x

Iklan

sofyanto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Oktober 2023

Selasa, 14 November 2023 19:03 WIB

Teknik Pomodoro, Cara Belajar Efektif anti Bosan dan Ngantuk

Belajar merupakan suatu proses dasar yang tak bisa lepas dari kehidupan manusia manapun. Banyak hal baru disekitar kita selalu saja menarik perhatian buat dipelajari. Untuk itu, setiap orang yang mau maju berkembang perlu tahu bagaimana cara belajar efektif itu agar konsentrasinya tidak meluap kemana-mana, bisa terjaga dan terpenting paham betul dengan apa yang dipelajari.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Belajar merupakan suatu proses dasar yang tak bisa lepas dari kehidupan manusia manapun. Banyak hal baru disekitar kita selalu saja menarik perhatian buat dipelajari.

Untuk itu, setiap orang yang mau maju berkembang perlu tahu bagaimana  cara belajar efektif  itu agar konsentrasinya tidak meluap kemana-mana, bisa terjaga dan terpenting paham betul dengan apa yang dipelajari.

Tak ditabukan, gaya belajar yang kaku, monoton membuat kita cepat bosan bahkan cepat mengantuk. Pasalnya model belajar begitu biasanya mata kita dipaksa fokus berjam-jam lamanya membaca materi tanpa jeda sedikitpun.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Setiap manusia yang melalui proses belajar tentu berharap banyak memperoleh manfaat dari hasil belajarnya terutama sekali soal pengetahuan. Oleh karena itu cara belajarnya tidak boleh serampangan atau asal-asalan saja.

Belajar tak cuma milik murid atau para siswa di sekolah saja. Orang dewasa pun perlu menyisihkan waktunya buat belajar tentang hal baru agar tidak tergerus pesatnya perkembangan zaman

Contohnya, dewasa ini marak beredar aneka produk teknologi dari model jadul hingga teknologi yang mampu menggantikan tugas-tugas manusia atau di bilang  kecerdasan buatan . Nah kalau manusia enggan untuk pelajari teknologi super cerdas itu, bukan tak mungkin dalam dunia kerja posisinya digantikan peran robot pintar. .

Lantas, bagaimana cara belajar yang efektif itu biar tidak cepat bosan ? Berikut uraiannya

Apa itu Cara belajar model Pomodoro

Cara belajar Pomodoro begini hasil kreasi Francesco Cirillo sekitar tahun 1980an, dimana yang diutamakan manajemen waktu belajar kemudian jeda istirahat selama 3-5 menit.

Model belajar beliau kembangkan karena saat masih berstatus mahasiswa susah fokus untuk belajar.

Inti utama pembelajaran metode pomodoro mengunakan pola jendela kerja berdurasi 25 menit. Jadi selama 25 menit anda fokus belajar, lantas istirahat 5 menit dan lanjut lagi belajar 25 menit berikutnya.

Tahap-tahapan tehnik belajar pomodoro

  1. Pilih Materi akan dipelajari

Pilihan materi adalah mula-mula anda lakukan, pilih prioritas materi yang akan dipelajari .

  1. Gunakan timer waktu berdurasi 25 Menit

Langkah selanjutnya, atur waktu belajar menjadi 25 menit saja. Gunakan ponsel atau perangkat lain yang memiliki fitur time watch.

  1. Fokus pelajari materi

Nah, saat mulai belajar sebisa mungkin suasana hening biar konsentrasi belajarnya terjaga selama 25 menit ke depan.

  1. Waktu Istirahat 5 Menit Setelah 25 Menit

Saat durasi 25 menit berakhir, ambil jeda istirahat 3-5 menit, kendati materinya belum selesai.

Dilansir dari bukunya staffan noteberg berjudul "Pomodoro Technique Illustrated, The Easy Way to Do More in Less Time," dijelaskan, teknik Pomodoro sangat efektif untuk mengatasi gangguan saat belajar.

Itulah penjelasan sederhana tentang cara belajar efektif lewat tehnik belajar pomodoro. Tak ada salahnya anda coba praktekan.

Ikuti tulisan menarik sofyanto lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu