x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Selasa, 31 Oktober 2023 15:44 WIB

Ternyata 60% Milenial Belum Punya Pilihan Capres, Diungkap di Buku Republik Anak Muda

Ternyata, 60% kaum milenial belum tentukan pilihan capres. Ada di buku Republik Anak Muda karya mahasiswa Unindra yang siap terbit 19 Nov 2023

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebagai realisasi menulis untuk jurnalistik, mahasiswa Semester 7 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unindra siap meluncurkan buku pilpres berjudul Republik Anak Muda. Pesannya, memilih pemimpin itu sibuk mencari jalan untuk memperbaiki diri bukan berdebat atau mengeluhkan keadaan. Rencananya, buku ini akan diluncurkan di Festival Literasi Gunung Salak #6 TBM Lentera Pustaka, Minggu 19 Nov 2023.

Ternyata, buku ini pun mengungkap. Ada 60% kaum milenial dan Gen Z belum tentukan pilihan, siapa capres-cawapres yang akan dicoblos. Di mata anak muda, hiruk pikuk capres-cawapres hanya komoditas politik semata. Belum mewakili aspirasi generasi muda untuk bangsa Indonesia yang lebih baik.

Buku kumpulan jurnalisme data dengan 71 mahasiswa yang “bertugas” jadi wartawan ini merupakan hasil liputan dan wawancara tentang pandangan anak-anak muda terkait pilpres- capres cawapres yang ada. Diterbitkan oleh Lovrinz Publishing, buku pilpres ini setidaknya memberi pesan pentingnya keterampilan menulis, di samping kemampuan investigatif kalangan muda.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain menyajikan data dan realitas jelanb Pilpres 2024, buku ini jadi bukti mahasiswa harus memahami cara kerja jurnalistik, di samping menjadikan jurnalistik dan media sebagai proses, keterampilan, dan profesi di masa depan. Mahasiswa harus mampu menjadikan jurnalistik sebagai media untuk berbagi peristiwa atas dasar data dan fakta, di samping menyajikan informasi yang layak. Di balik buku ini, mahasiswa belajar jurnalistik sambil menuliskan dan mempublikasikannya.

Anak-anak muda pun bersikap. Hiruk-pikuk pilpres 2024 sudah menggema, tiga pasang capres-cawapres pun sudah berkobar. Euforia pilpres hanya komoditas politik semata. Terkadang, tidak masalah pencitraan baik di depan kamera tapi kelakuan busuk di hadapan rakyat. Sementara politisi tidak percaya atas ucapannya sendiri, kenapa rakyat begitu memercayainya. Maka di kalangan anak muda, kaum millenial dan Gen Z, politik dan pilpres bukan soal penguasa berikutnya. Tapi soal generasi berikutnya untuk republik anak muda. Apa dan bagaimana pilihan anak muda di pilpres 2024?

Buku ini, mempertemukan antara teori dan praktik dalam jurnalistik, seperti dikatakan dalam buku Jurnalistik Terapan karya Syarifudin Yunus sekaligus dosen pengampu mata kuliah Jurnalistik para mahasiswa yang menulis di buku ini. Sebuah sinergi teori dan praktik yang berujung pada karya jurnalistik. Harapannya, buku jurnalisme data “Republik Anak Muda” ini bermanfaat dan memberi inspirasi yang positif bagi pembacanya. Salam Jurnalistik!#RepublikAnakMuda #KuliahKurnalistik #TBMLenteraPustaka #MahasiswaUnindra

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu