x

Sumber: Freepik

Iklan

andini putri

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Oktober 2023

Kamis, 21 Desember 2023 09:46 WIB

Mahasiswa Perlu Tahu Tiga Tip Kelola Keuangan Ini

Mengelola keuangan bukanlah masalah besar bagi mahasiswa. Tentu saja ketika mereka sudah mengetahui tip dan kiatnya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

“Duh pengen beli ini deh, tapi uangnya cukup enggak,ya?” “Bulan ini pengeluaran nya banyak juga ya? Boros banget” kata-kata yang sering diucapkan oleh mahasiswa, termasuk saya. Tak jarang kita sebagai mahasiswa kebingungan ketika uang yang diberikan oleh orang tua sudah habis padahal belum waktunya apalagi merasa pengeluaran sedang banyak-banyaknya sehingga manajemen keuangan itu sangat diperlukan.

Tetapi menurut saya, sebenarnya mengelola keuangan bukanlah masalah besar bagi mahasiswa ketika sudah mengetahui penyebab dan tipsnya. Tenang saja! Dalam artikel ini, saya akan memberikan 3 tips mudah untuk mengelola keuangan yang bisa teman-teman terapkan. Saya sudah terapkan loh, yuk sekarang saatnya kalian!

Membuat Perencanaan Anggaran Bulanan

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebagai mahasiswa terkadang masih suka bingung gak sih mau mulai darimana untuk kelola keuangan? Nah, ini tips pertama yang bisa kalian terapkan. Kalian bisa menerapkan tips ini diawali dengan klasifikasikan antara kebutuhan dan keinginan dengan memprioritaskan kebutuhan seperti biaya transportasi, biaya konsumsi, dan kebutuhan lainnya terlebih dahulu ke dalam rencana anggaran bulanan. Hal ini sangat penting seperti yang dikatakan oleh salah seorang penulis artikel pada (kreditplus.com) ia mengatakan “atur dengan baik agar tidak menjadi lebih besar pasak daripada tiang alias terlalu besar pengeluaran dibandingkan pemasukan”. Maka dari itu pentingnya membuat perencanaan anggaran biaya dengan memprioritaskan kebutuhan lalu mencatat pemasukan dan pengeluaran agar keuangan terkelola.

Mencari Sumber Pemasukan Lain

Sebagai mahasiswa mencari sumber pemasukan lain juga penting loh, menapa penting? karena selain dapat menambah pemasukan kalian juga dapat menambah pengalaman. Teman-teman bisa menambah pemasukan dengan kerja paruh waktu atau freelance yang bisa teman-teman dapatkan infonya dari berbagai sumber, salah satunya melalu akun instagram @paruhwaktu.co dan masih banyak lagi. Selain itu, siapa sih yang tidak tergiur dengan promo? Yap, jangan malu untuk bertanya atau mencari informasi mengenai promo karena dapat membantu anda menghemat uang secara signifikan (Abdul Salam,2023). Dengan mencari pemasukan seperti kerja paruh waktu dan memanfaatkan promo ini teman-teman dapat menambah pemasukan untuk ditabung dan meminimalisir pengeluaran dengan adanya promo.

 

Belajar Berinvestasi

Teman-teman perlu diketahui bahwa berinvestasi juga penting loh dalam mengelola keuangan, mengapa begitu? meskipun mungkin terdengar tidak umum bagi kita para mahasiswa untuk melakukan investasi di tengah kesibukan kuliah dan banyaknya pengeluaran tetapi dengan berinvestasi teman- teman akan mendapatkan keuntungan dari dana yang kita investasikan sehingga dapat menghindari kita dari hutang konsumtimmf seperti contohnya pinjol. Semakin muda usia kita saat mulai berinvestasi, semakin ringan persiapan kebutuhan dan pencapaian tujuan kita di masa depan (most.co.id,2015). Teman-teman dapat melakukan investasi ketika seluruh kebutuhan sudah terpenuhi dan terdapat uang lebih yang dapat diinvestasikan agar keuangan teman-teman terus berputar dan investasi juga bisa menjadi wadah kelola keuangan teman-teman untuk jangka panjang agar terhindar dari hutang konsumtif baik di masa sekarang maupun di masa depan.

 

Nah itu dia 3 tips mengelola keuangan yang dapat saya bagikan kepada teman-teman sebagai mahasiswa agar keuangan teman-teman terkelola dengan baik dan terhindar dari hutang konsumtif. Semoga bermanfaat bagi teman-teman semua, terimakasih.

Andini Putri Erianti- Manajemen Universitas Pembangunan Jaya

Ikuti tulisan menarik andini putri lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler