x

Foto Tempo.com

Iklan

Taufan S. Chandranegara

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 Juni 2022

Kamis, 7 Desember 2023 13:22 WIB

Syair Rumputan Ilalang

Syair Rumputan Ilalang. Hanya sebuah puisi mengalir saja sebagaimana adanya di sekitar hidup ini. Salam baik.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Senja tak ada, mengambek pada siang. Malam tak ada, mengambek pada pagi. Jika waktu mengambek pada hari berlari cepat. Maha ia mengetahui ada makna hitam bersembunyi di balik makna putih ataupun di antara merah delima.

Ini zaman milenial keterbukaan. Bukan zaman, Ken Arok-Ken Dedes, telah mangkat ke nirwana darma tunai dari karma atas keduanya semasa hidup, sekalipun mereka bertakhta kerajaan pada zamannya. 

Revolusi moral bening nurani belum selesai, di ranah pemberantasan korupsi. Tikus-tikus gigantik silih berganti di musim hujan atau kemarau, menyembul bagaikan balon warna-warni meletus di angkasa. Aduhai? Nyaring loh bunyinya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Susastra, satu di antara berjuta elemen keilmuan kebudayaan insan kamil. Kategori sastra budaya, antara lain menyuarakan larangan mencuri, manipulasi, korupsi hak publik termaktub dalam aturan moral Ketuhanan Yang Maha Esa.

Guru Burung Merak, mengepalkan tangan bersemangat, tidak untuk menantang zaman pada masanya. Dia hanya menyuarakan estetika susastra pamflet, ketika hak publik digondol maling bertopeng-topeng. 

Sila, menggelar karpet merah untuk sang koruptor. Kalau sastra kritik dianggap berlebihan mengkritisi perilaku tak senonoh oknum pencuri hak publik alias korupsi gigantik xixixi dengan celana kedodoran serupa serigala berduri landak.

Siang bolong main petak umpat, manipulasi waktu bolak-balik jungkirbalik simpang siur, bergulir renjana memompa birahi meretas triliun nampang di etalase. Parodi isu abal-abal jumpalitan numpang beken di balik kabar angin, kasihan deh. 

Yuk! Main bola cuy! Jangan ngumpet di kantong kresek. Jangan Bikin asap tanpa api di bumi ngumpet pula di kolong meja. Rumputan ilalang tersipu-sipu melihat adegan malu-malu kucing garong. Aha! So why gitu loh. 

***

Jakarta Indonesiana, Desember 07, 2023.
Salam Cinta NKRI Pancasila.

Berita Korupsi Hari Ini

Ikuti tulisan menarik Taufan S. Chandranegara lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.


Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu