x

Iklan

Thania S

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Agustus 2023

Minggu, 6 Agustus 2023 14:19 WIB

Khairuddin Lubis, Guru Inspiratif Berprestasi 2023

Khairuddin Lubis meraih juara 2 (Kedua) Guru Berprestasi Tingkat Provinsi yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara tahun 2023.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

MEDAN“Jangan takut mencoba, jangan berhenti bertumbuh, apapun hasilnya pasti ada pelajarannya”. Kalimat itulah yang memberikan kekuatan dan motivasi kepada Bapak Khairuddin Lubis salah seorang tenaga pendidik di SMA Negeri 7 Medan. Bapak Khairuddin Lubis merupakan salah satu di antara guru-guru Berprestasi tingkat SMA di Provinsi Sumatera Utara, yang alhamdulilah pada Tahun 2023 ini beliau meraih juara 2 (Kedua) Guru Berprestasi Tingkat Provinsi yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara.

Proses penyeleksian kandidat yang akan mengikuti Lomba Guru Berprestasi ini cukup rumit dikarenakan kegiatan ini harus melewati beberapa seleksi dari Cabang Dinas Wilayah masing-masing, hingga puncaknya ialah tingkat Provinsi. Dalam hal persiapaan mengikuti kejuaraan Guru Berprestasi ini, Bapak Khairuddin banyak mendapat dukungan dari pihak Sekolah, rekan sejawat, hingga keluarga tercinta. Dukungan pun mengalir bak air terjun yang deras, menghempaskan butiran-butiran semangat dan do’a, hal ini demi meraih hasil yang diinginkan.

Berdasarkan wawancara bersama tim Indonesiana, beliau menceritakan sekelumit kisah, Bagaimana Pak Khairuddin memulai seleksinya, “Berawal dari membuat dokumentasi praktik baik pembelajaran berdiferensiasi, membuat portofolio dan dukungan dari Kepala Sekolah untuk mengikuti seleksi di tingkat Cabang Dinas Wilayah 1 dalam ajang lomba Guru Berprestasi ini. Pada awalnya saya kurang percaya diri, hal ini dikarenakan terdapat banyak guru inspiratif di Kota Medan yang hebat-hebat. Namun dengan keyakinan dan usaha untuk bertumbuh, saya membulatkan tekad untuk mengikutinya.”

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kegiatan lomba Guru Berprestasi tingkat Provinsi ini deselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Di dalam kegiatan tersebut guru-guru yang merupakan perwakilan dari setiap Cabang Dinas Wilayahnya diwajibkan mengumpulkan Portofolio, naskah praktik baik, dan dokumentasinya, kemudian mengikuti beberapa seleksi berkas. Terdapat juga ujian tulis psikotes dan presentase serta wawancara. Dalam Kegiatan lomba Guru Berprestasi Tahun 2023 ini, peserta yang berpartisipasi berasal dari berbagai daerah di SUMUT di antaranya Stabat, Padang Sidempuan, Kisaran, Nias dan lain-lain.

“Di Tingkat Provinsi banyak sekali pelajaran yang saya petik. Hal ini dapat saya resapi sebagai pengalaman dan motivasi agar lebih mengembangkan diri, Kita sebagai guru tidak boleh stuck, harus ada inovasi dan kreasi. Jika kita santai maka, kita akan tertinggal dari prestasi Guru-Guru yang Lain.” ujar beliau. (TS)

Ikuti tulisan menarik Thania S lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB