x

Iklan

Ryan Yahya Purna

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 November 2023

Selasa, 21 November 2023 16:58 WIB

Pengalaman Berharga dan Penuh Tantangan saat Membeli Rumah dengan KPR

Ini pengalaman saya saat membeli rumah dengan fassilitas KPR. Ini menjadi keputusan paling berani dalam hidup saya. Semoga berguna bagi pembaca.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Membeli rumah adalah langkah besar dalam hidup banyak orang terutama saya pribadi. dengan pemikiran yang matang, saya memutuskan akan mengambil rumah dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Banyak hal-hal yang akhirnya baru saya ketahui setelah saya menghubungi beberapa developer yang menyediakan KPR, dari proses KPR, kesiapan Finansial, pemilihan rumah yang akan saya ambil dan masih banyak pengalaman lainnya.

Mengambil rumah dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) menjadi keputusan saya paling berani dalam hidup saya sebagai bentuk mewujudkan impian saya untuk memiliki rumah. Dengan pengalaman yang saya miliki, semoga ini bisa menjadi informasi penting dalam menjalani proses mengambil Rumah dengan KPR bagi kamu yang membaca artikel ini.

Berikut adalah pengalaman berharga saya saat mengambil rumah KPR.

1. Persiapan Finansial

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebelum memutuskan untuk mengambil rumah dengan KPR, persiapan finansial adalah langkah penting. Menghitung dan menganalisis kemampuan finansial saya pribadi setelah itu menentukan budget yang sesuai dengan pendapatan penghasilan saya selama sebulan.

Sebelum memutuskan bank atau lembaga keuangan mana yang akan dipilih, saya meneliti tentang bunga, angsuran tiap bulan yang cocok dengan penghasilan saya dan biaya lainnya sehingga tidak memberatkan/mencekik saya setiap bulan dengan pengeluaran-pengeluaran tersebut.

2. Pemilihan Rumah Yang Sesuai

Setelah mempersiapkan dan menghitung kesiapan finansial, saya mulai memilih rumah yang sesuai dengan budget, lokasi yang memudahkan mobilitas saya dalam bekerja, bepergian, lingkungan yang tepat, dan lainnya sehingga nantinya tidak mengganggu kenyamanan saya dalam beraktifitas.

Saat itu memilih rumah banyak godaan-godaan rumah dengan harga murah namun tidak sesuai dengan kriteria/keinginan saya sehingga saya harus lebih giat dan teliti lagi dalam memilihnya, meskipun dalam prosesnya ada saja halangan yang terjadi seperti kesibukan saya saat bekerja, waktu saya dengan keluarga sehingga seringkali saya harus menentukan waktu dalam mencari rumah impian saya sampai ketemu.

3. Kunjungi Rumah Pilihan

Setelah memilih rumah yang sesuai dengan keinginan, saya langsung mengunjungi rumah pilihan saya untuk memastikan lagi bagaimana aksesnya, lingkungan, infrastruktur, harga yang sesuai, Developer yang menawarkan rumah dan sebagainya.

Pada prosesnya, banyak rumah-rumah yang saya kunjungi tidak sesuai dengan yang mereka tawarkan, seringkali ada beberapa rumah yang ternyata tidak memiliki akses dengan baik, atau lingkungan yang kurang serta harga yang berbeda dari iklannya. hal ini lumayan membuang waktu saya dalam proses pencarian hingga saya menemukan rumah yang sesuai keinginan saya.

4. Proses KPR

Proses KPR dalam pikiran saya itu simple dan cepat, namun dalam prosesnya saat rumah sudah sesuai dengan pilihan saya, banyak juga hal-hal tidak terduga yang seringkali cukup menghabiskan banyak waktu saya. Hal-hal tersebut seperti proses pengumpulan berkas, wawancara, penilaian kredit dan masih banyak yang lainnya.

Seringkali dalam prosesnya, ada saja hal yang berubah seperti perubahan suku bunga, perubahan kebijakan perbankan, atau masalah administrasi yang muncul. Pada proses ini, saya sangat teliti dan berhati-hati dalam mengerjakannya. Saya juga selalu menjaga kerjasama baik dengan pihak bank maupun developer yang terlibat dalam proses ini, tujuannya untuk memperlancar proses KPR dengan baik.

5. Mendapatkan Kepuasan dan Tanggung Jawab

Setelah melewati berbagai proses seperti menentukan rumah yang sesuai keinginan, persiapan berkas, pemilihan developer yang baik, pihak bank yang terpercaya sehingga mendapatkan rumah menjadi kepuasan tersendiri bagi saya pribadi saat menempati rumah tersebut.

Tidak lupa, saya juga harus menjaga rumah, memastikan angsuran tepat waktu, menyusun kembali keuangan untuk jangka panjang, dan lainnya sebagai bentuk tanggung jawab saya sebagai pemilik rumah.

__

Itulah pengalaman berharga dan penuh tantangan dalam mengambil rumah KPR yang saya temui, perjalanan yang emosional seringkali harus diikuti dengan kesabaran dan ketelitian dalam prosesnya. Semua pengalaman ini menjadi hal yang akan selalu saya ingat sepanjang hidup saya, semoga dalam thread ini akan menjadi informasi penting bagi anda sebagai pembaca dalam proses memilih rumah dengan KPR.

~Terima kasih, Semoga membantu.

Ikuti tulisan menarik Ryan Yahya Purna lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB