak bersahabat.

Turunkan Isonya

Lebih banyak ISO berarti lebih banyak noise. Angka standar ini berguna untuk menjaga ISO pada standar yang buruk. Untuk sebagian besar kamera, gunakan ISO sekitar 50 atau 100. Cara terbaik untuk melakukannya adalah menggunakan eksposur yang lebih lama untuk mengkompensasi kekurangan sensitivitas cahaya.

Anda mungkin tergoda untuk menggunakan bukaan lebar agar lebih banyak cahaya masuk, tetapi itu akan memengaruhi kedalaman bidang, dan cukup sering dalam fotografi Landscape, fotografer mencoba mempertahankan detail sebanyak mungkin dalam Landscape agar ISO tetap rendah dan tidak mempengaruhi pengaturan lainnya.

Kuasai Kedalaman Bidang

Kedalaman bidang ini merujuk pada irisan fokus yang terlihat dalam gambar tertentu. Bukaan yang lebih lebar seperti f/2.8 akan memberikan lebih sedikit fokus daripada bukaan yang lebih sempit, katakanlah, f/16. Bukaan yang Anda hentikan bergantung sepenuhnya pada fokus yang diinginkan. Sebagian besar bidikan Landscape memperlihatkan seluruh Landscape dalam fokus dari depan ke belakang, dan oleh karena itu, Anda mungkin ingin menggunakan aperture yang lebih sempit untuk mencapainya.

Namun demikian, ada situasi tertentu di mana Anda menginginkan pengaburan latar depan atau latar belakang untuk menarik perhatian pemirsa ke sesuatu yang spesifik dalam bidikan. Dalam hal ini, disarankan untuk menggunakan aperture yang lebih lebar. Anda harus menyesuaikan kecepatan rana yang sesuai untuk mempertahankan eksposur yang baik.

Fokus Presisi

Sama seperti apertur yang memengaruhi irisan fokus atau kedalaman bidang, begitu pula titik fokus. Apakah Anda ingin bunga di latar depan menjadi fokus utama foto, ataukah Anda ingin latar depannya tampak buram dengan pegunungan yang tajam di kejauhan? Itu semua tergantung pada panjang fokus lensa dan bukaan yang dipilih, Anda harus mengakomodasi subjek dan lingkungan sekitar dengan menempatkan titik fokus di tempat tertentu.

Jika Anda mencoba memaksimalkan fokus untuk mempertajam seluruh Landscape, Anda mungkin harus mempertimbangkan untuk menggunakan jarak hyperfocal. Ada cara yang panjang dan membosankan untuk menghitung ini, tetapi untuk yang kurang teknis, Anda dapat mengandalkan aturan praktis lama, yaitu memfokuskan sekitar sepertiga jalan ke dalam bingkai. Itu akan meningkatkan kemungkinan menjaga latar depan dan latar belakang tetap tajam pada saat yang bersamaan.

Tumpukan Fokus Untuk Bidikan Lebih Tajam

Dalam kaitannya dengan hal ini, aperture yang sempit dan jarak hyperfocal tidak memberikan efek yang optimal dalam mempertahankan ketajaman fokus yang diinginkan. Nah, beberapa kamera memiliki kemampuan menumpuk fokus bawaan. Pengguna memiliki kesempatan untuk mengambil serangkaian foto dengan jarak fokus yang dapat diatur secara berurutan. Sebagai contoh, serangkaian gambar dapat diambil dari Landscape yang sama, di mana fokusnya berpindah dari latar depan ke latar belakang dalam setiap bidikan yang diambil.

Jumlah pergeseran fokus di antara bidikan tersebut ditentukan di dalam kamera yang akan memberikan tingkat penyesuaian yang berbeda. Anda juga dapat melakukannya secara manual, tetapi karena memerlukan aliran waktu yang tetap dan dapat memakan waktu cukup lama, Landscape dengan kondisi yang berubah seringkali tidak dilakukan dengan tangan. 

Demikian ulasan tentang Bagaimana Cara Mendapatkan Foto Landscape yang Menakjubkan? Seperti yang dilansir slot, semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Pantan Cigowong lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Taman Pecinta

Oleh: Wahyu Kurniawan

Senin, 29 April 2024 12:26 WIB

Terkini

Terpopuler

Taman Pecinta

Oleh: Wahyu Kurniawan

Senin, 29 April 2024 12:26 WIB