4 Hal yang Harus Dilakukan Jika Permohonan Visa Australia Anda Ditolak

Rabu, 1 November 2023 19:34 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bermigrasi atau mengunjungi Australia dapat menjadi impian bagi banyak orang, namun penolakan visa dapat mengubah impian ini menjadi mimpi buruk. Anda telah menjelajahi berbagai situs web untuk mencari visa yang tepat, Anda telah mengumpulkan sejumlah besar dokumentasi, lulus semua tes, melewati semua rintangan, namun Aplikasi Visa Australia Anda masih ditolak.

Bermigrasi atau mengunjungi Australia dapat menjadi impian banyak orang, tetapi penolakan visa dapat mengubah impian ini menjadi mimpi buruk. Anda telah menjelajahi berbagai situs web untuk mencari visa yang tepat, Anda telah mengumpulkan banyak sekali dokumentasi, lulus semua tes, menyelesaikan semua rintangan, namun Aplikasi Visa Australia Anda masih ditolak.

Alasan Umum Penolakan Permohonan Visa

Petugas kasus yang bertanggung jawab untuk menilai aplikasi visa Anda akan menjelaskan alasan mengapa aplikasi Anda ditolak. Namun, seringkali alasannya sulit untuk dipahami dan akan meninggalkan tanda tanya besar di kepala Anda. "Mengapa?!" Anda mungkin bertanya. Berikut ini adalah beberapa alasan paling umum mengapa aplikasi visa Anda ditolak.

  • Tidak memenuhi persyaratan umum
  • Memberikan informasi yang salah
  • Tidak memiliki hubungan dengan negara asal
  • Melewatkan tenggat waktu untuk memberikan informasi tambahan yang diminta

1. Tidak memenuhi persyaratan umum

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hal ini umumnya terjadi jika Anda mengajukan aplikasi sendiri. Pemohon cenderung tidak memperhatikan persyaratan umum seperti usia, bahasa Inggris, tidak memiliki bukti keuangan yang cukup untuk mendanai kunjungan atau masa tinggal mereka, tidak memiliki asuransi kesehatan, persyaratan karakter, dll.

2. Memberikan informasi palsu

Semua pemohon visa diwajibkan untuk membuktikan identitas dan informasi mereka untuk mendukung aplikasi mereka dengan memberikan salinan asli atau salinan resmi dari dokumen mereka kepada Departemen. Permohonan Anda akan ditolak jika Anda mencoba memberikan dokumen palsu yang akan mengarah pada informasi yang salah atau menyesatkan.

3. Tidak memiliki hubungan dengan negara asal

Permohonan visa Anda akan ditolak jika Anda tidak dapat membuktikan bahwa Anda memiliki hubungan yang cukup dengan negara asal Anda atau keaslian masa tinggal atau kunjungan Anda. Petugas kasus tidak yakin bahwa Anda akan kembali ke negara asal Anda setelah masa berlaku visa berakhir. Permohonan Anda tidak asli atau tidak meyakinkan jika Anda tidak dapat membuktikan bahwa Anda hanya ingin tinggal di Australia untuk sementara waktu.

4. Melewatkan tenggat waktu untuk memberikan informasi tambahan yang diminta

Untuk mendukung aplikasi Anda, Departemen akan meminta beberapa informasi tambahan dari Anda. Mereka akan memberi Anda waktu tertentu untuk melengkapi permintaan tersebut. Jika Anda gagal memenuhi tenggat waktu ini, mereka akan terus memproses aplikasi Anda tanpa memiliki informasi tersebut yang dapat mereka gunakan, yang akan menyebabkan kemungkinan besar untuk ditolak.

Alasan lainnya termasuk:

  • Permohonan tersebut menimbulkan satu atau lebih masalah hukum atau faktual yang kompleks yang diputuskan untuk menolak pemohon;
  • Bukti yang diberikan kepada Departemen Imigrasi tidak cukup. Hal ini dapat mencakup dokumentasi yang tidak memadai untuk membuktikan identitas, keuangan, status pekerjaan, atau persyaratan visa lainnya.
  • Kasus ini tidak dijelaskan dengan benar kepada Departemen Imigrasi;
  • Klaim pemohon tidak dipercaya;
  • Tidak memenuhi persyaratan kesehatan;
  • Pernah dihukum karena kasus kriminal di masa lalu;
  • Tidak semua dokumen yang diperlukan disediakan;
  • Memberikan informasi atau dokumen palsu;
  • Tidak memiliki bukti dana yang cukup untuk membiayai hidup di Australia;
  • Mendaftar untuk program studi yang salah;
  • Program studi yang diambil tidak sesuai dengan studi Anda sebelumnya;
  • Kesalahan perhitungan poin;
  • Gagal dalam memberikan rencana masa depan yang konkret;
  • Sponsor aplikasi gagal memenuhi persyaratan;
  • Kombinasi dari semua faktor ini.

Contoh surat penolakan klien

4 tips yang harus dilakukan ketika Anda menghadapi penolakan visa

Sekarang, kita telah mengetahui beberapa alasan umum di balik kasus penolakan visa. Apa yang harus Anda lakukan jika Anda menghadapi situasi seperti ini?

Sangatlah penting untuk membuat keputusan yang tepat untuk selanjutnya.

Lihatlah 4 tips yang harus Anda lakukan dari pakar migrasi terdaftar kami, Ibu Indah Melindasari, setelah Anda mendapatkan kabar buruk bahwa aplikasi visa Anda ditolak:

  • Pahami mengapa aplikasi visa Anda ditolak atau tidak diterima
  • Kumpulkan informasi yang kurang pada aplikasi visa pertama Anda
  • Pastikan kembali bahwa Anda benar-benar memenuhi syarat untuk mendapatkan visa ini sebelum Anda mengajukan permohonan kembali atau mengajukan banding
  • Dapatkan agen imigrasi Australia yang bersertifikat sebelum mengajukan permohonan kembali atau mengajukan banding

1. Pahami mengapa permohonan visa Anda ditolak atau tidak diterima

Saat permohonan visa Anda ditolak, Departemen Dalam Negeri Australia akan memberikan penjelasan terperinci mengenai alasan penolakan tersebut. 

Tinjau pemberitahuan penolakan dengan saksama dan pahami alasan penolakan tersebut.

Mungkin ada satu alasan, atau mungkin beberapa alasan.

Pastikan Anda memahami isi surat tersebut sehingga jika Anda memilih untuk mengajukan permohonan kembali, Anda dapat melakukannya dengan benar. Ini juga merupakan kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang persyaratan visa dan apa yang perlu Anda lakukan untuk memenuhinya.

2. Kumpulkan informasi yang kurang pada aplikasi visa Anda yang pertama

Jika Anda ingin mengajukan permohonan visa Australia lagi, Anda harus memastikan bahwa Anda fokus pada alasan yang mereka berikan untuk menolak aplikasi awal Anda dan meyakinkan mereka bahwa mereka membuat keputusan yang salah.

Yang sering terjadi, pihak imigrasi tidak yakin bahwa Anda memiliki cukup insentif untuk kembali ke Australia setelah visa Australia Anda habis masa berlakunya.

Dalam kasus ini, Anda perlu mengumpulkan lebih banyak bukti bahwa Anda memiliki alasan untuk pulang ke rumah, misalnya ikatan keluarga dekat, sewa/kepemilikan rumah, hewan peliharaan, pekerjaan, kelompok pertemanan, dan sepeda kesayangan Anda!

Secara harfiah, apa pun yang dapat Anda pikirkan. Tidak ada jawaban yang konyol di sini.

Anda harus meyakinkan mereka bahwa Anda akan pulang ke rumah.

Atau Anda akan melihat aplikasi visa Australia Anda ditolak, lagi.

Contoh surat penolakan karena tidak memiliki hubungan di negara asal

3. Pastikan kembali bahwa Anda benar-benar memenuhi syarat untuk visa ini sebelum Anda mengajukan permohonan kembali atau mengajukan banding

Apakah Anda yakin telah memilih visa yang tepat? Sudahkah Anda memeriksa semua persyaratan visa?

Jika Anda telah membaca pemberitahuan penolakan dan mengetahui alasan penolakan, Anda dapat mengajukan permohonan visa kembali.

Banyak orang mengajukan visa tanpa menyadari pilihan dan opsi yang mereka miliki.

Imigrasi tidak akan pernah memberikan visa tertentu jika mereka pikir kebutuhan Anda dan kebutuhan Australia akan dipenuhi oleh visa lain.

Pastikan Anda memahami pilihan yang tersedia untuk situasi Anda dan juga memberikan bukti atau informasi tambahan yang dapat mendukung kasus Anda.

4. Dapatkan agen imigrasi Australia bersertifikat sebelum mengajukan permohonan kembali atau banding

Karena aplikasi visa Australia Anda ditolak, hal ini meningkatkan kemungkinan aplikasi Anda berikutnya ditolak jika Anda memutuskan untuk mengajukan kembali. Selain itu, jika Anda menggunakan hak banding, prosesnya akan jauh lebih rumit dan memakan waktu.

Sangatlah penting untuk menyewa agen imigrasi seperti ONEderland Consulting, yang tahu apa yang mereka lakukan.

Agen imigrasi dapat memberi tahu Anda area-area dalam kasus Anda yang perlu diperkuat, dan menunjukkan hal-hal yang tidak terpikirkan oleh Anda.

Bahkan jika Anda tidak menyewa agen sama sekali, ada baiknya Anda melakukan konsultasi awal.

Selama pertemuan pertama dengan agen Imigrasi terdaftar di ONEderland Consulting, akan memberi tahu Anda pilihan visa yang terbaik untuk Anda, dan membantu Anda memahami tantangan dari kasus khusus Anda agar Anda dapat pergi dan mengerjakan aplikasi sendiri.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengirimkan semua informasi yang dibutuhkan, lalu Agen Imigrasi akan meninjau semua dokumen tersebut, dan melakukan semua tindak lanjut dengan Departemen Imigrasi Australia, sehingga Anda bisa tetap tenang sambil menunggu visa diberikan!

Bagikan Artikel Ini
img-content
Nicholea Billy

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler