x

Iklan

Juragan Bawang

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 2 Desember 2023

Sabtu, 2 Desember 2023 07:37 WIB

8 Kriteria Ruang Kantor yang Ideal dan Efektif

Memiliki ruang kantor yang nyaman tentu saja memberikan keuntungan dan efek positif untuk para karyawan, karena dapat meningkatkan kinerja para karyawan itu sendiri.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Memiliki ruang kantor yang nyaman tentu saja memberikan keuntungan dan efek positif untuk para karyawan, karena dapat meningkatkan kinerja para karyawan itu sendiri. Salah satu cara menciptakan ruang kantor yang nyaman di area perkotaan bisa dengan memilih untuk sewa ruang kantor. Saat ini tidak sulit untuk mencari ruang kantor yang ingin disewa karena banyak tersedia. 

Salah satunya jika kamu sedang cari sewa kantor di area Jakarta barat maka bisa pilih The Victoria, Grogol Petamburan. Gedung kantor di sini tentu saja memiliki lokasi yang strategis dengan biaya sewa yang relatif terjangkau dan fasilitas memadai untuk kenyamanan para karyawan. Saat ingin sewa kantor, kamu juga perlu tahu bagaimana kriteria tata ruang kantor yang baik dan ideal untuk para karyawan. 

Kriteria Ruang Kantor yang Baik

Seperti diketahui, tata ruang kantor yang baik akan berpengaruh pada alur kerja yang lebih lancar dan menambah keindahan suatu kantor. Tujuannya tentu dapat lebih efisien secara tenaga dan waktu untuk pelaksanaan kerja, menjamin kelancaran proses pekerjaan dan menciptakan kenyamanan bekerja. Berikut ini beberapa kriteria ruang kantor yang ideal.

1. Punya Jendela

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kriteria pertama ruang kantor tersebut harus punya jendela karena jika kantor tidak memiliki jendela akan terasa sangat pengap. Jendela membuat pencahayaan dan sirkulasi udara di kantor menjadi sangat baik, bahkan disebut bahwa ruangan dengan bukaan jendela yang banyak lebih menyehatkan dibanding yang sedikit begitu pula pada ruang kerja.

Ruang kantor yang tidak memiliki jendela dan hanya mengandalkan cahaya lampu artifisial akan berdampak buruk bagi kesehatan terutama kesehatan mental. Jika kamu ingin karyawan terhindar dari stress hingga depresi, maka sediakan bukaan jendela di setiap sisi untuk membuat ruangan juga terasa lebih luas.

2. Pemilihan Warna Ruangan

Berikutnya penting untuk memilih warna ruangan karena efeknya juga sangat bagus untuk para pekerja. Misalnya saja ruang kantor dengan warna minimalis seperti warna putih, akan memberikan efek yang lebih nyaman dan damai sehingga bekerja juga lebih semangat. Senada pula pada penggunaan perabotan hingga furniture di mana, warna punya makna masing-masing. 

Misalnya warna biru pada perabotan dapat berperan sebagai stimulan kecerdasan sehingga para pekerja juga semakin kreatif. Warna kuning melambangkan warna terang yang menginspirasi sementara warna merah dapat mempengaruhi kondisi fisik dan hijau menciptakan unsur ketenangan.

3. Ruang Kantor dengan Peredam Kebisingan

Sewa ruang kantor di pusat kota, biasanya isu kebisingan adalah salah satu problem utama. Jika area kantor terlalu bising, maka akan berdampak pada menurunnya produktivitas setiap pekerja. Maka dari itu diperlukan area gedung kantor yang kedap suara dari luar, untuk membuat para pekerja tetap konsentrasi dan fokus pada pekerjaannya tanpa gangguan.

Perusahaan harus merancang ruang atau bangunan kantor yang menggunakan peredam suara. Memang isu kebisingan ini tidak bisa ditoleransi jika menginginkan tingkat produktivitas yang baik dari para karyawan.

4. Terdapat Area Tanaman Hijau

Bukan tidak mungkin ketika memilih untuk sewa office space terdapat area tanaman hijau. Tanaman hijau sendiri punya kekuatan untuk membuat suasana lebih segar dan menaikkan mood serta bisa dijadikan sebagai elemen dekorasi yang bagus. Area tanaman hijau dari sisi pendekatan natural bisa memberikan efek positif untuk meningkatkan produktivitas para pekerja.

5. Fasilitas Kesehatan yang Memadai

Kriteria kantor yang nyaman dan juga ideal harus didukung dengan fasilitas kesehatan. Setidaknya kantor harus punya ruangan untuk memberikan tindakan kepada karyawan yang mengalami luka seperti fasilitas UKS di sekolah. Paling tidak, ruang tersebut memiliki kotak P3K sebagai fasilitas kesehatan yang paling minim.

6. Fasilitas Cuci

Mengapa harus ada fasilitas cuci? Alasannya sederhana karena jika terdapat wastafel untuk mencuci tangan atau peralatan makan membuat kantor terasa lebih nyaman. Biasanya para karyawan banyak juga yang membawa bekal dari rumah sehingga fasilitas cuci ini cukup mendukung aspek kebersihan dan kenyamanan setiap orang. 

7. Air Minum

Meski bukan bagian dari sebuah ruangan namun fasilitas yang harus ada di kantor untuk mewujudkan ruangan kantor ideal adalah dengan pengadaan air minum. Dengan cara ini membuat para karyawan merasa betah sebab kebutuhan air putih harian tercukupi. 

Diketahui setiap orang wajib minum air putih minimal 2 liter per hari agar tetap terhidrasi dan juga menjaga kesehatan. Tentu saja akan membuat repot jika karyawan harus bawa air minum dari rumah atau beli di luar, hanya untuk mencukupi kebutuhan air hariannya. 

8. Sistem Keamanan

Yang terakhir dari segi sistem keamanan di mana keamanan adalah aspek penting dalam sebuah gedung kantor. Gedung kantor yang bagus harus dilengkapi dengan sistem keamanan mulai dari pengawasan CCTV, akses kontrol yang ketat dan juga security yang sudah berpengalaman di bidangnya. 

Itu tadi beberapa kriteria yang harus dimiliki bagi sebuah ruang kantor yang ideal dan nyaman untuk para karyawan sehingga produktivitas juga meningkat. Jika kamu sedang bingung untuk menentukan pilihan sewa kantor yang tepat kamu bisa manfaatkan.

Ini bisa didapatkan dengan memilih ruang kantor dari pemilik sewa yang terpercaya. Karena sistem keamanan tidak hanya memberikan perlindungan bagi penyewa namun juga aset perusahaan. Apalagi perusahaan dengan banyak barang elektronik dan berbagai macam berkas penting di dalamnya. 

Itu tadi beberapa kriteria yang harus dimiliki bagi sebuah ruang kantor yang ideal dan nyaman untuk para karyawan sehingga produktivitas juga meningkat. Jika kamu sedang bingung untuk menentukan pilihan sewa kantor yang tepat kamu bisa manfaatkan SewaKantorCBD. SewaKantorCBD merupakan website yang membantu anda untuk menemukan ruang kantor dengan harga terbaik dan menjadi konsultan spesialis untuk menyewa kantor. SewaKantorCBD dapat membantu kamu untuk menghubungkan penyewa dengan ruang kantor yang tepat di manapun berada di Jakarta dengan lebih dari 500++ gedung perkantoran dengan data terkini untuk melayani kebutuhan penyewa dan pemilik gedung.

Ikuti tulisan menarik Juragan Bawang lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler