x

Pulau Palm Jumeirah Dubai, Uni Emirat Arab

Iklan

Slamet Samsoerizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Maret 2022

Minggu, 24 Desember 2023 21:30 WIB

Inilah 7 Pulau Buatan, Bukti Rekayasa Teknologi Canggih

Entah dirancang untuk mengatasi kelangkaan lahan atau menawarkan kehidupan tepi laut yang eksklusif, pulau-pulau buatan ini dibuat lewat rekayasa teknologi yang canggih.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pulau-pulau buatan sebenarnya merupakan penemuan lama; misalnya, Crannog Skotlandia dan Irlandia dari Zaman Besi Awal, atau Chinampas yang dibangun oleh suku Aztec kuno di perairan dangkal Danau Texcoco (sekarang Mexico City). Saat ini, pulau buatan jauh lebih umum dan memiliki teknik rekayasa canggih yang memungkinkan mereka untuk melayani berbagai tujuan. Banyak di antaranya telah dibangun untuk wisata, pemanfaatan komersial atau perumahan mewah.

Dikutip dari laman interestingengineering.com,  inilah 7  pulau buatan yang merupakan bukti dari teknik modern.

  1. Palm Jumeirah, Dubai, Uni Emirat Arab

Palm Jumeirah adalah sebuah kepulauan buatan di Dubai. Pembangunannya dimulai pada tahun 2001 dan sebagian besar selesai pada tahun 2006. Palm Jumeirah sebagian besar dikenal karena berbentuk pohon palem, sebuah desain yang dimaksudkan untuk memaksimalkan area tepi pantai. Sebagian besar hunian, hotel, dan resor yang dibangun di Palm Jumeirah menawarkan pemandangan Teluk Persia dan cakrawala Dubai.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Batang pohon kelapa berfungsi sebagai titik akses utama dan terhubung ke daratan melalui jembatan. Pelepahnya adalah area perumahan dengan campuran vila, apartemen, dan townhouse. Bulan sabit adalah struktur pemecah gelombang besar dan melengkung yang mengelilingi tepi luar kepulauan untuk melindunginya dari dampak gelombang laut, arus yang kuat, dan erosi.

Palm Jumeirah dibangun oleh pengembang real estat milik negara, Nakheel Properties, dan perusahaan spesialis pengerukan asal Belanda, Royal Van Oord, melalui reklamasi lahan. Teknik ini melibatkan pengerukan badan air yang ada dan mengisinya dengan material yang dikeruk atau membawa material seperti pasir, kerikil, tanah, atau semen.

Palm Jumeirah adalah salah satu dari tiga Palm Islands yang direncanakan, dua lainnya adalah Palm Jebel Ali dan Palm Deira, yang pengembangannya telah ditunda karena krisis keuangan 2007-2008 dan pandemi COVID-19.

 

  1. 2. Kepulauan The World, Dubai, UEA

The World adalah proyek ambisius lainnya dari Nakheel Properties. Proyek ini terdiri dari kumpulan pulau buatan yang terletak di lepas pantai Dubai, yang menyerupai peta dunia jika dilihat dari atas.

Untuk melakukan hal ini, perusahaan pengerukan Belanda, Royal Van Oord dan Boskalis, membangun sekitar 300 pulau dengan bentuk kasar negara-negara di dunia. Konstruksi dimulai pada tahun 2003 dengan menggunakan pasir yang dikeruk dari perairan pantai Dubai.

 

Pada tahun 2008, sekitar 60% dari pulau-pulau tersebut telah terjual kepada kontraktor swasta. Idenya adalah untuk menciptakan properti mewah di masing-masing pulau, termasuk tempat tinggal kelas atas, hotel, resor, vila, restoran, pusat perbelanjaan, dan area komersial lainnya.

Namun, karena krisis keuangan tahun 2007-2008, dan kemudian, pandemi COVID-19, perkembangan proyek ini melambat dan banyak pulau yang masih belum dikembangkan hingga saat ini. Kleindienst Group, pengembang saat ini, menargetkan penyelesaiannya pada tahun 2026.

 

  1. Pulau Bunga Laut (Haihua) Danzhou, Cina

Pulau Ocean Flower ("Haihua" dalam bahasa Mandarin) telah dijuluki sebagai "Dubai-nya Cina". Pulau ini terletak di lepas pantai utara Danzhou, Hainan, Cina, sebuah daerah dengan cuaca tropis. Pulau buatan berbentuk bunga ini 1,5 kali lebih besar dari Palm Jumeirah di Dubai, dan menurut beberapa sumber, ini adalah pulau wisata buatan terbesar di dunia.

Pulau ini terdiri dari tiga pulau independen yang dihubungkan oleh jalan lintas. Selesai dibangun pada tahun 2020, Ocean Flower Island dibangun selama 12 tahun dengan menggunakan reklamasi lahan. Sejak dibuka, pulau ini telah menjadi tujuan wisata utama, dengan berbagai hotel dan resor serta berbagai jenis tempat hiburan, termasuk taman air, galeri seni, tempat pertunjukan, pemandian air panas, dan lain-lain.

Ocean Flower Island menerima lebih dari 5,5 juta wisatawan antara Januari 2021 dan Januari 2022. Menurut rencana pembangunan yang diterbitkan oleh pemerintah Danzhou pada Desember 2019, Ocean Flower Island dapat menampung hingga 200.000 penduduk.

 

  1. Pulau Mutiara (The Pearl), Doha, Qatar

The Pearl adalah sebuah pulau buatan di dekat Distrik Teluk Barat di Doha, Qatar. Meskipun terlihat seperti dua mutiara dari atas, namanya mengacu pada fakta bahwa pulau ini dibangun di atas situs penyelaman mutiara.

Pembangunannya dimulai pada tahun 2004, dengan biaya awal $2,5 miliar, yang kemudian meningkat menjadi $15 miliar. Pekerjaan infrastruktur selesai pada tahun 2014, lima tahun setelah penghuni pertama pulau ini pindah.

Pulau yang dibangun melalui reklamasi lahan seluas 4 juta meter persegi ini dibagi menjadi 12 distrik yang bertujuan untuk menampung lebih dari 40.000 orang. Selain vila, apartemen, dan townhouse, pulau ini juga dilengkapi dengan restoran dan fasilitas hiburan lainnya.

 

  1. Kepulauan Amwaj, Muharraq, Bahrain

Kepulauan Amwaj adalah sebuah kepulauan buatan yang memiliki luas 2,798 juta meter persegi yang direklamasi dari laut dangkal di sebelah timur laut Pulau Muharraq. Terumbu karang pemecah gelombang dengan jambul lebar ditambahkan di sekitar pulau-pulau tersebut untuk melindunginya dari badai dan erosi.

Terumbu karang pemecah ombak yang terdiri dari 11 pemecah ombak yang terletak 246 kaki (75 meter) terpisah satu sama lain, mengurangi ketinggian ombak hingga 60%. Pemecah ombak ini terbuat dari tabung berisi pasir dan batu yang dikeruk oleh perusahaan Belanda, Boskalis Westminster.

Pembangunan infrastruktur mencakup semua utilitas dasar, jalan, saluran pembuangan limbah, jaringan serat optik (di tangan perusahaan Amerika Serikat, Cisco Systems dan Oracle), dan sembilan jembatan yang menghubungkan pulau-pulau di nusantara. Bagian dari proyek ini selesai pada tahun 2005.

Terhubung ke daratan utama Bahrain melalui sebuah jalan lintas, Kepulauan Amwaj menerima penghuni pertamanya pada tahun 2006.

 

  1. Bandara Internasional Kansai, Osaka, Jepang

Bandara Internasional Kansai dibangun di atas dua pulau buatan di tengah Teluk Osaka. Pembangunannya dimulai pada tahun 1987 dengan tujuan untuk mengurangi tekanan pada Bandara Internasional Osaka, yang tidak dapat diperluas karena dikelilingi oleh bangunan di pinggiran kota Itami dan Toyonaka. Bandara ini dibangun dengan struktur yang panjang dan ringan untuk membantunya menahan gempa bumi dan angin topan yang sering terjadi di daerah tersebut.

Pada tahun 1989, tembok laut selesai dibangun untuk melindunginya dari erosi, angin kencang, badai, dan gelombang tinggi. Terbuat dari batu dan 48.000 balok beton tetrahedral, tembok laut ini diikatkan pada ruang baja seberat ratusan ton. Hal ini membantu bandara ini bertahan dari gempa bumi Kobe tahun 1995 dan beberapa topan sebelum Topan Jebi melampaui batasnya dan membanjiri Terminal 1 pada tahun 2018.

Pulau-pulau yang menjadi lokasi pembangunan bandara ini dibuat melalui pengurukan dan reklamasi lahan. Menurut ESA, tiga gunung digali untuk 21.000.000 meter persegi tempat pembuangan sampah. Jumlah tanah yang akan ditambahkan ditentukan berdasarkan ketinggian tanah yang dibutuhkan untuk bandara dan perkiraan penurunan permukaan tanah selama 50 tahun setelah selesai.

Estimasi penurunan tanah mengacu pada seberapa banyak struktur yang diperkirakan akan tenggelam dalam periode tertentu. Dalam kasus ini, Bandara Internasional Kansai diperkirakan akan tenggelam 18 kaki dan 8 inci (5,7 meter), tetapi antara pembukaannya pada tahun 1994 dan 2018, bandara ini telah tenggelam 38 kaki (11,5 meter). Para insinyur sekarang secara aktif bekerja untuk mengurangi laju penurunan tanah di bandara ini.

 

  1. Bandara Internasional Hong Kong, Chek Lap Kok, Hong Kong

Bandara Internasional Hong Kong adalah salah satu gerbang kargo tersibuk dan salah satu bandara penumpang tersibuk di dunia. Pembangunan bandara ini dimulai pada tahun 1995 dan selesai pada tahun 1998. Bandara ini dibangun di atas pulau buatan yang dibuat dari dua pulau alami yang ada, yaitu Chek Lap Kok dan Lam Chau.

Pulau-pulau ini diratakan dan disatukan melalui reklamasi lahan. Untuk melakukan hal ini, para insinyur mereklamasi dasar laut seluas 9 kilometer persegi, dengan perkiraan biaya sebesar 9 miliar dolar Singapura.

Lahan reklamasi mencakup sekitar 75% dari area bandara, dan menurut beberapa penelitian, lahan tersebut telah mengalami penurunan tanah yang serius. Penurunan permukaan tanah adalah jenis penurunan tanah tertentu yang mengacu pada pergerakan vertikal ke bawah dari tanah karena perubahan tekanan di dalamnya.

 

Dalam kasus Bandara Internasional Hong Kong, penurunan tanah telah dikaitkan dengan bahan timbunan (granit yang membusuk, batu yang diledakkan, pasir basah, dan batu yang diledakkan), endapan aluvial (bahan yang tidak terkonsolidasi yang diendapkan di tempat aliran air melambat), dan konstruksi. ***

 

Ikuti tulisan menarik Slamet Samsoerizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu