x

Karyawan berjalan di Bandara Internasional Arlanda yang terlihat sepi atas mewabahnya virus corona sehingga banyaknya penerbangan yang dibatalkan di Stockholm, Swedia, 12 Maret 2020. TT News Agency/ Fredrik Sandberg via REUTERS

Iklan

Nicholea Billy

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Juni 2022

Kamis, 4 Januari 2024 08:16 WIB

Wajah Baru Program Migrasi Australia untuk 2024

Pemerintah Australia mengumumkan strategi migrasi baru yang diharapkan dapat diterapkan pada 2024. Strategi ini menunjukkan perencanaan reformasi untuk aspek-aspek tertentu seperti persyaratan visa pelajar, persyaratan visa pascasarjana sementara, program migrasi terampil permanen, dan visa keterampilan yang dibutuhkan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Strategi Migrasi Australia Baru pada 2024: Lihat Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Anda!

Pemerintah Australia mengumumkan strategi migrasi baru pada tanggal 11 Desember 2023, dan diharapkan dapat diterapkan pada tahun 2024. Strategi ini menunjukkan perencanaan reformasi untuk aspek-aspek tertentu seperti persyaratan visa pelajar, persyaratan visa lulusan sementara, program migrasi terampil permanen, dan bahkan menciptakan program visa baru yang disebut visa keterampilan yang dibutuhkan.

Kami telah merangkum semua perubahan utama dan bagaimana hal ini akan mempengaruhi Anda.

Perubahan yang Diharapkan pada Persyaratan Visa Pelajar

Strategi Migrasi Baru dengan Tes Siswa Asli

Tujuannya adalah untuk mengurangi penyalahgunaan program Visa Pelajar oleh mereka yang tujuan utamanya adalah untuk bekerja dan bukan untuk belajar. Genuine Student Test akan menilai insentif pelajar internasional untuk kembali ke negaranya.

Persyaratan Kemampuan Bahasa Inggris yang Lebih Tinggi

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Persyaratan kemahiran bahasa Inggris berikut ini akan berlaku pada awal tahun 2024:

  • IELTS 5.0 atau setara untuk pemohon visa pelajar ELICOS
  • IELTS 5.5 atau setara untuk pemohon visa pelajar yang mengikuti program yayasan atau program jalur dengan pelatihan bahasa Inggris yang memiliki reputasi baik
  • IELTS 6.0 atau setara untuk pemohon visa pelajar lainnya
  • IELTS 6.5 atau setara untuk pemohon visa Pascasarjana Sementara

Tidak Ada Lagi Lompatan Visa untuk Pelajar dan Mahasiswa

Karena kurangnya kesempatan untuk mendapatkan izin tinggal permanen, terdapat peningkatan jumlah mantan pelajar internasional yang tinggal di Australia. Pemerintah akan memberlakukan pembatasan pada visa loncat di dalam negeri yang mendorong "kesementaraan permanen" dan membahayakan integritas sistem.

Perubahan yang Diharapkan pada Persyaratan Visa Lulusan Sementara

Pengurangan Masa Berlaku Visa

Berikut ini akan berlaku pada tahun 2024:

  • Gelar sarjana atau Magister dengan kursus: 2 tahun
  • Master dengan penelitian atau PhD: 3 tahun
  • Pelajar di wilayah regional: kelayakan untuk visa kedua dengan durasi 1-2 tahun tergantung pada lokasi

Dan perpanjangan 2 tahun sebelumnya untuk lulusan tertentu juga akan dihapuskan.

Strategi Migrasi Baru untuk Persyaratan Usia

Persyaratan usia maksimum untuk Visa Lulusan Sementara akan dikurangi menjadi 35 tahun (sebelumnya 50 tahun).

Strategi Migrasi Baru: Visa Keterampilan yang Dibutuhkan

Visa Keterampilan Sesuai Kebutuhan direncanakan untuk menggantikan Visa Kekurangan Keterampilan Sementara (subkelas 482). Visa ini akan memiliki 3 jalur yang berbeda:

1. Jalur Keahlian Khusus

  • Tidak ada daftar pekerjaan (selain buruh, operator mesin, dan pengemudi)
  • Menuntut pendapatan tahunan yang setara dengan Ambang Batas Keahlian Spesialis yang baru, yang awalnya ditetapkan sebesar $135.000 dan akan disesuaikan setiap tahun.
  • Proses yang cepat: pemerintah telah menjanjikan waktu pemrosesan visa rata-rata tujuh hari.

2. Jalur Keahlian Inti

  • Penghasilan harus minimal TSMIT, yang saat ini sebesar $70.000, namun harus disesuaikan setiap tahun.
  • Daftar Pekerjaan Keterampilan Inti yang lebih mudah dan sering diperbarui untuk pekerjaan yang telah ditentukan oleh Jobs and Skills Australia dalam jumlah yang terbatas atau untuk pekerjaan yang ditentukan dalam perjanjian perdagangan internasional.
  • Kemungkinan besar sebagian besar pekerja terampil akan datang melalui jalur ini dengan proses yang mungkin serupa dengan program visa saat ini

3. Jalur Keahlian Penting

Pemerintah saat ini sedang mengkaji cara-cara lebih lanjut untuk meningkatkan jalur TSMIT ini untuk pekerja bergaji rendah yang memiliki keterampilan yang diperlukan dan disponsori oleh perjanjian tenaga kerja. Banyak dari pekerja ini yang saat ini menerima sponsor.

Pengaturan baru ini akan tunduk pada saran tambahan dari Jobs and Skills Australia dan mekanisme tripartitnya. Pengaturan ini juga akan bersifat spesifik sektoral, dibatasi, dan dilengkapi dengan peraturan yang lebih kuat dan standar minimum.

Jalur lain juga akan hadir dengan jalur yang lebih pasti untuk mendapatkan izin tinggal permanen di Australia, dengan harapan para pekerja terampil tidak akan terjebak dalam ketidakpastian.

Wajah Baru Migrasi Berketerampilan Permanen

Perubahan-perubahan penting berikut ini terdapat dalam strategi migrasi yang baru:

  • Mengubah sistem poin untuk mengidentifikasi imigran yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi jangka panjang Australia dengan lebih akurat
  • Persyaratan untuk izin tinggal permanen akan dipenuhi dengan waktu kerja untuk pemberi kerja yang disetujui.
  • Selain jalur yang disponsori oleh pemberi kerja, pemegang visa Keterampilan Sesuai Kebutuhan akan memiliki akses ke jalur permanen independen yang dinominasikan sendiri.
  • Penciptaan visa Bakat dan Inovasi baru yang akan mendorong usaha dan investasi bisnis kreatif.

Namun, rinciannya belum diumumkan. Konsultasi lebih lanjut mengenai perubahan-perubahan penting ini akan dibahas pada tahun 2024.

Inilah Pengaruh Strategi Baru terhadap Anda

Untuk Kandidat Visa Pelajar

Jika Anda ingin mengajukan aplikasi Visa Pelajar pada tahun 2024, Anda harus mempersiapkan diri untuk memenuhi persyaratan bahasa Inggris dan lulus Genuine Student Test. Anda dapat mempertimbangkan untuk mengikuti persiapan tes bahasa Inggris dari sekarang dan mempersiapkan dokumentasi yang berkaitan dengan insentif untuk kembali ke negara asal setelah menyelesaikan studi.

Selain itu, sebaiknya pertimbangkan program studi terbaik yang sesuai dengan minat dan keterampilan Anda untuk menghindari lompat visa atau mengubah program studi dari waktu ke waktu setelah Anda tiba di Australia.

Jika tujuan utama Anda adalah bekerja di Australia, pertimbangkan opsi visa kerja yang tersedia dan Anda dapat mendiskusikannya dengan Agen Migrasi Australia yang terdaftar seperti ONEderland Consulting.

Untuk Siswa Internasional yang Mencari Visa 485

Jika kualifikasi Anda memenuhi syarat untuk perpanjangan 2 tahun tambahan, Anda dapat mempertimbangkan untuk memperpanjang Visa Lulusan Sementara Anda segera sebelum perpanjangan tersebut berakhir.

Selain itu, jika Anda berusia di atas 35 tahun tetapi di bawah 50 tahun dan ingin mengajukan permohonan Visa Pelajar Sementara, pertimbangkan untuk mempersiapkan dan mengajukan permohonan Anda segera sebelum pemerintah menerapkan persyaratan usia yang baru.

Pencari Program Migrasi Berketerampilan yang Diminati dan Program Migrasi Berketerampilan Permanen

Ini adalah kesempatan besar bagi Anda yang ingin bekerja di Australia dan mendapatkan jalur tertentu untuk mendapatkan Izin Tinggal Permanen. Namun, Anda harus menunggu hasil akhir setelah konsultasi pada tahun 2024.

Ikuti tulisan menarik Nicholea Billy lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu