x

Iklan

Mila Lestari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Desember 2023

Jumat, 15 Desember 2023 20:59 WIB

Cara Mengatasi Ruam Merah Pada Bayi

Ketika Anda pertama kali melihat ruam pada kulit bayi Anda, pikiran Anda langsung melompat ke kemungkinan penyebab terburuk.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ketika Anda pertama kali melihat ruam pada kulit bayi Anda, pikiran Anda langsung melompat ke kemungkinan penyebab terburuk. Tetapi sebagian besar, ruam yang Anda lihat adalah bagian normal dari bayi yang baru lahir. Jadi sebelum Anda mulai panik, biarkan para ahli di Mustela menenangkan saraf Anda dan menunjukkan cara terbaik untuk mengobati ruam kulit bayi Anda.

Menjaga bayi Anda tetap nyaman adalah langkah penting menuju pencegahan dan pemulihan ruam. Kulit yang kencang, merah, bengkak, dan gatal dapat membuat bayi dan Anda tidak bahagia dan menyulitkan mereka untuk tidur dan menyusu. Berikut adalah beberapa Cara Mengatasi Ruam Merah Pada Bayi :

Dandani Bayi Anda dengan Pakaian Longgar

Saat ruam muncul di tubuh bayi Anda (di bawah leher), ada baiknya untuk mendandaninya dengan pakaian yang longgar (atau tanpa pakaian sama sekali jika suhu memungkinkan). Ini akan mencegah pakaian menggosok kulit yang sudah lembut dan dapat mencegah bayi Anda menjadi terlalu panas.

Hindari Mengiritasi Ruam Kulit Bayi Anda

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ini mungkin tampak agak jelas, tetapi bayi Anda akan jauh lebih nyaman jika Anda tidak mengiritasi ruam kulitnya. Bagaimana Anda bisa menghindari mengganggu ruam si kecil Anda? Ikuti tips ini:

- Jauhkan bayi Anda dari sinar matahari langsung, karena sinar UV matahari dapat menyebabkan kekeringan dan semakin mengiritasi ruam.

- Bersikaplah sangat lembut dengan area yang terkena kulit bayi Anda, dan jangan menggosok, meregangkan, atau menggaruk ruam itu sendiri.

- Selalu gunakan pembersih yang lembut saat memandikan bayi Anda, dan oleskan krim dan losion yang menenangkan untuk bayi agar kulit si kecil tetap lembap.

Tiga langkah dasar ini akan sangat membantu menjaga bayi Anda tetap nyaman saat mereka pulih dari ruam kulit mereka.

Mandikan Bayi Anda dengan Air Hangat

Cara hebat lainnya untuk membuat bayi Anda nyaman selama wabah ruam adalah dengan membiarkannya berendam atau bermain di bak mandi. Air akan menenangkan dan mendinginkan kulit yang panas dan kering. Anda bahkan dapat membantu menyembuhkan ruam dengan menambahkan produk mandi. Minyak yang diformulasikan khusus ini menenangkan dan mendinginkan kulit yang kencang dan bengkak serta membuat bayi Anda merasa nyaman di sekujur tubuh.

Bagaimana Cara Mengatasi Ruam Merah Pada Bayi?

Oleskan Kain Dingin Pada Ruam Kulit Bayi Anda

Ruam sering menyebabkan kulit bayi Anda terasa kering, kencang, gatal, atau panas. Itulah mengapa mengoleskan kain dingin dan lembab pada ruam kulit bayi Anda akan membuat si kecil merasa nyaman. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menemukan waslap atau lap, rendam dalam air dingin, peras, dan tempelkan dengan lembut pada ruam bayi Anda. Ini akan memberikan bantuan instan, jika hanya sementara, dari ketidaknyamanan ruam.

Berikan Bayi Anda Dosis Kecil Penghilang Rasa Sakit

Untuk bayi di usia enam bulan atau lebih, dosis kecil ibuprofen atau asetaminofen dapat membantu mengurangi pembengkakan ruam bayi dan menghilangkan rasa sakit. Ibuprofen umumnya aman untuk anak-anak berusia enam bulan atau lebih.

Acetaminophen memiliki rekomendasi keamanan yang sama, kecuali kadang-kadang dapat disetujui untuk bayi di bawah enam bulan. Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum memberikan obat apa pun kepada bayi Anda.

Beri Bayi Anda Banyak Pelukan dan Ciuman

Ini mungkin tidak membantu ruam bayi Anda hilang, tetapi itu pasti akan membuat si kecil merasa lebih nyaman! Tidak ada yang menenangkan jiwa bayi seperti sentuhan seorang ibu. Pegang bayi Anda sesering mungkin dan beri mereka pelukan dan ciuman ekstra untuk membuatnya tetap nyaman sampai ruamnya sembuh.

Beri Lidah buaya

Obat paling ajaib dari alam untuk ruam dalam bentuk apa pun. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah mengekstrak gel dari daun dan mengoleskannya langsung ke area yang terkena. Saya pribadi menjamin yang satu ini.

Gunakan Kulit pisang

Alat pengobatan ruam kulit yang luar biasa, khasiat penyembuhan ajaib dari kulit pisang masih belum diketahui. Dinginkan kulitnya selama sekitar satu jam dan oleskan pada ruam bayi Anda. Perhatikan perbedaannya segera.

Gunakan Timun

Sangat efektif pada ruam bayi di wajah, mentimun juga mengandung sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi rasa gatal dan iritasi. Gejala ruam berkurang hampir seketika. Bayi Anda memiliki kulit yang sangat sensitif.

Oleh karena itu, menghindari krim yang dibeli di toko yang mengandung bahan kimia yang tidak perlu menjadi sangat penting. Namun, jika tidak ada solusi yang disebutkan di atas yang berhasil untuk Anda, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter anak. 

Itu saja beberapa Cara Mengatasi Ruam Merah Pada Bayi, semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Mila Lestari lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu