x

Pengunjung berada di kawasan wisata Pantai Parangtritis, Bantul, DI Yogyakarta, 27 Juni 2017. Saat libur lebaran 2017 sejumlah destinasi wisata pantai di Daerah Istimewa Yogyakarta dipadati pengunjung. ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

Iklan

Rudi Hermawan

Menyukai hal-hal yang penuh tantangan dan suka menulis tentang wisata sekaligus menjadi kontributor di tempatwisata.id
Bergabung Sejak: 30 Juni 2022

Jumat, 22 September 2023 17:49 WIB

10 Tempat Wisata di Jogja yang Selalu Ramai

Selain memiliki keindahan alam, keramahan masyarakat, dan kultur budaya yang kental, jogja juga memiliki banyak peninggalan sejarah.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kota wisata satu ini merupakan tujuan wisata yang sudah tidak asing lagi bagi wisatawan diseluruh Indonesia. Yap, Yogyakarta atau jogja guys. Jogja merupakan kota wisata yang masih memiliki berbagai macam kebudayaan khas wong jowo. Keunikan budaya yang ada di jogja mengundang wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang dan menyaksikan langsung pesona kota jogjakarta. Selain jogja memiliki keindahan alam, masyarakat yang ramah, dan kultur budaya yang kental khas jawa, jogja juga memiliki banyak peninggalan sejarah.

Apabila kita mendengar seseorang yang menyebut daerah jogja, tentu akan terlintas pula candi borobudur yang terkenal dan di akui oleh dunia sebagai salah satu keajaiban. Selain candi borobudur, terdapat juga candi terbesar di Indonesia dan asia tenggara peninggalan agama hindu di jogja yaitu candi prambanan. Kedua candi tersebut sudah diketahui banyak wisatawan lokal maupun mancanegara sebagai objek wisata di jogja yang terkenal. Namun pada posting ini kita tidak akan membahas kedua tempat wisata tersebut, kita akan membahas tempat rekreasi di jogja yang terkenal lainnya. Silahkan simak berikut ini :

10 Daftar Tempat Wisata di Jogja

1.  Wisata Pantai Parangtritis

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pantai indah dengan balutan pasir hitam dan desiran ombak yang memukau ini berada di selatan jogja. Dengan keindahannya yang mempesona, pantai ini dianggap sebagai tempat suci dan keramat oleh sebagian masyarakat. Karena berada di selatan jogja, pantai parangtritis merupakan tempat kediamannya nyai roro kidul sicantik penguasa pantai selatan. Berkaitan dengan hal tersebutlah yang membuat pantai ini memiliki  larangan seperti tidak boleh mengenakan busana warna hijau karena si penguasa pantai selatan tersebut takut tersaingi penampilannya. Pantai parangtritis tempat rekreasi di jogja yang terkenal ini, wisatawan tidak di perkenankan untuk berenang karena akan membahayakan diri anda. Jadi, nikmatilah saja pemandangan di pantai parangtritis jangan sampai nekat ingin berenang kalau masih menyayangi nyawa anda sendiri. 

2.  Wisata Candi Plaosan

Candi yang menyimpan kisah cinta antara Rakai Pikatan dan Pramudya Wardhani ini sangat populer bagi wisatawan pasangan suami istri yang pernah berkunjung ke jogja. Karena candi ini diyakini oleh sebagian pasangan memiliki keberkahan untuk mengarunia seorang anak. Untuk sebagian orang mungkin menganggapnya hanya omong kosong belaka. Namun bagi kita yang tidak mempercayainya harus menghormati keyakinan dan usaha pasangan tersebut untuk memiliki seorang anak. Objek wisata di jogja yang terkenal satu ini berdekatan dengan candi prambanan. Candi plaosan terbagi menjadi 2 bagian, yaitu candi plaosan kidul dan candi plaosan lor yang hanya berjarak 100 meter antara keduanya. 

3.  Wisata Alam Goa Selarong

Goa yang menjadi saksi perjuangan pahlawan nasional pangeran Diponegoro pada masa penjajahan Belanda ini merupakan salah satu tempat wisata di jogja yang juga banyak diminati oleh wisatawan. Selain itu goa selarong juga digunakan sebagai tempat meditasi dan kegiatan ritual lainnya. Untuk memasuki tempat ini kita harus membayar tarif sebesar Rp.2. 000,-/ orang. Terdapat juga fasilitas yang disediakan seperti sarana bermain, pendopo, toilet umum, dan tempat ibadah. 

4.  Wisata Alam Goa Jomblang

Goa jomblang yang terkenal dengan cahaya surgawinya ini merupakan tempat wisata di jogja yang wajib anda kunjungi. Goa yang letaknya berada di gunung kidul ini sudah menjadi tempat wisata alam terkenal di jogja. Apabila anda berkunjung pada siang hari saat matahari benar-benar memancarkan cahayanya, goa ini akan terlihat sangat indah dengan hiasan cahaya matahari yang menembus langit-langit goa jomblang. Hal itulah yang membuat orang-orang menyebutnya sebagai cahaya surgawi untuk menunjukkan rasa takjub akan keindahan alam goa jomblang. 

5.  Wisata Kaliurang

Tempat wisata di pegunungan ini sangat cocok bagi anda yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Tempat rekreasi di jogja yang satu ini berada di ketinggian 900 meter dari permukaan laut. Tentu anda bisa bayangkan kesejukan dan kenyamanan berwisata bersama keluarga di tempat wisata yang sudah terkenal bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain kesejukan dan keasrian alam di kaliurang, tempat ini juga menyediakan fasilitas bermain seperti taman rekreasi anak, kolam renang mini, ayunan, dan sebagainya.

 

6.  Wisata Sejarah Keraton Yogyakarta

Keraton merupakan bangunan bersejarah kebudayaan jawa di jogja. Bangunan yang memiliki desain arsitektur budaya jawa ini selesai dibangun pada tahun 1790. Keraton ini sengaja di bangun menghadap selatan kearah gunung merapi atau perbatasan samudera hindia tempat dimana nyai roro kidul tinggal. Nyai roro kidul dipercaya oleh masyarakat sebagai permaisuri mistis sultan. Bagi anda yang menyukai tempat-tempat bersejarah, anda wajib mengunjungi tempat liburan di jogja yang satu ini.
 

7.  Istana Air Taman Sari

Bangunan peninggalan dari sultan Hamengkubuwono I yang digunakan sebagai tempat istirahat bagi keluarga kerajaan ini merupakan objek wisata di jogja paling ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Istana air yang letaknya tidak jauh dari keraton ini dibangun pada tahun 1758 dan bangunan ini pernah rusak akibat gempa bumi pada tahun 1869. Namun bangunan-bangunan yang rusak tersebut sudah diperbaiki dan saat ini istana air taman sari menjadi tempat rekreasi keluarga di jogja yang wajib anda kunjungi.

8.  Kuliner & Belanja di Malioboro

Malioboro merupakan tempat berbelanja oleh-oleh khas jogja yang unik. Biasanya para wisatawan darimana pun menyempatkan diri untuk berbelanja atau hanya sekedar datang melihat-lihat. Paling asik datang ke malioboro salah satu tujuan wisata di jogja paling ramai dikunjungi ini pada malam hari untuk berwisata kuliner khas jogja di sepanjang jalan malioboro. 

9.  Wisata Pantai Baron

Satu lagi pantai yang menjadi salah satu tempat wisata terkenal di jogja yaitu pantai baron. Pantai yang terkenal dengan wisata kuliner hidangan lautnya ini berlokasi sekitar 65 kilometer dari pusat kota jogja. Jika anda menyukai hidangan laut seperti lobster, ikan bawal putih, ikan kakap, dan lainnya. Anda harus mengunjungi pantai baron dan menikmati hidangan laut yang tentu memiliki sensasi berbeda jika anda menyantapnya di pinggir pantai bersama keluarga ataupun kerabat lainnya. 

10.  Kota Gede

Kota Gede merupakan tempat kerajinan perak tradisional yang ada di yogyakarta. Jika anda menyukai wisata dengan berjalan kaki, disinilah tempat yang cocok bagi anda. Sambil menikmati bangunan dan rumah-rumah tua yang dahulu merupakan rumah-rumah para bangsawan dan pedagang, anda juga dapat melihat-lihat dan jika berminat anda bisa membeli hasil kerajinan perak tradisional sebagai oleh-oleh untuk keluarga, teman, ataupun pasangan anda.

Akhirnya selesai sudah posting mengenai 10 tempat wisata di jogja paling ramai dikunjungi ini. Semoga apa yang sudah saya bagikan dapat bermanfaat dan menjadi referensi tempat wisata yang berguna saat ini dan nanti. Apabila terdapat kesalahan-kesalahan yang anda temui di blog ini, silahkan kontak atau berikan komentar dan saran yang membangun. Terimakasih…

Ikuti tulisan menarik Rudi Hermawan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler