x

Ilustrasi AI

Iklan

Salfira Damai Fatihah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 4 September 2023

Selasa, 5 September 2023 13:01 WIB

Siapa pun Bisa Saja dengan Mudah Menjadi Pahlawan di Era Digital Sekarang Ini!

Tulisan ini dibuat untuk perlombaan menulis esai edisi kemerdekaan yang bertemakan Cinta Indonesia oleh Tempo, dengan subtema pahlawan di era digital.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Semua orang akan bisa menjadi seorang pahlawan. Pada era kemerdekaan, para pahlawan berjuang dan mengusir penjajah dengan senjata dan bambu runcing. Disaat era sekarang ini, dengan ditumbuhkannya semangat yang sama kita semua bisa menjadi pahlawan dengan cara apapun dan dengan cara yang sangat sederhana. Semangat yang sangat relevan berupa nilai-nilai kepahlawanan terus ditumbuh kembangkan.

Zaman semakin berubah, pada era saat ini lebih dikenal dengan sebutan era digitalisasi yang keseluruhannya memiliki perkembangan yang sangat pesat pada dunia teknologi. Pada era ini pahlawan mengalami perluasan makna serta arti karena generasi masa kini memiliki permasalahan yang jauh lebih luas dihadapinya.

Sekarang ini telah banyak sosok yang telah berhasil menjadi pahlawan di era digital di Tanah Air ini. Pahlawan digital sendiri merupakan pengguna teknologi yang bermanfaat bagi orang banyak, tentunya sosok pahlawan tersebut sudah banyak menginspirasi untuk kita dizaman sekarang ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mempunyai kebijaksanaan dalam menggunakan platform digital tentunya sangat dibutuhkan dalam proses menjadi pahlawan diera digial ini. Sosok tokoh-tokoh besar seperti para Menteri di Indonesia ini menjadikan kita tahu bahwa kita juga bisa menjadi pahlawan digital dengan menggunakan apapun diera digital ini dengan sangat baik dan secara sehat serta harus bermanfaat bagi orang banyak.

Tidak sedikit kemajuan teknologi sekarang ini akan menjadi musuh kita dikemudian hari. Seperti para hackers dan penyebar berita bohonh (hoax) yang tidak bertanggung jawab  atas kegaduhan dan kekacauan dilingkungan Masyarakat dengan tersebar luasnya video porno atau ideologi yang tidak tepat.

Ilmu dalam penggunaan platform diera digital ini diyakini mampu menentukan sikap juga perilaku pada pengguna yang mengaksesnya. Ternyata tidak semua bisa benar menjadi pahlawan digital, tidak sedikit juga yang menjadi musuh. Jadi mulailah menjadi contoh bagi orang lain dengan memulai dari diri sendiri sebagai seorang pengguna digital yang baik. 

Ikuti tulisan menarik Salfira Damai Fatihah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB