x

Iklan

Nurul Maulid Dia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Oktober 2023

Selasa, 31 Oktober 2023 18:40 WIB

Sushi hingga Ramen, Makanan Khas Jepang yang Menguasai Hati Para Foodie di Indonesia

Japanese Food atau makanan Jepang telah mengambil tempat istimewa dalam hati para pencinta kuliner di Indonesia. banyak jenis makanan khas Jepang yang populer di Indonesia, Sushi, Ramen, dan lain lain.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 
rn_image_picker_lib_temp_3ee730b6-33f7-4567-8d77-0fd936d3f45a.webp
 
Cover
Foto Ramen: Michele Blackwell/Unsplash
Baru-baru ini, terdapat banyak aspek kebudayaan luar negeri yang masuk dan populer dengan mudah di Indonesia. Salah satunya adalah kuliner. Budaya Kuliner luar negeri adalah aspek budaya yang mampu diterima masyarakat Indonesia dengan mudah, karena keunikan dari cita rasa dan jenis makanannya. Salah satu kuliner luar negeri yang populer di Indonesia adalah Japanese Food (makanan khas dari Jepang).
 
Japanese Food atau makanan khas Jepang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya kuliner Indonesia sejak lama. Masyarakat Indonesia sudah familiar dengan berbagai makanan khas Jepang. Banyak kedai-kedai dan restoran Jepang yang tersebar luas di Indonesia, mulai dari kota-kota besar sampai ke pedesaan. Kedai-kedai dan Restoran Jepang yang ada juga menawarkan berbagai makanan dan olahan khas Jepang yang berbeda-beda. Selain dari jenis makanan yang ditawarkan, harga dari setiap makanan pada setiap Kedai atau Restoran berbeda.
Untitled Image
 
 
Gambar Sushi: BY MIKE
Japanese Food atau makanan Jepang telah mengambil tempat istimewa dalam hati para pencinta kuliner di Indonesia. Tidak hanya menawarkan rasa yang lezat dan nikmat, tetapi juga menghadirkan pengalaman kuliner yang unik dan menarik. Tidak heran hampir semua makanan khas Jepang dengan cepat mengambil hati pecinta kuliner di Indonesia. Ada beberapa jenis makanan khas Jepang yang populer di Indonesia, mulai dari Sushi, Ramen, Udon, dan lain-lain.
 
Salah satu makanan khas Jepang yang paling dikenal dan disukai adalah Sushi. Sushi merupakan salah satu makanan khas Jepang yang paling dikenal di seluruh penjuru dunia. Di Indonesia sendiri, sushi bukan lagi makanan khusus masyarakat kelas atas dan yang hanya dapat ditemui di restoran mahal. Dari restoran sushi mewah hingga kedai pinggir jalan, orang Indonesia telah mencicipi kelezatan sepotong nasi bebungkus nori (rumput laut kering), yang bisa dicampur wasabi, dan berisikan telur, sayuran, juga berbagai jenis ikan segar lainnya.
 
Sushi sendiri memiliki banyak jenis dan ciri khas masing-masing. Jenis sushi antara lain:
  • Norimaki Sushi, ciri khas dari Norimaki yaitu bentuknya bundar. Kemudian diisi oleh aneka lauk, seperti irisan mentimun, telur, sayuran, daging salmon/sapi, dan bahkan seafood.
  • Nigiri Sushi, olahan sushi yang dihidangkan dalam bentuk nasi kepal yang berukuran kecil dan lonjong, kemudian diberi Seafood segar sebagai toppingnya.
  • Inarizushi, merupakan jenis sushi yang sudah matang. Sushi jenis ini cukup popular di masyarakat. Inarizushi merupakan sushi yang dibungkus dengan kantong tahu goreng, bukan menggunakan nori atau rumput laut kering.
  • Gunkan Sushi, sushi jenis ini biasanya disajikan dengan nasi yang dibalut nori tipis. Lalu diatasnya diberi topping yang melimpah, sehingga menghasilkan cita rasa yang unik dan segar ketika dimakan.
  • Futomaki Sushi, sushi yang mirip dengan jenis Norimaki namun disajikan dengan versi lebih besar dan ukurannya tebal. Untuk isian lauknya juga lebih banyak dan bervariasi. Nama lain dari sushi jenis ini di Jepang adalah “sushi gulung lemak”.
Selain karena rasa dan tampilan yang unik, kemudahan dalam menikmati sushi juga telah membantu popularitasnya di Indonesia. Sushi dapat ditemukan di berbagai tempat, mulai dari restoran mewah hingga kedai makanan cepat saji. Ada beberapa rekomendasi restoraan sushi yang populer di Indonesia, yaitu Genki Sushi, Bentoya, Ichiban Sushi, dan lain lain.
rn_image_picker_lib_temp_4b230d21-ffba-4362-ad55-9594cf076869.jpg
 
 
Foto Ramen: Michele Blackwell/Unsplash
Selain sushi, makanan khas Jepang dari olahan mie yang populer di Indonesia salah satunya adalah Ramen. Ramen (ラーメン— rāmen) adalah makanan khas Jepang yang terdiri dari mie yang kemudian disajikan dengan kuah kaldu daging atau ikan. Kemudian dibumbui dengan kecap atau miso (kecap asin). Di Jepang sendiri ramen disajikan dengan topping seperti irisan daging babi (叉 焼—chāshū), nori, menma (makanan dari fermentasi rebung) dan daun bawang.
 
Ramen sama populernya dengan sushi di Indonesia. Meskipun berasal dari Jepang, ramen mengalami beberapa perubahan dengan adanya penyesuaian dengan cita rasa lokal. Bagi masyarakat Indonesia, bahkan cuaca panas tidak pernah menghalangi para pencinta ramen untuk menikmati semangkok mie kuah khas Jepang yang sangat menggugah selera.
 
Olahan sari mie khas Jepang selanjutnya adalah Udon. Udon (うどん) adalah salah satu jenis olahan mie khas Jepang yang terbuat dari tepung terigu. Udon terkenal dengan teksturnya yang kenyal, lentur, dan berukuran tebal sehingga Udon cepat mengenyangkan. Udon dapat disajikan dalam keadaan panas maupun dingin. Di Jepang sendiri, waktu yang paling pas untuk menikmati udon adalah ketika musim dingin tiba. Karena kuah dari udon dapat menghangatkan tubuh.
 
Udon disajikan dengan topping yang bermacam macam. Mulai dari irisan daging, Chicken Katsu, Teriyaki Chicken, Onsen Tamago (telur rebus setengah matang) dan lain-lain. Di Jepang, selain kelezatan dan kenikmatannya, udon juga memiliki makna budaya yang mendalam. Udon sering kali disajikan dalam acara perayaan seperti Toshikoshi Soba, sebuah tradisi tahun baru yang bertujuan untuk mengucapkan selamat tinggal pada tahun yang lalu dan menyambut tahun yang baru. Di Indonesia udon sangat populer, dan bahkan ada salah satu kedai yang cukup besar yang khusus menjual apapun tentang udon, yaitu Marugame Udon.
 
Soba (蕎麦 atau そば) adalah salah satu jenis olahan mie khas Jepang yang dibuat dari tepung gandum. Soba memiliki ciri khas yang khas yang membuatnya unik dalam dunia mie Jepang. Mie soba tipis dan panjang terbuat dari campuran tepung gandum dan air, memberikan tekstur yang kenyal dan enak. Soba sering disajikan dengan berbagai topping, termasuk irisan rumput laut (nori), daun bawang, tempura, dan potongan daging atau telur rebus. Sama seperti udon, soba sering kali disajikan dalam acara perayaan seperti Toshikoshi Soba, sebuah tradisi menyambut tahun baru.
 
Yang terakhir, makanan khas Jepang yang populer di Indonesia adalah Onigiri. Onigiri yang dikenal sebagai "nasi bungkus" atau "nasi kepal" adalah makanan Jepang yang sederhana namun memiliki cita rasa yang nikmat. Onigiri merupakan jenis makanan ringan yang terbuat dari nasi putih kepal yang dibentuk menjadi segitiga, bulat, atau bentuk lainnya, dan biasanya diisi dengan berbagai isian lauk seperti ikan, sayuran, atau rumput laut.
 
Onigiri menjadi salah satu makanan sehari-hari, karena sederhana, praktis dan rasanya enak. Selain sebagai makanan sehari-hari, onigiri juga sering dijadikan bekal untuk perjalanan atau piknik. Makanan ini mencerminkan konsep "omotenashi," yaitu keramahan dan perhatian terhadap tamu atau orang yang menerima onigiri. Onigiri juga menjadi simbol kesederhanaan dan hubungan erat dengan alam, karena terbuat dari bahan-bahan yang sederhana dan alami.
 
Jenis-jenis makanan khas Jepang di atas merupahan makanan yang populer di Indonesia. Ada banyak makanan khas Jepang lain yang juga tidak kalah populer. Makanan khas Jepang membawa cita rasa yang tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Makanan khas Jepang yang populer di Indonesia adalah bukti dari budaya kuliner yang dapat menyebar ke seluruh dunia dan kemudian beradaptasi dengan cita rasa lokal.

Ikuti tulisan menarik Nurul Maulid Dia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB