x

Iklan

Futihatul Jannah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Desember 2023

Kamis, 14 Desember 2023 11:30 WIB

Mahasiswa PPL UIN Sunan Kalijaga Atasi Error MySQL pada Xampp di Perpustakaan MTsN 9 Bantul


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bantul (MTsN 9 Bantul)–Mahasiswa PPL dari Program Studi Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga melanjutkan kegiatan PPL mereka di MTsN 9 Bantul, Senin (13/11/2023). Pada minggu ketujuh ini, mahasiswa PPL membantu Nur Ikhsan Endhy Saifulloh, SIP., selaku pustakawan Literarium Library MTsN 9 Bantul dalam mengatasi eror pada Xampp.

 

Xampp adalah perangkat lunak yang berfungsi sebagai server yang berdiri sendiri (localhost). Di dalam Xampp terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Xampp ini digunakan sebagai web server dari SLiMS (Senayan Library Management System) yaitu sistem automasi perpustakaan sumber terbuka.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Biasanya Apache atau MySQL pada xampp tidak bisa running sehingga terjadinya error. Nur Ikhsan Endhy Saifulloh, SIP., selaku pustakawan literarium library MTsN 9 Bantul meminta bantuan mahasiswa ppl untuk mengatasi error MySQL. "Mungkin mbak-mbak ppl bisa mengatasi error ini soalnya aku sudah lama tidak mengotak-atik script," Ujar ikhsan.

 

Kemudian 3 Mahasiswa PPL mencoba mengatasi error yang terjadi dengan bekal pengetahuan selama perkuliahan. Arrisa Azhari Raihanadya, salah satu mahasiswa PPL mengatakan, "Mungkin ada beberapa cara untuk mengatasi error pada MySQL ini, yang pertama mengubah port pada apache dan MySQL, cara kedua dengan mengganti nama file pada MySQl."

 

Setelah dicoba menggunakan cara pertama masih belum bisa running sehingga memakai cara yang kedua. Memang banyak sekali kemungkinan terjadi error ketika menjalankan Xampp tetapi itu semua dapat diatasi dengan berbagai cara. (van

Ikuti tulisan menarik Futihatul Jannah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler