Perpanjang Fasilitas Perjalanan Anda dengan Visa Kunjungan Kembali Penduduk Australia

Selasa, 15 Agustus 2023 19:03 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pemegang visa penduduk tetap dapat tinggal di Australia tanpa batas waktu, tetapi fasilitas perjalanan akan berakhir setelah lima tahun. Oleh karena itu, jika Anda berencana bepergian ke luar negeri setelah periode ini, Anda harus mengajukan permohonan visa kepulangan penduduk Australia untuk memastikan Anda memiliki hak untuk masuk kembali ke Australia.

Resident Return Visa (subkelas 155 dan 157) diberikan kepada penduduk tetap Australia yang fasilitas perjalanan Visa Permanennya telah habis masa berlakunya. Pemegang visa penduduk tetap dapat tinggal di Australia tanpa batas waktu, tetapi fasilitas perjalanan akan berakhir setelah lima tahun. Oleh karena itu, jika Anda berencana bepergian ke luar negeri setelah periode ini, Anda harus mengajukan permohonan visa kembali penduduk Australia untuk memastikan Anda memiliki hak untuk masuk kembali ke Australia.

Pemegang visa penduduk tetap yang terpaksa tinggal di luar Australia untuk jangka waktu yang lama juga dapat diberikan Resident Return Visa. Mengajukan permohonan visa kepulangan penduduk memberi Anda kesempatan untuk kembali ke Australia dan mempertahankan status kependudukan permanen Anda, serta bepergian tanpa batasan selama 5 tahun.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Berapa Biaya untuk Visa Penduduk Kembali 155 Australia?

Biaya pengajuan visa penduduk kembali adalah AUD465.00 untuk setiap pemohon jika Anda mengajukan permohonan secara online, AUD545 untuk setiap pemohon jika Pemerintah Australia mengizinkan Anda mengajukan permohonan secara tertulis.

Jika Anda dibebaskan dari pembayaran biaya aplikasi non-internet, pembayaran akan secara otomatis diproses dan pembayaran dikembalikan kepada Anda. Anda mungkin juga harus membayar biaya lain termasuk pemeriksaan kesehatan, surat keterangan polisi, dan biometrik. Pemerintah Australia akan memberi tahu Anda jika hal ini diperlukan.

Untuk mengetahui berapa biaya visa Anda, Anda dapat menggunakan Estimator Harga Visa. Harap diperhatikan, estimator ini tidak memperhitungkan biaya-biaya lainnya.

Kelayakan Visa Pengembalian Penduduk 155

Mengacu pada Departemen Dalam Negeri, kelayakan untuk mendapatkan visa penduduk kembali 155 tergantung pada keadaan individu. Kriteria yang paling penting adalah status visa Australia Anda. Berikut ini beberapa persyaratan jika Anda ingin mengajukan Resident Return Visa:

  • Anda harus sudah berada di Australia selama 2 tahun dalam 5 tahun terakhir sebagai pemegang visa permanen (atau izin masuk permanen),
  • Memiliki hubungan yang substansial dan hubungan Anda dapat berupa hubungan bisnis, hubungan budaya, hubungan pekerjaan, hubungan pribadi (termasuk hubungan keluarga).
  • Anda adalah anggota keluarga dari seseorang yang telah memiliki RRV atau telah mengajukan permohonan RRV.
    Tidak ada persyaratan usia untuk pemohon RRV

Jika Anda berada di luar Australia:

  • Tidak pernah absen selama 5 tahun berturut-turut atau lebih sebelum tanggal pengajuan
  • Anda harus memiliki visa permanen atau terakhir kali meninggalkan Australia sebagai penduduk tetap atau warga negara

Bagaimana masa tinggal Anda dihitung?

Masa tinggal Anda dihitung seperti ini:

  • Periode 2 tahun dihitung sebagai 730 hari
  • Periode 5 tahun dihitung kembali dari tanggal pengajuan aplikasi RRV
  • Tanggal kedatangan dan keberangkatan juga termasuk dalam hitungan hari. Jika Anda tiba dan pergi pada hari yang sama, itu dihitung sebagai satu hari

Bagaimana Cara Mengajukan Permohonan Visa Penduduk Kembali Australia?

Anda dapat mengajukan permohonan visa di dalam atau di luar Australia, tetapi tidak di tempat pemeriksaan imigrasi. Jika Anda diizinkan untuk mengajukan permohonan menggunakan formulir kertas, Anda harus mengikuti petunjuk yang diberikan. Jika tidak, permohonan Anda dapat dibatalkan. Jika permohonan Anda tidak valid, permohonan Anda tidak akan dipertimbangkan. Anda tidak dapat menyertakan anggota keluarga Anda dalam aplikasi visa ini.

Jika Anda telah mengajukan permohonan visa tinggal kembali 155 namun belum mendapatkannya dan Anda harus segera melakukan perjalanan, silakan hubungi Departemen Dalam Negeri.

Berapa Lama Waktu Pemrosesan untuk Mendapatkan Visa Pengembalian Penduduk?

Waktu pemrosesan untuk Resident Return Visa Subclass 155 adalah antara 1 - 14 hari. Harap diperhatikan bahwa waktu pemrosesan dapat bervariasi tergantung pada backlog visa di Departemen Dalam Negeri. Sementara itu, untuk subkelas 157, berdasarkan situs web Departemen Dalam Negeri, waktu pemrosesan untuk subkelas ini tidak tersedia.

Aplikasi Anda tidak akan diproses jika Anda tidak membayar biaya aplikasi yang benar. Jika perlu, Anda akan diberitahu dan biaya akan dikembalikan.

Apa manfaat dari visa ini?

Pemegang visa penduduk kembali 155 dapat melakukan perjalanan bebas dari dan ke Australia hingga lima tahun tambahan. Anda tetap menjadi penduduk tetap dengan hak yang sama seperti sebelumnya, cukup perbarui otorisasi perjalanan Anda. Setelah fasilitasi perjalanan visa penduduk kembali berakhir, Anda dapat mengajukan permohonan visa penduduk kembali yang baru. Tidak ada batasan berapa kali Anda dapat mengajukan permohonan visa tinggal kembali berturut-turut.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Nicholea Billy

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler