x

Iklan

Rutan Demak

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 September 2022

Rabu, 2 Agustus 2023 12:39 WIB

Etika Batuk Jadi Kunci Kesehatan, Narapidana Rutan Demak Terima Edukasi dari Perawat

Di tengah upaya meningkatkan kesadaran kesehatan di lingkungan pemasyarakatan, Perawat Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Demak Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, memberikan sosialisasi tentang etika batuk kepada warga binaan pemasyarakatan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Demak, 1 Agustus 2023, Di tengah upaya meningkatkan kesadaran kesehatan di lingkungan pemasyarakatan, Perawat Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Demak Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, memberikan sosialisasi tentang etika batuk kepada warga binaan pemasyarakatan. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengedukasi para WBP tentang pentingnya menjaga kesehatan pernapasan dan mengurangi potensi penyebaran penyakit menular, terutama dalam situasi padat seperti di dalam blok hunian.

Etika batuk merupakan tata cara batuk yang baik dan benar dengan cara menutup hidung dan mulut dengan tisu atau lengan baju. Hal ini berguna untuk mencegah penyebaran bakteri atau virus ke udara sehingga tidak menularkannya kepada orang lain.

Kegiatan ini terlaksana di Aula Rutan dan diikuti perwakilan warga binaan. Dengan penuh semangat, perawat Rutan Demak memberikan informasi tentang cara yang benar dalam melakukan batuk dan menghindari penyebaran kuman atau virus.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kepala Rutan Demak Riski Burhannudin menyampaikan bahwa, Sosialisasi tentang etika batuk ini merupakan langkah pencegahan yang dilakukan Rutan Demak untuk menghadapi penyakit menular disituasi blok hunian yang mengalami over kapasitas. Selain itu, Karutan juga menyampaikan tentang pentingnya menjaga kesehatan disaat cuaca ekstrem saat ini

"Sosialisasi ini kami lakukan karena kami menyadari pentingnya kesehatan di lingkungan yang padat seperti blok hunian. Warga binaan pemasyarakatan adalah kelompok yang rentan terhadap penyebaran penyakit menular jika tidak ada tindakan preventif yang tepat." Ungkap Riski Burhannudin.

“Mengingat kondisi cuaca saat ini ekstrem, siang suhu panas, malam terasa dingin, langkah-langkah preventif untuk menjaga kesehatan warga binaan harus gencar dilakukan. Melalui sosialisasi etika batuk ini diharapkan dapat mencegah penyebaran penyakit menular diantara WBP”, tambahnya.

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran kesehatan dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat di Rutan Demak. Pihak Rutan berkomitmen untuk terus melaksanakan kegiatan edukatif semacam ini secara rutin demi kesehatan dan kesejahteraan para WBP.

Ikuti tulisan menarik Rutan Demak lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu