x

Iklan

Annn Mk1

First Year Informatics Student, Writer at Indonesiana.id
Bergabung Sejak: 14 Juli 2020

Rabu, 30 Agustus 2023 16:04 WIB

Tips Menurunkan Berat Badan Secara Sehat

Banyak yang ingin menurunkan berat badan untuk hidup yang lebih sehat, namun terkadang orang terlalu fokus pada menurunkan berat badan tanpa peduli apakah proses yang mereka lakukan sehat atau tidak.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Menurunkan berat badan pada dasarnya hanyalah berusaha mencapai defisit kalori setiap harinya, namun hal yang seharusnya simpel ini menjadi hal yang ribet dan susah untuk dicapai karena kehidupan sehari-hari.

Tak jarang karena susahnya menurunkan berat badan, orang-orang akan menghalalkan segala cara dalam diet mereka, padahal diet menurunkan berat badan pada hakikatnya adalah agar lebih sehat dan bisa bergerak dengan lebih merdeka, akan ironis jika diet malah membawa malapetaka.

Oleh karena itu pada kali ini saya akan membagikan beberapa tips-tips menurunkan berat badan secara sehat yang bisa Anda coba dan terapkan apabila cocok dengan diri Anda, apa saja tips-tipsnya? simak selengkapnya di bawah ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

7 Tips Menurunkan Berat Badan Secara Sehat

Berikut ini tips-tips diet sehat yang bisa Anda coba dan terapkan pada perjalanan diet Anda.

 

1. Tentukan Tujuan Diet yang Realistis

Tujuan diet yang realistis merupakan langkah awal penting dalam sebuah perjalanan diet. Menentukan tujuan diet yang realistis menghindarkan Anda dari desperasi yang dapat berakhir pada dihalalkannya segala cara yang tidak sehat.

Tujuan diet sendiri tidak perlu berdasarkan orang lain atau selebriti yang Anda lihat di Internet karena kita semua punya kondisi yang berbeda-beda dan tantangan yang berbeda-beda dalam perjalanan diet kita.

 

2. Jaga Gizi Seimbang

Diet adalah tentang bagaimana kita mencapai kalori defisit setiap harinya. Meskipun demikian, tidak boleh kita mengonsumsi makanan secara sembarangan, konsumsi makanan dengan gizi yang seimbang merupakan kunci agar diet tidak membuat tubuh terasa lemas dan tersiksa. Konsumsilah makanan yang rendah karbohidrat, kaya protein, kaya nutrisi, dan rendah lemak.

 

3. Kendalikan Porsi Makan

Seperti yang sudah pernah kita bahas di atas, diet bukanlah tentang seberapa intens Anda berolahraga kardio melainkan defisit kalori yang Anda capai setiap harinya. Oleh karena itu takarlah porsi Anda setiap harinya, makan dengan porsi yang cukup dan tidak berlebih agar bisa mencapai kalori defisit.

Jika Anda terbiasa makan cemilan tanpa terkontrol, mulailah hindari cemilan atau gorengan yang biasa Anda konsumsi, dan pindah ke cemilan diet rendah kalori apabila Anda sudah merasa lapar sebelum waktunya makan.

di lansir dari iresepCemilan diet di Indomaret, Alfamart, dan minimarket lain sendiri sudah banyak variannya, jadi bagi Anda yang sedang diet seharusnya tidak akan kesulitan mencari snack diet rendah kalori di saat jam-jam nanggung.

 

4. Aktivis Fisik Rutin

Setiap hari tubuh membakar kalori untuk memenuhi kebutuhan aktivitas harian Anda seperti berpikir, bekerja, dan aktivitas lainnya. Oleh karena itu, untuk menambah kalori yang dibakar Anda bisa menambahkan aktivitas fisik dalam rutinitas harian Anda, seperti jalan kaki ke kantor, menghindari lift dan memilih naik turun tangga, atau bersepeda di waktu senggang.

Jika dirasa masih kurang, Anda bisa tambahkan olahraga yang lebih berat seperti angkat beban atau olahraga kardio seperti lari, namun perlu diingat untuk tidak sampai ekstrim.

 

5. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup memiliki dampak yang besar pada penurunan berat badan. Kurang tidur dapat mempengaruhi metabolisme dan hormon yang mengatur nafsu makan. Usahakan tidur yang cukup selama kurang lebih minimal 7-8 jam setiap harinya, dan tidurlah pada jam dimana umumnya manusia beristirahat yaitu pada malam hari.

 

6. Pantau Diet Anda

Mencatat perjalanan diet Anda setiap harinya merupakan hal penting yang diperhatikan. Catat berapa kalori yang kemungkinan dibakar dalam seharinya, tentukan porsi makan Anda agar tercapai defisit kalori dan catat berat badan Anda setiap minggunya untuk melihat progres Anda. Apabila mengalami stagnasi, ubahlah beberapa kebiasaan yang menurut Anda kurang optimal.

 

7. Hindari Diet yang Ekstrim

Tips terakhir merupakan tips yang paling penting, Diet yang ekstrim dan menghalalkan segala cara merupakan jalan yang menggiurkan sebab bisa banyak berat badan yang hilang ketika Anda menjalankan diet yang Ekstrim.

Namun, diet yang ekstrim dapat menyebabkan masalah-masalah baru dan masalah kesehatan jangka panjang yang ketika ditimbang-timbang tidaklah sepadan dengan hasil yang ditimbulkan, dan hasil diet yang ekstrim tidak dapat dijaga sepanjang waktu.

 

Itulah dia 7 tips diet menurunkan berat badan yang bisa saya bagikan, semoga bisa bermanfaat dalam perjalanan diet Anda, tetap semangat dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan fisik serta mental.

Ikuti tulisan menarik Annn Mk1 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu