x

Mengembangkan Seni Lukis WBP Lapas Kelas I Malang

Iklan

Kent Matthew

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 Desember 2023

Kamis, 21 Desember 2023 10:03 WIB

Berkreasi untuk Berbahagia

Meskipun beberapa orang mungkin meragukan nilai seni dalam perkembangan remaja, sebenarnya hal itu penting sebagai media ekspresi dan kreativitas. Tentu itu berdampak positif pada kesehatan mental dan perkembangan pribadi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pernahkah kalian bertanya kenapa kalian memiliki hobi seperti bermain musik, menggambar, menulis, membaca dan lainnya? Saat kamu melakukan itu maka kamu akan merasa lebih tenang, lebih fokus, dan lebih bersemangat. Hal tersebut menunjukkan bahwa seni dan kereativitas dapat mempengaruhi kondisi mental kita.

Saya pernah memikirkan tentang ini pada awal masa remaja saya, saya dari kecil sangat mencintai menggambar karena menggambar membantu saya untuk mengekspresikan imajinasi-imajinasi saya dengan kata lain bisa dibilang mengekspresikan diri saya dan isi pikiran saya dan hal tersebut mengurangi beban pikiran saya dan mampu membuat saya mejadi lebih tenang. Namun pada awal masa-masa remaja saya disuruh berhenti menggambar oleh orang tua karena bagi mereka kurang bermanfaat, hal tersebut mengakibatkan saya menjadi lebih stress selama menjalani keseharian selama itu. Namun setelah terjadinya lockdown pada tahun 2020, saya diperbolehkan kembali untuk menggambar dan hal tersebut sangat efektif dalam menjernihkan pikiran saya karena saya mampu mengekspresikan diri dan membantu saya curhat melalui gambaran. Saya seringkali menggambar karakter-karakter anime/komik favorit saya ada salah satu saya menggambarnya dengan ukuran A3 karena saya sangat suka dengan karakter tersebut, alasan saya menggambar karakter tersebut karena karakter itu mengajarkan saya untuk tidak menyerah terhadap susahnya hidup yang diberikan kepada kita walaupun sering direndahkan, dicemooh, dan dirundung kita harus tetap bangkit oleh karena itu menggambarkan dia adalah cara saya mengapresiasi pengaruh dia terhadap saya.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Umumnya seseorang menyalurkan beban mentalnya dengan cara melakukan curhat kepada kerabat atau kawannya. Namun hal ini susah dilakukan mengingat masa lockdown membuat orang terisolasi, khususnya dalam urusan komunikasi. Astrid yang merupakan seorang psikolog mengatakan dan menyetujui fakta jika komunikasi itu bisa diganti dan diarahkan menjadi berkarya seni. Dalam penjelasannya, Astrid menyebut berkarya seni berarti mengekspresikan emosi dan menuangkan rasa pada diri sendiri yang mana itu dapat membuat seseorang menjadi lebih fokus dan produktif. Secara gamblangnya, karya seni menjadi medium mengeluarkan uneg-uneg dan beban mental yang dirasakan selama ini. “Emosi yang baik menghasilkan mental yang baik pula. Bukankah ada kata-kata bijak ‘kalau kamu bahagia, maka kamu akan sukses’ dan itu memang benar. Hal ini sudah melalui studi jangka panjang dan terbukti secara ilmiah,” dijelaskan psikolog itu. Salah satu artikel dari The Guardian pernah memberikan data ilmiah terkait keberhasilan seni dalam mendukung kesehatan mental seseorang. Evaluasi dari proyek bernama Arts on Prescription menunjukkan berkarya seni dapat menurunkan kecemasan seseorang hingga 71 persen dan depresi 73 persen. Dikatakan pula 76 persen partisipan yang diteliti berkata kesejahteraan mereka meningkat setelah mengikuti kegiatan kesenian tersebut dan 69 persen lainnya malah merasa menjadi lebih sosial. Tidak mengagetkan jika ada banyak terapi kesehatan mental yang menggunakan seni sebagai mediumnya. Mulai dari melukis, bernyanyi, menari dan lain hal.

Indonesia memiliki barbagai aneka ragam pada bidang kesenian dan kreativitas hal ini bisa ada karena Indonesia kaya akan adat dan budayanya, oleh karena keaneka ragaman itu para remaja juga dapat mengekspresikan diri mereka dengan cara mereka sendiri. Pada era yang serba digital sekarang ini bisa jadi mudah mengembangkan dan memperlihatkan karya dan bakat yang dimiliki seseorang kepada publik menggunakan media sosial. Seni mampu memberikan remaja tempat untuk mengekspresikan diri mereka secara bebas. Melalui seni, mereka dapat menggambarkan perasaan, pengalaman, dan identitas mereka. Setelah yang telah dijelaskan di atas bisa dimengerti bahwa seni telah terbukti memberikan dampak positif bagi para remaja. Siswa yang dapat mengekspresikan diri melalui seni lebih cenderung terlibat secara sipil dalam komunitasnya. Mereka cenderung menawarkan perspektif yang unik. Mereka lebih kreatif, lebih baik dalam memecahkan masalah, dan mengembangkan tingkat kecerdasan sosial dan emosional yang lebih tinggi.

Kadang orang orang tertentu akan menilai para remaja dari seni dan kreativitas mereka lalu mengkritiknya karena bagi mereka hal tersebut itu tidak berguna untuk masa depan para remaja kemudian menghancurkan semangat berseni para remaja dan akhirnya mereka membuang ide-ide kreativitas mereka demi merasa diterima oleh orang-orang tersebut namun bagi saya orang orang tersebut harus sadar bahwa seni dan kreativitas memiliki manfaat walau tidak disadari mereka, dan para remaja juga harus sadar bahwa mereka tidak boleh dengan mudah terhasut perkataan-perkataan orang lain dan mulai menilai diri mereka sendiri tanpa membutuhkan opini orang lain. Dunia kesenian dan kreativitas dapat menciptakan orang orang yang memiliki ide-ide yang luar biasa di masa depan karena seni membantu memberanikan para remaja untuk mencoba hal-hal baru, meningkatkan keterampilan, dan memberi dorongan atau motivasi kepada generasi selanjutnya. Kreativitas dan seni dapat menjadi sarana bagi remaja untuk mengekspresikan diri mereka dengan cara yang berbeda dan unik. Dengan memberikan dukungan, motivasi, dan kesempatan untuk mengeksplorasi dan mengembangkan kreativitas mereka, remaja dapat mengalami manfaat kesehatan mental yang signifikan dan meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan.

Kreativitas merupakan sebuah aspek penting dalam kesuksesan karir seseorang sehingga harus dikembangkan, cara mengembangkan kreativitas kita adalah yang pertama kita harus bisa mengamati setiap peluang dan kesempatan di sekitar jika situasi sudah terbaca, maka kita dapat menetapkan tujuan yang akan kita buat. Memiliki keingintahuan yang tinggi, mampu meningkatkan pengetahuan maupun bakat yang baru dan dapat membuat kita berpikir lebih kritis dalam menentukan kebijakan, atau langkah yang akan diambil. Sering berdiskusi dengan teman, Hal itu juga dapat menambah wawasan baru dengan bertukar pikiran, membangun jaringan atau koneksi dengan memilih lingkungan serta pergaulan yang tepat, sebagai pendorong kita untuk menumbuhkan kreativitas. Mempunyai sikap optimis dan rasa percaya diri yang besar dalam menghadapi berbagai keadaan, jangan malu dan ragu untuk bertanya dengan itu kita dapat mendapat ajaran-ajaran baru untuk menjadi lebih baik lagi. Kita harus berani mengambil resiko dan bersedia dalam menanggung sendiri dan jangan takut akan kegagalan sebab dengan kegagalan kita dapat pelajaran, dengan pelajaran itu maka kita tidak melakukan kesalahan yang sama lagi dan membenarkan diri kita untuk berkembang semakin baik lagi dari diri kita yang sebelumnya, oleh karena itu sikap optimis sangatlah diperlukan, agar bisa terhindar dari rasa pesimis yang berlebih yang dapat menghancurkan semangat kita. Kemudian kita harus melihat tantangan sebagai kesempatan untuk mencoba hal-hal yang baru bukan cobaan, dan sebagai mahasiswa atau pelajar kita harus mampu menumbuhkan kreativitas dan inovasi saat masih di bangku kelas. Setelah lulus nanti, hal tersebut akan menjadi benda yang berharga berharga, terutama dalam mencari pekerjaan atau bergelat menjadi pengusaha Ide kreatif yang tercipta, mampu membawa perubahan untuk masa depan yang lebih baik bagi kemajuan negara Indonesia.

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa seni dan kreativitas merupakan aspek yang penting dalam perkembangan para remaja karena seni dan kreativitas dapat membantu menjaga kesehatan mental dan fisik para remaja, dengan adanya seni dan kreativitas juga dapat membantu mengurangi tingkat stres pada segala usia. Bahkan berkreativitas akan membantu para remaja dalam meningkatkan kesabaran, konsentrasi serta penguasaan emosi dalam diri mereka sendiri. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa dengan adanya seni dan kreativitas maka remaja-remaja dapat menjaga keseimbangan hidup mereka serta mampu membantu menstabilkan kondisi mental mereka. Selain itu juga Seni dan kreativitas dapat membantu memotivasi, memberikan remaja tempat untuk mengekspresikan diri, dan membantu para remaja dalam berinovasi di masa depan.

 

Referensi

6 Hubungan Seni dan Kesehatan Mental, Bisa Kurangi Depresi Seseorang (idntimes.com)

Ikuti tulisan menarik Kent Matthew lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu