x

Iklan

Bambang Udoyono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Maret 2022

Sabtu, 26 Agustus 2023 08:45 WIB

Menebar Manfaat di Kalimantan Selatan, Agung Budi Prakoso Memenangi SATU Indonesia Awards

Agung Budi Prakosa memenangi SATU Indonesia Awards berkat kegiatannya yang positif untuk masyarakat Kalimantan Selatan. Bagaimana kiprahnya di sana? SIla baca terus.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Menebar Manfaat di Kalimantan Selatan, Agung Budi Prakoso Memenangi Satu Indonesia Awards

Bambang Udoyono

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Agung Budi Prakoso adalah sosok yang inspiratif. Penyebabnya tiada lain karena dia memberi kontribusi yang sangat positif untuk masyarakat khususnya di propinsi Kalimantan Selatan.  Apa sumbangannya kepada masyarakat sehingga dia diberi penghargaan SATU Indonesia Awards?

 

Untuk mengenali lebih jauh kiprahnya tersebut, saya menghubungi melalui aplikasi Whattsapp. Saya mengajukan beberapa pertanyaan terkait kegiatan sosialnya.

 

Berikut ini wawancara saya dengan Agung Budi Prakoso yang selanjutnya disingat ABP.  Sedangkan BU adalah insial nama saya.

 

BU    : Apa yang memotivasi mas agung mengelola kegiatan tersebut?

ABP   : Ruang Eksperd diinisiatori oleh Muhammad Iqbal Pratama, saat itu saya sebagai ketua komunitas dan salah satu pelaksana kegiatan. Motivasi senior dalam menciptakan kegiatan tersebut dan kami mengelola kegiatan secara konsisten setiap tahunnya adalah menyadari bahwa dunia sudah bergerak menuju digitalisasi. Melihat fenomena anak-anak sekolah yang bertempat tinggal di pedesaan ada yang belum mengenal dunia digital. Maka dari itu kami sebagai tim ingin mengenalkan kepada mereka yang dimulai dengan pembelajaran komputer dasar yaitu Microsoft Office. Agar anak-anak usia sekolah SMP dan SMA familiar dengan perangkat komputer/laptop dan aplikasi di dalamnya yang akan sering digunakan untuk memudahkan kegiatan belajar mengajar maupun bekerja yaitu ms. office

 

BU    : Selama ini kegiatan apa yang berjalan baik?

ABP   : Ruang eksperd dilaksanakan setiap tahun dan sudah berjalan lima batch. Sabtu, 26 Agustus 2023 acara perpisahan ruang eksperd batch yang kelima. Ruang eksperd setiap batchnya berjalan dengan semestinya terdiri dari delapan pertemuan dengan waktu kurang lebih dua bulan. Enam  pertemuan kegiatan belajar mengajar, satu kali pertemuan di awal perkenalan,  satu kali pertemuan di akhir acara perpisahan. Saat Covid pada tahun 2020 sempat melaksanakan namun berhenti di tengah karena berita Covid meningkat.

 

Program komunitas kami rata rata dilaksanakan sekaligus menjawab permasalahan yang terjadi di kota Banjarmasin. Saat bencana banjir, anggota kami turun bersama sama mengirimkan bantuan ke warga, saat covid juga kami menyalurkan bantuan berupa sembako kepada masyarakat, hasil kolaborasi dengan kitabisa.com dan Raffi Nagita. Program Ramadan rutinan, kami melakukan open donasi untuk buka bersama di yayasan, memberikan paket lebaran untuk beberapa warga yang dianggap membutuhkan, dan memberikan paket pendidikan berbarengan dengan buka bersama di yayasan.

 

BU    : Di daerah mana saja kegiatan tersebut berjalan?

ABP   : Kegiatan yang kami lakukan melihat berdasarkan kebutuhan pada daerah sekitar kami tinggal.

Beberapa Desa yang pernah menjadi target kami untuk menjalankan “Ruang Eksperd”

 

Ruang Eksperd 1

Desa Jelapat ,Kabupaten Barito Kuala dengan Peserta didik sekitar limabelas anak.

 

Ruang Eksperd 2

Desa Berangas Timur, Kabupaten Barito Kuala dengan peserta didik sekitar tigapuluh anak.

 

Ruang Eksperd 3

Desa Jelapat , Kabupaten Barito Kuala dengan Peserta didik sekitar duapuluh  anak.

 

Ruang Eksperd 4

Desa Murung Selong, Kota Banjarmasin dengan peserta didik sekitar empatpuluh  anak.

 

Ruang Eksperd 5 (Sedang Berlangsung)

Desa Pulau Sugara, Kabupaten Barito Kuala dengan Peserta didik sekitar tigapuluh anak.

 

 

BU    : Apakah mas agung dibantu tim? Berapa orang anggotanya?

ABP   : Anggota tetap komunitas kami ada kurng lebih duapuluh orang dengan kurang lebih sepuluh  orang yang aktif di lapangan dan ketika kegiatan ruang eksperd akan dijalankan kami melakukan open recruitment relawan. Selama kami berkegiatan rata-rata memerlukan sebanyak tigapuluh relawan dari open recruitment dan sepuluh dari anggota komunitas, karena kami mengambil tigapuluh anak setiap desa tujuan dengan sasaran utama anak usia SMA dan SMP tingkat akhir. Jadi, satu anak didampingi oleh  satu kakak relawan.

 

BU    :  Apa target mas Agung?

ABP   : kami berniat untuk memeratakan pendidikan teknologi ke desa desa yang berada di wilayah Banjarmasin dan sekitarnya.

 

BU    : Apa saja kendala yang dihadapi?

ABP   : Kami cukup terkendala pada SDM yang turun ke lapangan. Komunitas kami adalah lembaga mandiri, dalam hal finansial, untuk setiap kegiatan yang komunitas kami mengandalkan open donasi.

 

BU    : Apakah ada bantuan masyarakat dan pemerintah?

ABP   : Tokoh masyarakat juga terlibat dalam setiap program kami. Setiap akan melaksanakan ruang eksperd, anggota komunitas melakukan survei kepada perangkat desa, ketua rt, dan warga setempat untuk bekerja sama dalam menentukan lokasi belajar, membantu menyebarkan informasi dan mendata calon peserta didik komputer. Selain itu, bentuk lainnya adalah membantu dalam segi finansial melalui open donasi yang kami lakukan akan digunakan untuk operasional selama kegiatan ruang eksperd.

Pemerintah juga membantu berupa dukungan finansial untuk kegiatan pengembangan kompetensi relawan yang diadakan secara nasional di daerah tertentu.

 

BU    : Apa rencana ke depan?

ABP   : Akan tetap berusaha  mengadakan kegiatan ruang eksperd di setiap tahunnya yang menyasar ke desa desa lainnya dengan tujuan agar anak anak usia sekolah di desa lebih melek terhadap teknologi.

 

BU    : Apa harapan mas agung kepada masyarakat, pers, dan pemerintah?

ABP :

Masyarakat : masyarakat memiliki kesadaran yang lebih tinggi terkait pentingnya literasi teknologi dan praktiknya. Pemahaman terhadap teknologi contohnya seperti etika dalam menggunakan sosial media, dapat memanfaatkan teknologi dengan baik untuk belajar, mengembangkan usaha, dan kegiatan positif lainnya

 

Pers          : Membantu menyebarluaskan atau menginformasikan update dalam bidang teknologi yang dapat diterapkan dalam dunia pendidikan.

 

Pemerintah : Pemerintah dapat memberikan pemerataan pendidikan teknologi dan fasilitas pendukung dari tingkat dasar melalui kurikulum pendidikan dan memastikan bahwa akses teknologi merata di seluruh lapisan masyarakat. Selain itu, agar pemerintah mendukung baik berupa sumber daya manusia maupun dari segi finansial bagi komunitas-komunitas yang bergerak dalam bidang pendidikan yang berfokus pada pembelajaran teknologi.

 

Demikianlah kegiatan Agung Budi Prakosa dalam bidang pendidikan.  Sudah banyak anak anak Banjarmasin dan sekitarnya yang mendapat manfaat dari kegiatannya.  Kalian kaum milenial jangan mau ketinggalan. Segera pelajari apa yang bisa kalian berikan kepada masyarakat sekitar.

 

Kalau kalian sudah punya kegiatan positif semacam ini jangan ragu daftarkan ke SATU Indonesia Awards.  Sila kunjungi situsnya di :   https://www.satu-indonesia.com/satu/satuindonesiaawards/

Ikuti tulisan menarik Bambang Udoyono lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu