3 Dimensi Entrepreneur berdasarkan kreasi penulis dari teori-teori yang sudah ada sebelumnya antara lain:
1. Harmonisme Team
2. Kinerja Team
3. Kepuasan Pelanggan
Setelah dibentuk menjadi kubik, maka ada 8 model Kualitas suatu Kewirausahaan, diantaranya:
1. Bangkrupt (Harmonisme Team = Minus, Kinerja Team = Minus, Kepuasan Pelanggan = Minus)
Model jenis ini tidak terdapat interaksi humanis antar team yang baik, kinerja team juga tidak berjalan, dan Brand tidak mendapatkan feedback yang baik dari pelanggan. Tidak ada perkembangan dan kemajuan.
2. People Pleaser (Harmonisme Team = Plus, Kinerja Team = Minus, Kepuasan Pelanggan = Minus)
Model jenis ini interaksi humanis antar team baik, sayang kinerja team tidak berjalan, hanya fokus pada kesejahteraan pegawai, namun kepuasan pelanggan diabaikan.
3. Fruitless Authoritarianism (Harmonisme Team = Minus, Kinerja Team = Plus, Kepuasan Pelanggan = Minus)
Model jenis ini interaksi humanis team dan kepuasan pelanggan diabaikan, cenderung fokus pada kinerja yang baik, sebuah model yang otoriter namun hasilnya tidak sesuai yang diharapkan.
4. Leader's Burden (Harmonisme Team = Minus, Kinerja Team = Minus, Kepuasan Pelanggan = Plus)
Semua dibebankan kepada potensi pemimpin, tidak ada peran Team sama sekali demi meraih kepuasan pelanggan.
5. Team for No Gain (Harmonisme Team = Plus, Kinerja Team = Plus, Kepuasan Pelanggan = Minus)
Membangun performa dan interaksi yang baik dalam team, sayangnya tidak mampu memuaskan keinginan pelanggan.
6. Heaven for Them (Harmonisme Team = Plus, Kinerja Team = Minus, Kepuasan Pelanggan = Plus)
Sebatas komunikasi yang baik antar team saja yang menghasilkan kepuasan pelanggan, namun kinerja team diabaikan artinya semua pekerjaan ditanggung pemimpin, sementara kesejahteraan pegawai sangat diperhatikan.
7. Effective Robotics (Harmonisme Team = Minus, Kinerja Team = Plus, Kepuasan Pelanggan = Plus)
Kesejahteraan pegawai tidak diperhatikan, pegawai diperlakukan seperti robot yang menghasilkan kepuasan pelanggan.
8. All Perfection (Harmonisme Team = Plus, Kinerja Team = Plus, Kepuasan Pelanggan = Plus)
Kesejahteraan pegawai diperhatikan dimana interaksi team dan kinerja team pun begitu baik, juga kepuasan pelanggan tercapai dengan baik.
Cimahi, 20 September 2023.
Ikuti tulisan menarik Indrian Safka Fauzi (Aa Rian) lainnya di sini.