x

Iklan

Dwi Endah Wulandari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 September 2023

Kamis, 2 Mei 2024 11:32 WIB

Mahasiswa Universitas Negeri Malang Hadirkan Tisu dari Pelepah Pisang dan Alga Hijau

Mahasiswa UM mencetuskan ide untuk membuat tisu berbahan dasar fusi limbah pelepah pisang dan alga hijau yang diberi nama Greats. 

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang dibimbing oleh Bapak Indra Kurniawan Saputra S.Si., M.Si., Lima mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yang diketuai oleh Dwi Endah Wulandari dan beranggotakan Devinda Anggita Putri Sejati, Adi Cahyono, Nisha Alia Ramadhani, dan Andina Setia Wijaya mencetuskan ide untuk membuat tisu berbahan dasar fusi limbah pelepah pisang dan alga hijau yang diberi nama GREATS. 

Latar belakang ide tersebut muncul karena kekhawatiran mahasiswa terkait isu lingkungan, dimana tisu yang biasanya terbuat dari serat selulosa pohon, mampu menyebabkan deforestasi pada hutan di Indonesia. Didukung oleh data dari Badan Pusat Statistik (2022), dimana industri tisu menjadi salah satu komoditas olahan hutan terbesar yang menggunakan 8,87 juta ton pohon per tahunnya. Disisi lain, industri tisu masih memanfaatkan bahan kimia yang berbahaya seperti asam kuat dan basa kuat dalam pembuatannya sehingga berpotensi merusak lingkungan.

GREATS juga berpotensi besar dalam memasuki industri convenience product (barang kebutuhan sehari-hari) hal tersebut dapat dilihat berdasarkan laporan dari Statistika Research Department (2024) dimana prediksi produk tisu akan mengalami lonjakan pertumbuhan sebesar 1,95% pada Tahun 2025, karena meningkatnya pertumbuhan populasi serta kesadaran masyarakat akan kebersihan diri. Hal ini sesuai dengan sifat GREATS yang memiliki aktivitas antibakteri. Selain itu GREATS juga menargetkan masyarakat yang menggemari gaya hidup eco-friendly untuk memaksimalkan pemasaran. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Urgensi tersebutlah yang mendorong kami untuk menciptakan inovasi produk baru yang tidak sekedar ramah lingkungan, namun aman dan nyaman dipakai oleh Konsumen” kata ketua tim PKM kewirausahaan ini.

 

 

Ikuti tulisan menarik Dwi Endah Wulandari lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler