x

Iklan

Soni Subekti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Juli 2023

Sabtu, 29 Juli 2023 10:24 WIB

Pentingnya Edukasi Hukum bagi Masyarakat


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pentingnya saat ini edukasi hukum diberikan kepada masyarakat karna banyak sekali masyarakat yang masih buta akan hukum di indonesia dan penting nya juga edukasi agar membuat masyarakat menjadi paham akan itu hukum mungkin setelah di berikajnn nya edukasi hukum ini masyarakat akan menjadi lebih paham akan apa itu hukum dan bagai mana saja cara kinerja hukum karna bahwasaan nya setiap warga setidak nya mengetahui hukum yang ada di negaranya tau bahwasaan nya hukum memmpunyai sifat melindungi secara menyeluruh jika edukasi ini tidak di berikan kepada masyarakat mungkin masyarakan tidak akan tau sampai kapan pun , apalagi kalo masyarakat tidak peduli dengan adanya hukum bisa saja masyarakat akan menjalani hidup tanpa aturan atau menjalani kehidupan dengan bebas tanpa mengetahui batasan sebagainmana yang di jelaskan. 
Mungkin masyarakat juga akan semena mena jika tidak mengetahui apa hukum dan bagai mana kinerja hukum itu sendiri pasti akan terjadi banyak kerusuhan pembunuhan dimana mana . Dan efek dari masyarakat mengetahui hukum lewat edukasi ini , masyarakat jadi tahu jika mererka melakukan seseuatu hal yang salah makan mereka akan mendapatkan apa dan akan di bagaimanakan dan mungkin masyarakat akan lebih takut dengan adanya hukum yang mengatur dan mempunyai sifat untuk menakut nakuti serta memaksa maka itu penting nya edukasi hukum terhadap masyarakat apalagi kepada barisan kaum muda yang akan meneruskan arah bangsa ini kemana agar tidak hancur dan rusak akibat ketidak taun tentang hukum yang bagai mana semua sudah di atur di dalam nya.
Adapun sejaraha hukum yang sedikit kalian bisa ketahui yaitu  Pengertian Sejarah Hukum
Ilmu sejarah dan ilmu hukum merupakan 2 (dua) entitas yang tidak dapat dipisahkan karena pada dasarnya hukum merupakan produk sejarah yang terus menerus berkembang sesuai dengan peradaban manusia. Dengan demikian, mempelajari ilmu hukum berarti juga mempelajari sejarah itu sendiri. Sebab, produk hukum di setiap fase sejarah akan menjadi cermin perkembangan dan pertumbuhan hukum di era terbaru. Sejarah hukum di masa lalu memiliki pengaruh besar terhadap dinamika hukum di masa kini. Maka, dengan mengetahui sejarah hukum di masa lalu adalah keniscayaan untuk dapat memahami perkembangan sejarah hukum di sebuah bangsa.
Secara harafiah, sejarah berasal dari berbagai bahasa yang memiliki kesamaan arti dan makna antara lain Bahasa Inggris “history”, Bahasa Yunani “historiai”, Bahasa Spanyol “historia”, Bahasa Belanda “historie” yang artinya adalah hasil penelitian

Soedjatmoko menilai bahwa sejarah memiliki arti yang sangat penting untuk melatih warga negara yang baik dan mengembangkan cinta dan kesetiaan untuk negara. Sejarah sebagai sesuatu yang harus dipelajari untuk negara muda seperti Indonesia untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pembangunan bangsa

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ikuti tulisan menarik Soni Subekti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB