x

Foto: Pinterest.com/ Viona Olyvia Zhu/ https://id.pinterest.com/pin/589338301211614078/

Iklan

hana safitri

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 November 2021

Jumat, 24 November 2023 14:43 WIB

Penyebab Anak Terlambat Berbicara

Berbicara merupakan salah satu tahapan perkembangan anak. Namun tidak setiap anak memiliki kecepatan yang sama dalam perkembangan berbicara.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebagai orangtua pasti menunggu kata pertama yang dikeluarkan oleh anak. Ketika sudah memasuki usia 1 tahun apabila anak belum bisa mengeluarkan kata pertamanya pasti orangtua akan panik dan bingung. Padahal kecepatan individu untuk berbicara berbeda-beda. Ada yang lebih dulu berjalan, ada pula yang lebih dulu berbicara, jadi kecepatan masing-masing anak tidak bisa di sama ratakan.

Dari pada bingung apakah anak mengalami keterlambatan berbicara atau tidak. Lebih baik memperlajari penyebab anak terlambat berbicara agar nantinya bisa mengantisipasi atau memberikan stimulasi yang tepat pada anak. Berikut penyebab anak terlambat berbicara:

  1. Kurangnya stimulasi

Sebagai orangtua, biasakan untuk berbicara dengan anak. Meskipun anak masih kecil bahkan belum mengerti apa yang orangtuanya bicarakan namun ajaklah anak untuk berbicara. Dengan mengajak anak berbicara akan menambah kosa kata anak, anak juga bisa belajar menirukan cara berbicara orangtua, dan belajar cara untuk mengucapkan kata. Ketika menjadi orangtua jangan hanya diam saja dan memberikan anak handphone, hal tersebut justru akan menyebabkan anak terlambat berbicara. Apabila kesulitan untuk mencari topik pembicaraan pada anak, orangtua bisa menggunakan buku cerita, dan menceritakan buku tersebut pada anak.

  1. Gangguan pendengaran
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Salah satu penyebab anak terlambat berbicara adalah gangguan pendengaran. Sebagai orangtua harus selalu peka terhadap perkembangan anak. Apabila anak tidak memberikan respon pada suara atau bunyi segera bawa anak ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Penanganan yang tepat dan cepat akan meminimalisir dampak buruk yang terjadi pada perkembangan anak.

  1. Masalah pada mulut

Keterlambatan berbicara pada anak bisa juga di sebabkan oleh masalah pada mulut. Ada anak yang dilahirkan dengan keadaan mulut yang tidak sempurna seperti bibir sumbing. Permasalahan tersebut bisa menyebabkan keterlambatan berbicara pada anak, karena anak akan kesulitan untuk mengucapkan kata. Segera lakukan tindakan medis agar permasalahan tersebut bisa teratasi.

  1. Lingkungan dua Bahasa

Anak yang dibesarkan dalam lingkungan dua bahasa mungkin mengalami keterlambatan berbicara. Pada awalnya gunakan satu Bahasa terlebih dahulu untuk diajarkan pada anak, setelah anak bisa berbicara dan memahami Bahasa mulailah kenalkan Bahasa yang lain pada anak.

  1. Terlalu sering menggunakan handphone

Anak yang sedari kecil sudah di kenalkan dengan handphone mungkin mengalami keterlambatan dalam berbicara. Anak akan fokus bermain dengan handphone daripada berinteraksi dengan orang lain. Ketika anak bermain handphone cenderung diam dan asyik dengan dunianya sendiri.

Kenalilah penyebab keterlambatan anak berbicara dan mulailah untuk mengambil langkah secara bijak. Apabila masih bisa diberikan stimulasi oleh orangtua berikan stimulasi secara tepat dan cepat. Apabila membutuhkan bantuan segera menghubungi dokter atau ahli tumbuh kembang anak.

Ikuti tulisan menarik hana safitri lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu