x

Dokumentasi Pribadi

Iklan

Margareta Susanti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 Agustus 2023

Kamis, 28 September 2023 10:34 WIB

Lima Mahasiswa Universitas Negeri Malang Ciptakan Web Aplikasi Pembelajaran SIG dan Pemetaan

Bacapeta: Platform belajar SIG dilengkapi dengan Program Augmented Reality sehingga pembelajaran tidak monoton

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pembelajaran Geografi di dunia Pendidikan terutama pada materi SIG masih ditemui hambatan, seperti pembelajaran SIG yang membutuhkan variabel seperti perangkat pembelajaran, sarana dan prasarana dalam membelajarkan Sistem Informasi Geografis. Selain itu tidak semua guru dapat menguasai sarana prasarana pembelajaran sehingga terdapat kesuliatan dalam menyampaikan kepaada siswa, hal ini tentu saja akan berpengaruh pada pengetahuan literasi spasial siswa SMA. Sedangkan kemampuan literasi teknologi geospasial menjadi intrumen yang penting dalam pembelajaran Geografi abad 21.

Demi menjawab permasalahan tersebut, 5 Mahasiswa Universitas Negeri Malang membuat inovasi web aplikasi “Bacapeta” sebagai alternatif produk jasa les privat SIG khusus bagi siswa SMA/Sederajat berbasis web based application pertama di Indonesia. Bacapeta menawarkan harga yang terjangkau, fleksibel dapat diakses dimana saja dan kapan saja, serta materi pemetaan dan SIG pada Bacapeta telah disesuaikan dengan kurikulum SMA yaitu kurikulum 13 dan kurikulum terbaru yaitu kurikulum Merdeka sehingga materi yang terdapat pada Bacapeta relevan dengan siswa SMA.

Bacapeta juga menyediakan pembelajaran secara offline dan online bersama mentor yang sudah handal dan berkompeten di bidang pendiidkan geografi. Selain itu guna mneunjang pembelajaran pemetaan SIG yang berkualitas Bacapeta terintegrasi dengan 3D Learning Map Interactive, Virtual Reality (VR) serta terdapat arena diskusi yang dapat diakses oleh semua pengguna Bacapeta, paa arena diskusi ini pengguna dapat memberikan pertanyaan, ataupun jawaban dari suatu permasalahan pengguna dapat berinteraksi dengan pengguna lainnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Team Bacapeta berharap dengan adanya web aplikasi Bacapeta ini dapat menjawab tantangan pembelajaran geografi abad 21 di Indonesia, sebab kemampuan literasi teknologi geospasial menjadi instrument penting dalam pembelajaran Geografia bad 21 yang perlu dipahami dan dikuasi oleh siswa SMA. selain itu team juga berharap Bacapeta dapat dikenal oleh seluruh siswa SMA di Indonesia sehingga belajar SIG tidak hanya sekedar teori tetapi juga praktik.

Ikuti tulisan menarik Margareta Susanti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu