x

PALU_Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu terus berupaya memberikan inovasi pembinaan yang bermutu kepada seluruh Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) dengan menanamkan Pendidikan Moral sejak dini melalui penguatan nilai-nilai Norma yang ada di masyarakat, Kamis, (11/1) Pagi.\xd

Iklan

HUMAS LPKA PALU

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Desember 2023

Sabtu, 13 Januari 2024 05:32 WIB

LPKA Palu Tanamkan Nilai-nilai Norma kepada Seluruh Anak BinaanSELURUH ABH

Lembaga Pembinaan Khusus Anak kelas II Palu terus memberikan inovasi pembinaan yang bermutu kepada seluruh Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH). Petugas dengan menanamkan pendidikan moral sejak dini melalui penguatan nilai-nilai norma yang ada di masyarakat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

PALU_Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu terus berupaya memberikan inovasi pembinaan yang bermutu kepada seluruh Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) dengan menanamkan Pendidikan Moral sejak dini melalui penguatan nilai-nilai Norma yang ada di masyarakat, Kamis, (11/1) Pagi.

Bertempat di ruang Pendidikan, kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Subseksi Pendidikan dan Bimbingan Kemasyarakatan, Henny serta turut didampingi 2 orang stafnya Rizki Fandu dan Douglas.

Henny menilai moral merupakan ajaran tentang tingkah laku hidup manusia yang mendasar pada kesadaran, ia juga mengatakan dalam usia mereka saat ini perlu adanya bimbingan serta pendampingan agar menjadi karakter yang memiliki budi pekerti baik serta siap menjadi generasi emas yang berprestasi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Tentu saja diusia saat ini, mereka akan sulit mengontrol emosinya, maka dari itu kami akan selalu membimbing dan memberikan pembinaan kepada seluruh ABH,” kata Henny

Selain itu, dirinya mengungkapkan tujuan utama pendidikan moral adalah menghasilkan individu yang otonom, yang memahami nilai-nilai moral dan memiliki komitmen untuk bertindak konsisten dengan nilai-nilai tersebut.

“Kami pastikan seluruh ABH menerima pemahaman yang bisa mereka implementasikan di masyarakat nantinya,” ungkapnya

Dalam kesempatan itu, salah satu stafnya, Rizki Fandu memberikan penjelaskan mengenai norma-norma yang ada di masyarakat, antara lain Norma Kesusilaan, Norma Kesopanan, Norma Agama, dan Norma Hukum.

Diberikannya pendidikan moral pada anak usia dini merupakan salah satu alternatif solusi penyelesaian untuk mengantisipasi kenakalan remaja, seks bebas, pornofgrafi, kekerasan, KKN.

Dengan menggunakan perangkat komputer, infocus dan sound system kegiatan berjalan lancar serta memberikan dukungan terhadap transformasi digital di era yang semakin canggih saat ini.

“Norma menjadi acuan ataupun aturan dalam bertindak, maka dari itu pendidikan moral perlu ditanamkan dengan penanaman nilai-nilai norma yang berlaku di masyarakat,” jkata Fandu

Kelas berlangsung aktif dengan adanya pemberian kuis ditengah-tengah materi, dan interkasi timbal balik tercipta antara petugas maupun para ABH.

Melalui kegiatan ini, diharapkan seluruh ABH dapat memahami, menganalisis, menjawab masalah-masalah yang dihadapi bangsa, dan dapat membangun kehidupan budi pekerti luhur dan moral bangsa secara berkesinambungan, sehingga cita-cita bangsa dan tujuan nasional bisa tercapai.

 

HUMAS LPKA PALU

Ikuti tulisan menarik HUMAS LPKA PALU lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu